Hal-Hal Tentang Nutrisi

women-nutrition

Pastinya sudah sering kita mendengar kata “butuhi nutrisi tubuh” atau “tubuh butuh nutrisi untuk tetap sehat”, namun sebenarnya apa sih nutrisi itu? Nutrisi apa yang baik untuk tubuh? Berikut merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai nutrisi :

Nutrisi

Nutrisi merupakan salah satu kunci untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan fisik, psikis, mental dan pikiran menjadi lebih baik. Nutrisi berperan penting untuk kelangsungan hidup karena berhubungan dengan makanan. Nutrisi banyak ditemukan dalam jenis makanan sepert sayur dan buah.

Memenuhi nutrisi yang baik untuk tubuh dapat meningkatkan kadar oksigen, mengeluarkan racun, melancarkan pencernaan, mencegah, mengurangi dan menyembuhkan berbagai penyakit. Kurangnya asupan nutrisi akan memberikan efek sebaliknya yaitu kekurangan gizi (malnutrition) yang menyebabkan datangnya berbagai penyakit.

Ada 6 nutrisi utama yang penting bagi tubuh yaitu :

  • Karbohidrat – sebagai sumber utama energi.
  • Lemak – salah satu sumber energi dan berkaitan dengan vitamin yang larut dalam lemak.
  • Serat – nutrisi penting untuk kesehatan sistem pencernaan.
  • Protein – penting untuk pertumbuhan dan perbaikan otot dan jaringan tubuh lainnya.
  • Vitamin – memainkan peran penting dalam banyak proses di dalam tubuh.
  • Mineral – elemen-elemen anorganik yang terjadi dalam tubuh dan penting untuk fungsi tubuh.

Nah ladies, itulah hal utama yang membuat nutrisi sangat penting untuk tubuh. Tapi tidak hanya segitu saja ada banyak hal lain mengenai nutrisi, yaitu :

1. Vitamin dari makanan lebih baik untuk tubuh

Banyak orang mengkonsumsi multivitamin untuk memenuhi asupan yang dibutuhkan tubuh, namun hal tersebut ternyata dapat melebihi tingkat vitamin yang dibutuhkan. Jadi sebaiknya konsumsi vitamin langsung dari sumbernya yaitu buah dan sayur.

2. Supplement tidak selalu aman dikonsumsi

Supplement herbal dari akar, biji, buah atau daun tanaman tidak menjadi jaminan menjaga kesehatan. Sebaiknya konsultasi dengan dokter atau ahli gizi yang baik untuk kamu konsumsi.

3. Jus buah tidak baik ditambah dengan gula

Jus buah yang mengandung gula tambahan akan menghambat proses dalam tubuh dan memberikan dampak buruk. Buah sebenarnya mengandung gula alami, nutrisi dan antioksidan serta serat untuk memperlambat penyerapan tubuh dari gula.

4. Mengkonsumsi lemak, daging merah dan sodium sebenarnya tidak masalah
  • Lemak yang baik dikonsumsi yaitu lemak tak jenuh seperti dalam alpukat, biji-bijian, ikan, kacang kedelai, minyak zaitun dan lainnya karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung.
  • Daging merah tidak masalah dikonsumsi asal dalam jumlah sedikit. Mengkonsumsinya secara berlebihan dapat mengakibatkan penyakit kronis (jantung, dll).
  • Sodium sebenarnya bermanfaat untuk membantu mengatur tekanan darah, namun mengkonsumsi terlalu banyak dari waktu ke waktu dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.
5. Raw food sangat baik dari pada makanan olahan

Makanan yang tidak diolah seperti buah, sayur, biji-bijian serta ikan segar sangat baik untuk kesehatan sedangkan makanan olahan tidak baik untuk kesehatan karena mengandung gula, sodium, karbohidrat dan lemak yang berlebih.

6. Karbohidrat tidaklah jahat

Banyak orang bilang karbohidrat menyebabkan obesitas dan penyakit lainnya. Sebenarnya tidak asalkan dalam porsi yang cukup, karbohidrat juga bisa didapatkan pada biji-bijian, buah dan sayuran.

7. Minum banyak air

Air sangat penting bagi kehidupan karena 90% dari tubuh adalah air. Minum banyak air dapat membantu menjaga suhu tubuh tetap normal, melindungi sumsum tulang belakang, menjadi pelumas sendi dan lainnya.

8. Pola makan mempengaruhi kesehatan

Pola makan dengan banyak lemak, karbohidrat olahan dan minyak dapat menyebabkan obesitas, jantung, darah tinggi bahkan kanker. Untuk itu ubah pola makan menjadi lebih sehat dengan sayur dan buah sehingga kesehatan tetap terjaga.

9. Mengkonsumsi makanan kesukaan yang dimoderasi

Suka pizza, burger atau makanan fast food lainnya? Kamu dapat leluasa mengkonsumsinya setelah dimoderasi. Seperti pizza dengan toping sayuran, daging sapi pada burger diganti menggunakan tempe dan lainnya.

10. Sarapan sangat penting

Sarapan memberi lebih banyak energi. Jika melewatkan sarapan akan membuat sangat lapar dan makan lebih banyak sepanjang hari serta dapat mengakibatkan penyakit jantung.

 11. Low fat atau bebas lemak belum tentu membuat lebih sehat

Jika melihat label “low fat” atau “bebas lemak” pada makanan, jangan tertipu bahwa makanan tersebut baik untuk kesehatan. Makanan berlabel seperti itu biasanya mengandung garam, gula dan perasa yang tinggi yang tidak baik untuk kesehatan.

 12. Serat mengurangi kolesterol jahat

Kandungan serat dalam oatmeal, apel dan kacang dapat mengurangi kolesterol buruk dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah.

 

So ladies, setelah mengetahui hal-hal mengenai nutrisi, mulailah untuk berusaha memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan perbanyak mengkonsumsi buah, sayur dan air putih atau dapat berkonsultasi dengan dokter. Life is about choice :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s