13 Kunci Bahagia Setiap Hari

48fb85ef119f5cf5a986c04f44305e7f

Rasa bahagia dapat memberikan efek positif dalam kehidupan sehari-hari. Selain meningkatkan kesehatan, rasa bahagia pun dapat meningkatkan produktifitas, menghilangkan stress serta dapat memancarkan aura positif dari dalam diri. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk selalu merasa bahagia setiap hari :

1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat menyimpan energi untuk menjalani esok harinya sehingga membantu untuk lebih fokus dan meningkatkan produktifitas. Dalam Nuture Shock, Po Bronson dan Ashley Merryman menjelaskan bahwa rangsangan negatif (kenangan tidak menyenangkan) diproses oleh jaringan saraf amigdala dan rangsangan positif (kenangan menyenangkan) diproses di  jaringan saraf hippocampus. Oleh karena itu jika kurang tidur akan mengakibatkan seseorang hanya mengingat kenangan suram.

2. Bangun lebih pagi

Bangun lebih awal memberikan sensasi segar dan bahagia sehingga memberikan awal hari yang baik untuk menjalanan aktifitas, selain itu bangun lebih awal membuat kita menjadi lebih fokus. Cobalah untuk mulai berbaring pukul 09.30 dan tertidur jam 10.00 malam, setel alarm pukul 6 pagi dan rasakan sendiri sensasinya.

 3. Bersyukur

Bersyukur seharusnya sudah menjadi hal yang sering dilakukan. Penelitian menunjukan bahwa rasa syukur berkaitan erat dengan kebahagiaan. Untuk merasa bahagia, cobalah mencurahkan rasa bersyukur dengan berdoa, menulis beberapa kejadian positif dan membahagiankan pada hari itu atau membagi cerita dengan keluarga dan teman.

4. Olahraga

Olahraga mempunyai efek untuk kebahagiaan dan kesejahteraan karena merangsang otak untuk memproduksi hormon endorfin sehingga dapat mengurangi stress dan depresi. Olahraga dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, meningkatkan kekuatan otak, mendorong penampilan estetika, menurunkan berat badan dan relaksasi.

 5. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Ngemil makanan dengan kandungan protein, karbohidrat dan lemak dapat menyeimbangkan gula darah dan meningkatan suasana hati. Cobalah ngemil apel dengan keju cheddar atau selai kacang.

 6. Meditasi

Meditasi dapat meningkatkan fokus, kejelasan, membuat tenang dan meningkatkan kebahagiaan. Penelitian menunjukan bahwa setelah bermeditasi akan mengalami perasaan tenang, puas, kesadaran dan empati.

 7. Pergi keluar

Sebuah penelitian di Inggris dari University of Sussex 12 menemukan bahwa berada di luar ruangan membuat orang lebih bahagia. Keluar rumah atau berjalan-jalan sekitar 20 menit dengan cuaca yang baik tidak hanya meningkatkan suasana hati menjadi positif, namun juga memperluas pikiraan dan meningkatkan ingatan.

 8. Rencanakan sebuah liburan

Merencanakan liburan ternyata dapat meningkatkat kebahagian meskipun liburan tersebut terwujud atau tidak. Sebuah penelitian menunjukan bahwa ada meningkatan rasa bahagia selama tahap perencanaan liburan.

 9. Menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman

Waktu untuk bersosialisasi sangat berharga selain menguatkan tali silahturahmi juga meningkatkan kebahagian. Penelitian juga menemukan bahwa waktu yang dihabiskan bersama keluarga dan teman membuat perbedaan besar pada rasa bahagia.

 10. Bersikap seperti air mengalir

Sikap ini mengacu pada kegiatan yang kamu sukai sehingga membuat lupa waktu dan tempat, seperti menari, mendengarkan musik atau memasak. Semakin sering melakukan hal yang disukai akan menjauhkanmu dari hal yang membuat kesal, marah dan hal negatif lainnya.

 11. Menolong sesama

Rasa bahagia bisa didapat dengan membantu orang lain. Saat menolong seseorang yang sedang membutuhkan tanpa sadar ternyata kita pun jadi ikut bahagia. Bahkan, Adam Hibah menulis dalam buku terbarunya, yaitu menghabiskan hanya 100 jam per tahun untuk membantu orang lain secara signifikan dapat meningkatkan kebahagiaan kita.

 12. Mempelajari hal baru

Menghadapi tantangan atau penasaran dengan sesuatu hal yang baru selain membuat rasa semangat dalam diri juga membangkitkan rasa kebahagiaan. Hal ini karena kita perlu berkonsentrasi untuk mewujudkannya sehingga memicu rasa bahagia.

 13. Belajar selalu tersenyum

Tersenyum dapat membuat kita merasa lebih baik, berpikiran positif, meningkatkan fleksibilitas dan kemampuan untuk berpikir secara holistik. Senyum juga merupakan cara untuk mengurangi  rasa sakit yang dirasakan. Bahkan saat memaksakan tersenyum dapat mengubah suasana hati yang buruk menjadi lebih baik.

Nah ladies, setelah mengetahui cara untuk selalu bahagia setiap hari untuk itu jangan ada lagi kata-kata “bad mood” atau “sedih” karena rasa bahagia mudah untuk didatangkan. Life is about choice :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s