Music For Everything

Cheerful young woman listening music in headphones in loft apartment

Siapa sih yang tidak suka dengan musik? Hampir semua orang menyukai musik bahkan ada fakta bahwa tidak ada budaya manusia di bumi yang hidup tanpa musik, sebagai contoh Di Indonesia, Afrika bahkan daerah lain yang terpencil pun menggunakan musik untuk upacara adat, berdoa dan lainnya.

Musik telah menjadi bagian dari kehidupan karena memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, keterampilan, meningkatan suasana hati dan lainnya. Berikut berbagai manfaat musik :

Musik Dapat Menyembuhkan

1. Mengurangi Tekanan Darah

Mendengarkan musik relaksasi, klasik atau celtic selama 30 menit setiap pagi dan sore secara rutin dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Pereda Rasa Sakit

Musik dapat membantu mengurangi sensasi dan rasa sakit untuk penderita penyakit kronis, paska operasi, saat proses melahirkan dan lainnya. Hal ini karena musik dapat membuat perhatian rasa sakit teralihkan, otak mengeluarkan hormon endorfin untuk melawan rasa sakit, detak jantung dan pernapasan melambat sehingga tubuh menjadi relax.

3. Sebagai Obat Untuk Jantung

Mengapa musik baik bagi jantung? Sebuah penelitian menunjukan bahwa musik baik bagi jantung karena temponya. Detak jantung dan penapasan akan lebih cepat ketika mendengarkan musik yang upbeat sedangkan saat tempo musik lambat membuat detak jantung dan pernapasan juga ikut melambat dan saat musik berhenti denyut jantung dan pernapasan akan menjadi normal.

4. Meningkatkan Pemulihan Pasca Stroke

Mendengarkan musik klasik, jazz atau jenis apa saja yang menjadi kesukaan seseorang yang sedang dalam keadaan stroke maka akan mempercepat proses pemulihan dan melemahkan stroke.

5. Mengatasi Sakit Kepala Dan Migrain

Musik dapat membantu mengatasi dan mengurangi intensitas, frekuensi dan durasi migrain dan sakit kepala korinis.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mendengarkan musik selama 50 menit dapat meningkatkan tingkat anti-body dalam tubuh. Penelitian juga menunjukan bahwa musik dapat mengurangi tingkat hormon stress yaitu kortisol, yang dapat menjadi sebab melemahnya sistem kekebalan tubuh, meningkatkan resiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan lainnya.

7. Sebagai Anti Kejang

Penelitian terbaru 2014 menunjukan bahwa mendengarkan musik Mozart K 448 (Sonata for Two Pianos in D major) dapat mengurangi kejang dan pelepasan epileptiform pada epilepsi.

8. Mengurangi Efek Samping Dari Kemoterapi

Mendengarkan musik dapat mengurangi rasa cemas, mengatasi efek mual dan muntah akibat kemoterapi dan radioterapi.

9. Membantu Terapi Fisik Dan Rehabilitas

Analisis dari beberapa penelitian tahun 2011 menunjukan bahwa musik dapat meningkatkan fisik, psikologis, kognitif dan emosional pada seseorang yang sedang dalam program rehabilitasi fisik.

 

Efek Musik Untuk Otak

1. Meningkatkan Kecerdasan, Belajar, Dan IQ

Musik memiliki kekuatan untuk meningkatkan beberapa jenis fungsi otak yaitu, keterampilan membaca dan menulis, penalaran, kemampuan berhitung, kecerdasan emosional dan lainnya.

2. Meningkatkan Kemampuan Ingatan

Musik dapat mempengaruhi ingatan. Contohnya musik Mozart dan Baroque dapat mengaktifkan fungsi otak kiri dan kanan, dimana berfungsi untuk memaksimalkan pembelajaran dan penyimpanan infomasi.

3. Meningkatkan Konsentrasi Dan Perhatian

Musik yang mudah didengar dapat meningkatkan durasi dan intensitas konsentrasi.

4. Meningkatkan Keterampilan Visual & Lisan

Penelitian menunjukan bahwa pendidikan musik pada usia dini dapat merangsang otak untuk meningkatkan kemampuan verbal, komunikasi dan keterampilan visual.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Mendengarkan atau bermain musik diusia tua dapat membantu menjaga kesehatan otak. Mendengarkan musik bagaikan olahraga bagi otak, bahkan orang-orang yang memiliki kerusakan otak bisa mendapatkan kembali akses mengingat kenangan.

 

Musik Meningkatkan Kinerja Fisik

1. Meningkatkan Kinerja Atletik

Musik dapat memberikan motivasi untuk bergerak, berjalan, menari dan jenis olahraga lainnya. Musik membuat olahraga menjadi lebih ringan dan meningkatkan kinerja atletik karena dapat mengurangi rasa lelah, meningkatkan gairah psikologis, adanya efek relaksasi dan meningkatkan koordinasi motorik.

2. Meningkatkan Gerakan Tubuh Dan Koordinasi

Irama musik memiliki kemampuan luar biasa untuk menggerakan tubuh, mengurangi ketegangan otot, meningkatkan gerakan tubuh. Musik memiliki manfaat untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan fungsi fisik bagi penyandang gangguan gerak.

 

Musik Membantu Untuk Bekerja Lebih Produktif

1. Menghilangkan Rasa Lelah

Musik upbeat dapat memberikan energi ekstra untuk tubuh karena secara efektif dapat mengurangi rasa lelah akibat olahraga, bekerja atau melakukan kegiatan lainnya.

2. Meningkatkan Produktifitas

Laporan dalam jurnal Neuroscience of Behavior and Physiology, kemampuan seseorang untuk mengenali gambar visual, huruf, angka lebih cepat dengan mendengarkan lagu jenis rock atau klasik.

 

Musik Dapat Menenangkan

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Musik relaksasi dapat mengurangi aktivitas sistem saraf simpatik, mengurangi kecemasan, tekanan darah, detak jantung dan pernapasan yang memiliki efek positif untuk tidur melalu relaksasi otot dan gangguan dari pikiran.

2. Mengurangi Stres Dan Membantu Relaksasi

Mendengarkan musik yang pelan dan tenang dapat mengurangi stress . Bagaimana musik dapat mengurangi stress? Musik memberikan relaksasi fisik, mengurangi emosi negatif dan obat dari stress.

 

Musik Meningkatkan Suasana Hati Dan Mengurangi Depresi

1. Mengurangi Depresi & Kecemasan

Musik memiliki efek positif pada jiwa, suasana hati, rasa sakit dan juga kualitas hidup sehingga dapat mengurangi rasa depresi.

2. Membuat Rasa Bahagia

Mendengarkan musik dengan tempo cepat bisa membuat otak melepaskan hormon dopamin yang dikenal sebagai hormon perasaan senang, hal tersebut membuat kita merasakan kebahagian, kegembiraan, sukacita dan lainnya, sebaliknya musik dengan tempo lambat lebih mudah menyebabkan rasa sedih.

So ladies, apapun jenis musiknya, cepat atau lambat, musik selalu memberikan efek positif dalam diri :) Life is all about choice and music :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s