Kenali Bau Badan (2)

body-odor-problems-in-teens

Ada beberapa bagian tubuh yang dapat menyebabkan bau badan dan jangan pernah mengabaikannya karena bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan dalam tubuh. Bau badan pun dapat kita atasi, jadi jangan khawatir dan merasa kurang percaya diri.

1. Kulit Kepala

Rambut dapat menjadi sedikit berbau apek sepanjang hari karena terpapar polusi, asap rokok dan lainnya, namun ada beberapa orang yang memiliki bau rambut melewati bau “normal” atau biasa disebut Smelly Hair Syndrome. Hal ini mungkin diakibatkan karena kelenjar keringat berlebihan pada kulit kepala, bakteri dan jamur.

Cara mengatasinya : Keramas rutin 2 hari 1x dan gunakan sampo dengan kandungan antibakteri dan sulfur untuk membasmi bakteri dan jamur serta mengurangi bau menyengat pada rambut.

2. Keringat

Setelah melakukan kegiatan apapun terutama olahraga tubuh akan mengeluarkan keringat. Keringat sering kali menjadi penyebab bau badan terutama di daerah ketiak. Sebenarnya keringat tidak mempunyai bau, hal ini dikarenakan bakteri atau mungkin ada masalah dalam pencernaan. Selain itu adanya kelenjar eccrine dan apocrine dapat mempengaruhi tingkat bau badan.

Cara mengatasinya: Mandi sehari 2x dan gunakan sabun anti bakteri, rutin gunakan deodorant 10-15 menit setelah mandi dan mencukur bulu ketiak.

3. Nafas Bau

Nafas yang berbau tak sedap biasanya diakibatkan karena kurang menjaga kebersihan gigi sehingga mengakibatkan infeksi pada gigi dan gusi serta merokok. Namun jika bau mulut tetap menyengat setelah mendapat perawatan gigi & gusi dari dokter, bisa jadi tanda dari beberapa penyakit seperti sinus, infeksi paru-paru, asam lambung, infeksi amandel, liver, ginjal bahkan kanker.

Cara mengatasinya: Harusnya cara ini sudah menjadi kebiasaan yaitu sikat gigi sehari 2x. Gunakan obat kumur alami dengan garam untuk membutuh bakteri. Konsumsi air putih sebanyak mungkin pada siang hari. Hindari makanan produk susu, cokelat, alkohol dan mulailah berhenti merokok.

4. Kaki

Bau kaki atau istilah medisnya “bromodosis” dapat terjadi pada siapapun. Hal ini berhubungan dengan kelenjar keringat karena kaki rentan berkeringat, namun perbedaan keringat di kaki dengan bagian tubuh lain yaitu kaki selalu berkeringat sepanjang waktu meski saat panas atau sedang berolahraga. Bau kaki biasanya dialami oleh orang yang selalu memakai sepatu yang sama setiap hari, stress atau perubahan hormonal.

Cara mengatasinya: Jangan menggunakan sepatu yang sama setiap hari, setelah selesai berolahraga segera buka sepatu. Cobalah menggunakan pelembab pada kaki. Pastikan kebersihan kaki dengan membersihkannya dengan sabun. Aplikasikan bedak talek atau bedak lainnya yang dapat menyerap keringat.

5. Bau pada daerah kewanitaan

Ada beberapa hal yang menyebabkan bau pada daerah kewanitaan (vagina) seperti menstruasi, infeksi, kurang merawat kebersihan dan lainnya. Bau yang dikeluarkan oleh vagina yaitu seperti bau amis, jika bau amis ini semakin menyengat bisa jadi tanda dari vaginosis, peradangan yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang berlebih.

Cara mengatasinya: Sebaiknya langsung konsultasi dengan dokter, terutama jika disertai demam tinggi.

5. Air Kencing

Urine tidak memiliki bau, jika memang ada bau biasanya tidak terlalu menyengat. Bau pada urin biasanya akan berubah beberapa kali selama seminggu dan itu merupakan hal yang normal. Jika mencium aroma sangat menyengat pada urin disertai nyeri dan sensasi terbakar bisa jadi ini merupakan tanda dari infeksi saluran kemih.

Cara mengatasinya: Ubah pola makan, mengkonsumsi sayuran asparagus dan banyak minum air putih.

7. Telinga Tersumbat

Adanya benda asing (serangga) dan kotoran di dalam telinga yang lembab akan mulai menyebabkan bau busuk.

Cara mengatasinya: Cobalah bersihkan telinga dengan rutin seminggu 1x, Gosok bagian telinga dengan cuka putih atau alkohol secukupnya dengan menggunakan cotton bud untuk mengurangi produksi bakteri.

So ladies, bau badan memang merupakan hal yang sangat mengganggu dan bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan. Semoga setelah mengenali tentang bau badan bisa menjadi cara untuk lebih peduli dengan kesehatan tubuh :) Life is all about choice :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s