Kenali Bau Badan (1)

body-odor-problems-in-teens

Banyak dari kita semua mencoba segala cara untuk mencegah bau badan, dengan selalu, mandi, menggosok gigi, menjaga kebersihan, menggunakan deodorant, parfum bahkan selalu membawa permen karet di dalam tas. Setiap orang memiliki bau tubuhnya masing-masing, yang membedakan hanya seberapa kuat bau tersebut.

Apa kalian tahu bahwa tubuh tetap akan mengeluarkan bau yang kurang sedap meskipun telah rutin mandi dan menjaga kebersihan diri? Jika belum dan bahkan ada yang pernah mengalami hal ini, berikut merupakan alasannya :

1. Stress

Bau keringat akibat stress dihasilkan dari kelenjar apokrin. Kelenjar ini menghasilkan keringat yang kurang ber-air dan banyak bakteri dari campuran lemak serta protein.

2. Bra

Bra, terutama yang terbuat dari bahan yang mengikat bau dan menempel pada bagian kulit yang rawan berkeringat perlu dibersihkan secara rutin untuk mencegah bau badan.

3. Bawang

Bawang putih dan bombay memiliki bau yang kuat, sehingga menyebabkan aroma tidak sedap dari mulut ketika mengkonsumsinya. Mengapa? Karena bawang putih dan bombay akan dipecah menjadi senyawa bau yang beredar dalam airan darah dan dikeluarkan melalu napas, keringat dan urin.

4. Keturunan atau Trimethylaminuria

Trimethylaminuria diakibatkan karena adanya mutasi pada gen tertentu yang menyebabkan tubuh tidak mampu memecah senyawa kimia yang disebut trimethylamine. Trimthylamine ini yang menimbulkan bau amis pada napas, urin dan keringat.

5. Alkohol

Alkohol yang dikonsumsi akan menyebar dalam aliran darah yang nantinya akan dikeluarkan melalui pori kulit dan napas, hal itulah yang mengakibatkan bau badan.

6. Diabetes

Diabetes yang tidak diobati mungkin akan mengalami yang namanya ketoasidosis diabetikum, komplikasi serius akibat diabetes disaat tubuh memproduksi asam pada darah, yang disebut juga keton, dengan kadar yang sangat tinggi. Proses ini terjadi saat tubuh sangat kekurangan akan insulin dan hal ini dapat menyebabkan perubahan bau badan.

Nah ladies, itulah beberapa dari penyebab mengapa bau badan tetap menyengat sekalipun kita telah menjaga kebersihan dan menggunakan wewangian. Masih banyak pembahasan mengenai bau badan, namun untuk di bagian 1 ini hanya membahas penyebab dari bau badan keseluruhan, untuk lebih lengkapnya akan ada di bagian 2 (artikel selanjutnya) Don’t miss it :) Be Healthy Be Beauty🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s