Kulit Kusam Dimulai Dari…

dry_skin_here_are_natural_ways_to_treat_it

Kulit kusam membuat hampir setiap wanita atau pria merasa kurang percaya diri karena kulit menjadi tampak gelap, kering dan lelah. Karena hal itulah mengapa tidak sedikit dari mereka melakukan berbagai cara untuk mengubah kulit kusam menjadi cerah, namun hasil yang didapatkan tidak semua sama, karena ada yang berhasil dan tidak.

Ada banyak penyebab mengapa kulit tetap kusam, salah satunya karena kekurangan asam lemak Omega-3. Omega-3 bermanfaat untuk memperkuat membran sel dan pergantian sel sehingga jika kekurangan Omega-3 akan memperlambat proses pergantian sel yang menyebabkan kulit menjadi kusam, kulit kering bahkan ketombe pada kulit kepala.

Selain pada kulit, asam lemak Omega-3 juga dikenal dengan manfaat untuk kesehatannya yaitu untuk menurunkan resiko penyakit jantung, kanker dan arthritis (peradangan sendi)

Berikut merupakan penyebab kulit kusam lainnya :

1. Radikal bebas

Melakukan kegiatan di dalam atau luar ruangan, kotoran, debu dan radikal bebas lainnya akan tetap bisa menempel dan menyumbat pori sehingga kulit menjadi tampak kusam.

2. Paparan sinar matahari

Sinar matahari yang panas tidak hanya membuat kulit menjadi terbakar namun juga dapat menghilangkan kelembapan pada kulit sehingga menyebabkan kulit kusam, kering dan mempercepat proses penuaan.

3. Merokok

Tentunya sudah banyak yang tahu bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Rokok menyebabkan kulit tampak kusam, pucat dan merusak kolagen.

4. Stress

Hormon kortisol yang dihasilkan oleh sress dapat mempengaruhi aliran darah ke kulit yang bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, sehingga stress dapat membuat kulit menjadi kusam, lingkaran hitam di mata dan kuku dan rambut menjadi rapuh.

5. Kurang Tidur

Pukul 23.00-02.00 merupakan waktu restoratif tubuh, yaitu waktu ketika sel-sel kulit memperbaiki dan meregenerasi, namun waktu restoratif tersebut akan didapatkan jika tidur dengan lelap. Oleh karena itu kurang tidur dapat menyebabkan gangguan peredaran darah, timbulnya lingkaran hitam di bawah mata, kulit kering, pucat dan dehidrasi.

6. Pola makan yang tidak sehat

Kulit mencerminkan apa yang kamu konsumsi sehari-hari, jika mengkonsumsi makanan dengan gizi yang kurang akan menyebabkan kulit tampak kusam. Sebaiknya jauhi makanan asin, tinggi gula dan lemak, tanpa serat, antioksidan, protein berkualitas tinggi dan asam lemak esensial karena merupakan penyebab dari kulit kusam. Konsumsilah makanan kaya akan Antioksidan dan Vitamin C.

7. Tidak cukup minum

Dehidrasi akan menurunkan volume aliran darah dalam kulit sehingga kulit menjadi pucat dan lelah. Dehidrasi tidak dapat diatasi oleh segelas air atau dengan menerapkan pelembab. Oleh karena itu usahakan untuk selalu minum air minimal 8 gelas/hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

8. Perawatan kulit yang salah

Tidak membersihkan wajah, melakukan exfoliate (pengelupasan) akan membuat kotoran, makeup, minyak wajah menyumbat pori serta sel kulit mati akan terus bertumpuk yang akhirnya menyebabkan kulit menjadi kusam. Oleh karena itu bersihkan wajah 2x sehari dan pengelupasan 1x/minggu sehingga kulit menjadi segar dan cerah.

9. Terlalu lama di kantor

Sebagian besar ruangan di kantor menggunakan AC yang menyebabkan kulit menjadi kering dan tidak segar. Selain itu tugas pekerjaan, acara pertemuan, deadline dan lainnya bisa membuat kulit menjadi kusam akibat stress dari tekanan pekerjaan.

10. Makeup

Makeup yang berat dapat membuat kulit wajah menjadi kering dan kusam. Oleh karena itu hindari over-mattifying cosmetics (makeup yang padat) dan mulai gunakan makeup yang lembut.

 

Nah ladies, itulah alasan mengapa kulit menjadi kusam, jika kamu ingin mengatasi kulit kusam yang kamu alami, bisa dengan cara perawatan lanjutan di estetik klinik atau juga dengan perawatan alami (yang akan kami bahas di artikel selanjutnya).

Dapatkan perawatan dengan Mikrodermabrasi (Facial Diamond) hanya di Rafa🙂 Be Beauty With Rafa🙂

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s