Kulit Berminyak Tidak Lagi Menakutkan

woman-oily-skin

Kulit mengkilat dan tampak kusam merupakan ciri-ciri dari kulit berminyak, tipe kulit ini banyak dibenci oleh hampir setiap orang yang tinggal di daerah panas terutama bagi wanita karena dapat merusak penampilan juga masalah kulit yang ditimbulkan oleh kulit berminyak,yaitu jerawat.

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa kulit berminyak itu baik untuk kulit karena membuatnya sentantiasa selalu lembab, menjadi pelindung dari sinar UV, memperlambat penuaan dan lainnya. Nah yang menjadi masalahnya yaitu kulit berminyak yang berlebihan, hal ini biasanya disebabkan karena keturunan, hormon (pubertas), stress bahkan produk kosmetik yang digunakan sehari-hari. Namun jangan khawatir karena kulit berminyak dapat diatasi dengan perawatan dan pola hidup yang baik, berikut lebih lengkapnya :

Perawatan Harian & Mingguan

  • Mencuci wajah sehari 2x baik untuk membersihkan, mengurangi tampilan mengkilat dan kulit kusam pada wajah sehingga menjadi tampak segar dan cerah. Gunakan sabun pembersih wajah yang mengandung bahan seperti salicylic acid, tea tree dan lainnya.
  • Gunakakan toner untuk mengontrol minyak.
  • Tetap menggunakan pelembab, namun gunakan produk yang bebas minyak.
  • Gunakan tabir surya dalam bentuk gel atau khusus untuk kulit berminyak.
  • Melakukan scrubbing seminggu 2x untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, komedo yang menempel dan menyumbat pori, setelah itu gunakan masker untuk menenangkan kulit.

Pola Hidup

  • Mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang tinggi lemak dan gula dapat menyebabkan produksi sebum (minyak) berlebihan, oleh karena itu sebaiknya konsumsi makanan kaya Omega-3 (ikan salmon, tuna), antioksidan (buah dan sayur yang berwarna cerah). Gantilah gorengan, daging sapi dengan kacang-kacangan, ikan atau alpukat. Mengkonsumsi coklat dalam jumlah sedikit akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit.
  • Setiap gerakan fisik (olahraga) memiliki banyak manfaat untuk kulit, salah satunya yaitu mengatasi kulit berminyak. Lakukan olahraga secara teratur seperti bersepeda, lari atau senam. (Catatan: pastikan untuk selalu mandi setelah olahraga untuk mencegah timbulnya masalah kulit lainnya)
  • Mengatur stress. Penelitian menunjukan bahwa tubuh akan menghasilkan hormon androgen dan kortisol lebih tinggi saat stress, yang pada akhirnya merangsang kelenjar sebaceous meningkatkan prosuksi sebum (minyak). Oleh karena itu cobalah untuk melakukan meditasi dan bernafas secara perlahan atau bisa juga mulai dengan mengikuti kelas yoga.
  • Tidur yang cukup memiliki hubungan dengan stress yang juga menyebabkan kelebihan minyak. Oleh karena itu tidurlah dengan cukup minimal 7 jam untuk menghindari minyak berlebih, kerutan, kulit tampak lelah dan lainnya.
  • Minum air putih yang cukup minimal 8 gelas/hari sehingga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Karena jika kulit dehidrasi akan membuat perubahan dalam kelenjar sebaceous yang menyebabkan produksi sebum (minyak) berlebihan.

So ladies, punya kulit berminyak itu ga bikin rugi malah ada manfaat lainnya yaitu dapat menyamarkan garis halus atau keriput sehingga wajah bakal terus tampak awet muda. Jika kamu telah melakukan cara-cara tersebut namun tidak melihat perubahan sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau melakukan Treatment Laser AccureTM yaitu perawatan laser khusus untuk masalah kulit berminyak, bermanfaat untuk mengatasi komedo, pori besar, jerawat&bekasnya dan lainnya. Dapatkan Laser AccureTM hanya di Rafa🙂 Life is about choice🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s