Soft Drinks – Minuman Masa Kini?

640x392_1532_223293

Soft drink atau soda adalah minuman berkarbonasi yang mengandung pemanis dan perasa buatan. Soft drink banyak dikonsumsi di seluruh dunia, terutama di Amerika dan sekitar 56 galon soda diproduksi setiap tahunnya. Minuman ini dapat berisi setara dengan 10 sendok teh gula dalam satu kaleng saja. Jumlah gula yang banyak, terutama dalam bentuk cair dapat meningkatkan gula darah dan menyebabkan respon insulin dalam tubuh. Telah dilaporkan bahwa orang yang mengkonsumsi minuman manis secara teratur (kira-kira 1 sampai 2 kaleng sehari) memiliki risiko 26% lebih besar terkena diabetes tipe 2 dibandingkan orang yang jarang mengkonsumsinya.

Saat ini jangan berpikir bahwa mengkonsumsi soft drink tidak akan berdampak apa-apa karena Journal of American Geriatrics Society baru-baru ini menerbitkan penelitian yang menemukan bahwa asupan soft drink secara langsung berkaitan dengan obesitas abdominal pada orang dewasa di atas usia 65. Penelitian ini juga menemukan peningkatan lingkar pinggang yang sering mengkonsumsi soft drink 3x dari pada yang tidak.

Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2011 oleh University of Bristol juga menunjukkan bahwa minum soft drink sebenarnya dapat memicu ketergantungan rasa manis sehingga dapat mengakibatkan obesitas, tekanan darah tinggi, kerusakan ginjal dan kanker tertentu.

Nah ladies, setelah mengetahui dampak negatif dari soft drink (soda) mulailah untuk berhenti mengkonsumsinya atau hanya sesekali saja. Minuman seperti teh hijau atau jus buah/sayur selain enak dan memiliki rasa manis alami juga berdampak baik bagi tubuh sehingga membuat tubuh tetap sehat. My life my choice 🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s