Ponsel berbahaya, karena …..

cell-phone-radiation

Ponsel dapat memancarkan medan elektromagnetik (EMF) atau radiasi elektromagnetik yang berpotensi untuk merusak sel dalam tubuh. Faktanya, The International Agency for Research on Cancer mengklasifikasikan EMF dari ponsel mungkin adalah karsinogen. EMF dapat mengganggu sistem listrik alami tubuh, mengganggu tidur, fungsi sistem kekebalan tubuh, produksi hormon, dan proses penyembuhan. Selain itu juga mengakibatkan peningkatan serentak pada beberapa kondisi seperti nyeri kronis, depresi, kecemasan, kelelahan kronis, dan penyakit Alzheimer dan lainnya.

Menurut Dr. Devra Davis penulis dari buku  Disconnect: The Truth About Cell Phone Radiation, ponsel merupakan benda yang berbahaya karena memancarkan sinyal yang tidak menentu sehingga mampu mengganggu perbaikan resonansi dan DNA. Selama ponsel dalam keadaan aktif, maka ponsel akan selalu mengirimkan radiasi.

 

Jadi apa yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari bahaya ponsel?

1. Jaga jarak

Jangan pernah menyimpan ponsel disebalh tubuh atau di saku baju/celana sebelum ponsel dalam keadaan mode pesawat. The Enviromental Health Trust menunjukkan bahwa wanita yang menyimpan ponsel di saku baju rentan terkena kanker payudara. Penelitian juga menunjukkan bahwa pria yang menyimpan ponsel mereka di sabuk mereka atau dekat organ reproduksi mungkin memiliki jumlah sperma lebih rendah dan kurang.

2. Menelepon lewat speaker

Memegang ponsel ke telinga dapat juga menyebabkan kelenjar ludah. Penelitian telah menunjukkan peningkatan empat kali lipat kanker kelenjar parotid pada tahun 1970-2006 sementara tingkat kanker kelenjar ludah lainnya tetap sama. Kelenjar parotid terletak paling dekat dengan pipi.

3. Lebih sering mematikan ponsel

Tidak ada radiasi yang dipancarkan saat ponsel dimatikan.

4. Mempertimbangkan cara alternatif

Jika memungkinkan, gunakan video call seperti Skype, yang menawarkan cara untuk tetap berhubungan tanpa ponsel.

5. Mengalihkan mode ponsel

Alihkan ponsel ke mode pesawat ketika memberikan ponsel pada anak-anak untuk bermain game, terutama balita.

6. Melindungi diri ketika tidur

Saat malam, alihkan ponsel ke mode pesawat atau simpan di sisi lain kamar tidur.

7. Gunakan pelindung

Radiasi masih dapat terpancar melalui kawat, belilah ferrite bead untuk di pasangkan di headset atau kabel charger dan lainnya karena dapat menyerap paparan sinar radiasi.

8. Beri jarak saat akan memberi pesan singkat

Jauhkan ponsel sekitar 12cm – 15cm dari tubuh saat membuat/menerima pesan singkat untuk mengurangi paparan radiasi.

9. Membatasi penggunaan bluetooth

Matikan segera  headset bluetooth setelah kamu selesai melakukan panggilan. Hindari menempelkan ponsel langsung ke telinga saat melakukan panggilan untuk mengurangi paparan radiasi.

10. Mengkonsumsi makanan yang dapat melindungi tubuh dari radiasi ponsel

Mengkonsumsi makanan yang banyak dapat membantu meningkatkan sistem saraf tubuh yang merupakan sistem pertama yang akan terpengaruh oleh EMF. Makanan yang dapat melindungin sel tubuh dari efek radiasi elektromagnetik yaitu buah-buahan dan sayuran organik, daging merah (domba, sapi), produk susu, kuning telur dan air kaldu tulang. Pastikan juga mengkonsumsi suplemen asam lemak Omega-4 untuk meningkatkan integritas membran sel.

Nah people, ponsel memang menjadi kebutuhan banyak orang sekarang namun janganlah kita terlalu ketergantungan dengan ponsel dan selalu melindungi diri dari radiasi ponsel🙂 Life is about choice🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s