8 Fakta Luar Biasa Menarik Tentang Mata

brown-eyes-6-10-14

Pada 2015, kita terjebak dalam dunia di mana teknologi tidak pernah berhenti membuat kita terpukau. Kita dapat menonton film HD di bioskop, Skype dan lainnya.

Namun semua hal yang menghebohkan tersebut membuat kita sering mengalihkan perhatian pada apa yang kita miliki dalam tubuh. Salah satu keajaiban terbesar dari tubuh yaitu mata, mereka seperti sebuah kamera yang memiliki kualitas 500 megapixel.

Berikut merupakan 8 fakta menakjudkan tentang mata :

1. Mata dapat membedakan sekitar 10 juta warna

Jika ada yang bertanya untuk menyebutkan setiap warna yang kamu tahu, mungkin kamu akan menjawab seperti warna merah, hijau, biru, kuning, oranye, coklat, putih, hitam, ungu, abu dan lainnya.

Tapi itu merupakan warna-warna yang umum, pada kenyataannya, mata dapat membedakan sampai 10 juta warna, yang pada dasarnya berarti mata dapat membedakan antara sepasang warna yang bahkan kamu pun tidak pernah tahu. Anehnya, meskipun mata tidak dapat mendeteksi merah, otak memiliki kemampuan untuk menggabungkan warna sehingga memberikan kesan bahwa kamu sedang melihat warna merah.

2. Tidak dapat bersin dalam keadaan mata terbuka

Tubuh akan membungkuk, mata menutup, dan tangan akan secara spontan menutup hidung dan mulut ketika bersin. Tidak ada penjelasan yang nyata untuk ini mungkin merupakan sebuah kebiasaan. Tetapi jika itu benar, cobalah bersin dengan mata terbuka dan lihat apa yang akan terjadi.

3. Saat sadar, sekitar 10% waktu dihabiskan untuk berkedip

Ketika dalam keadaan sadar, kita merasa seolah-olah tidak ada yang hilang dan tetap aktif melakukan kegiatan sepanjang hari itu. Meskipun kita merasa tidak ada yang hilang, pada kenyataanya sekitar 10% waktu di habiskan dengan mata tertutup, dengan kata lain selalu berkedip.

4. Mata dapat terbakar oleh sinar matahari

Setiap kali kamu pergi ke pantai di siang hari dengan teriknya matahari yang panas, hal utama yang dilakukan yaitu mengaplikasikan tabir surya pada bagian tubuh seperti dahi, leher, lengan, paha dan kaki. Namun apakah kamu pernah berpikir bahwa mata juga perlu perlindungan? selain kulit, mata juga dapat terbakar oleh matahari. Oleh karena itu berilah pelindungan pada mata dengan menggunakan kaca mata hitam.

5. Kornea mata manusia sama dengan kornea hiu

Hal ini merupakan hal aneh bahwa kornea manusia sangat mirip dengan kornea hiu, meskipun hiu merupakan hewan laut yang berbahaya dan dapat memangsa manusia namun di masa lalu hiu menjadi penolong untuk operasi mata manusia.

6. Mata tidak bertumbuh

Jika kamu terlahir dengan mata kecil atau besar, maka akan tetap seperti itu selamanya. Hal ini kontras dengan sesuatu yang lain pada tubuh, termasuk hidung dan telinga yang tidak pernah berhenti bertumbuh.

7. Mata melihat sekitar 24 juta gambar sepanjang hidup

Mata merupakan bagian tubuh luar biasa karena dapat melihat sekitar 24 juta gambar berbeda sepanjang hidup, seperti melihat foto di facebook, instagram, lukisan, iklan dan lainnya.

8. Mata merupakan otot tercepat

Kaki dapat membantu untuk berlari dan memenangkan perlombaan. Namun kaki tidak bisa di bandingkan dengan mata karena mata merupakan otot tercepat. Banyak orang yang menggunakan ungkapan kata “sekejap mata” untuk sesuatu yang bergerak sangat cepat.

Mata merupakan jendela dunia tanpa mata kita tidak dapat melihat sesuatu hal luar biasa dalam hidup, semoga infomasi ini bermanfaat dan membuat kita selalu merawat kesehatan mata :) Life is about choice🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s