Perbedaan Stress Yang Baik Dan Buruk

526a4236-b846-46cf-a901-b97cc85281f4

Stress ternyata dapat berdampak positif, terutama saat menjalani ujian. Pastinya kamu pernah merasakan dorongan motivasi saat bekerja ketika dalam keadaan stress namun pada saat lain kamu merasakan kewalahan dan tidak bisa konsentrasi pada apapun.  Stress berdampak berbeda untuk beberapa orang, berikut merupakan 2 tipe dari stress :

  • Stress yang baik: Dapat sangat bermanfaat dan memotivasi.
  • Stress yang buruk: Membuat cemas dan berdampak pada masalah kesehatan.

Nah ladies, berikut merupakan manfaat lain dan efek samping dari stress serta bagaimana cara untuk mengetahui apakah kamu sedang dalam keadaan stress berat.

Manfaat Dari Stress

Menurut para ahli, stress merupakan ledakan energi yang pada dasarnya menyarankan apa yang harus kamu lakukan. Dalam kadar rendah, stress memiliki banyak keuntungan. Misalnya, stress dapat membantu kamu menjalani tantangan dalam keseharian dan memotivasi untuk mencapai sebuah tujuan. Bahkan, stress dapat membantu untuk menyelesaikan tugas-tugas lebih efisien bahkan dapat meningkatkan ingatan.

Ketika sedang stress maka otak akan mengeluarkan hormon seperti epinefrin, norepinefrin dan kortisol. Hal ini mengakibatkan berbagai reaksi seperti meningkatnya tekanan darah dan denyut jantung.

Selain itu, ada berbagai manfaat untuk kesehatan. Para peneliti percaya bahwa stress dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Misalnya, meningkatkan kinerja jantung dan melindungi tubuh dari infeksi. Dalam satu penelitian, individu yang mengalami tingkat stress yang sedang sebelum operasi mampu pulih lebih cepat daripada orang yang memiliki tingkat rendah atau tinggi.

Efek Samping Stress

Stres merupakan kunci untuk kelangsungan hidup, tapi terlalu banyak stres dapat merugikan. Stres emosional sekitar selama beberapa minggu atau bulan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan tekanan darah tinggi, kelelahan, depresi, kecemasan dan bahkan penyakit jantung. Secara khusus, terlalu banyak epinefrin (hormon katekolamin yang berperan penting dalam regulasi internal tubuh dengan otak) dapat berbahaya bagi jantung. Hal ini dapat mengubah arteri dan bagaimana sel-sel dapat meregenerasi.

Tanda-tanda dari stress berlebihan

Mungkin sulit untuk mengetahui apakah kamu sedang mengalami stres yang baik atau buruk, tetapi ada cara yang penting yaitu dengan tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh. Berikut adalah tanda-tandanya:

  • Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi atau menyelesaikan tugas
  • Lebih sering flu
  • Pegal-pegal
  • Penyakit lain seperti autoimmune diseases flare up (imun yang menyerang sel-selnya sendiri)
  • Sakit kepala
  • Iritasi
  • Kesulitan untuk tidur dan insomnia
  • Tidak nafsu makan
  • Lebih mudah cemas dan marah

Apa yang dapat dilakukan

Stres adalah bagian yang tidak bisa dihilangkan dari kehidupan, tetapi kamu dapat meningkatkan bagaiamana cara menanggapi dan mengelola stres dan menghindari atau mengubah beberapa situasi menjadikan stress ke arah positif.  Stay Healthy and Beauty :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s