Konsumsi 10 Makanan Ini Setiap Hari

Jika kamu memilih pola makan yang sehat, menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan fisik dan mental sebaiknya mulai mencari cara dimana harus memulainya. Sebelum yang lainnya, hal pertama yaitu konsumsi makanan kaya serat, protein, antioksidan, vitamin dan mineral.  Berikut merupakan 10 makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari :

1. Blueberry

blueberry-fruit-34733353-1020-800

Pernah ngemil sebelum waktu makan dengan permen? Permen dapat membantu untuk menahan rasa lapar sebelum waktu makan dan juga menjadi cemilan andalan seperti saat menonton tv atau membaca buku. Jika kamu ingin memulai pola makan sehat cobalah ganti permen dengan blueberry yaitu buah kecil berwarna biru yang lebih memiliki kandungan antioksidan lebih banyak daripada buah dan sayur lainnya. Antioksidan membantu tubuh untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker, mengurangi resiko penyakit jantung dan pikun.

2. Bawang Putih

garlicbulbcloves

Bawang putih memiliki sifat anti bakteri, anti virus dan anti jamur. Selain itu bawang putih memiliki kekuatan antioksidan melalui senyawa sulfur. Mengkonsumsi beberapa siung bawang putih setiap minggunya akan dapat mengurangi resiko penyakit jantung, serta beberapa jenis kanker, termasuk kanker perut dan prostat.

3. Olive Oil

olive-oil-olives-4

Saat ini minyak zaitun sudah banyak digunakan untuk perawatan wajah namun pada dasarnya minyak zaitun digunakan untuk memasak makanan tertentu.

Minyak zaitun merupakan salah satu lemak sehat di dunia, dan berasal dari buah zaitun. Minyak zaitun mengurangi kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Minyak zaitun juga sebagai antioksidan melindungi dinding arteri dari penumpukan kolesterol.

4. Kopi

coffee1

Mulailah pagimu dengan secangkir kopi merupakan cara mudah untuk memiliki pola makan yang sehat. Secangkir kopi setiap pagi dapat menjauhkan dari resiko kanker kulit sekitar 10%. Mengingat bahwa kanker kulit sudah semakin meningkat oleh karena itu peluang 10% merupakan sebuah harapan. Semakin banyak kamu minum kopi, semakin mengurangi resiko. Namun hindari kopi tanpa kafein jika kamu sedang ingin meningkatkan kesehatan.

5. Tomat

tomato

Tomat mengandung karotenoid yang dikenal sebagai lycopene, yang membuat tomat menjadi warna merah. Karotenoid ini dapat melindungi kulit  dari sengatan matahari, yang pada gilirannya mengurangi risiko terkena kanker kulit.

6. Teh Hijau

green-tea-e1429210531847

Teh hijau tentunya bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh  lebih baik dari kopi. Selain itu, teh hijau juga kaya antioksidan, dan dapat meningkatkan metabolisme lemak

7. Kacang Kenari

walnuts-and-shells

Hampir semua kacang yang sehat untuk dikonsumsi, begitu juga dengan kenari yang memiliki rantai super panjang dari lemak tak jenuh ganda, dan memang memiliki lebih dari lemak daripada kacang lainnya.Hanya sekitar 30g kacang kenari untuk camilan setiap hari sudah cukup untuk meningkatkan komposisi dinding sel, dan dapat menurunkan kadar kolesterol.

8. Brokoli

broccoli-addapinch-com_

Brokoli menjadi sayur favorit bagi seseorang yang sedang dalam diet ketat karena mengandung banyak manfaat.

Brokoli kaya akan phytonutrisi dan brokoli menjadi saingan semua sayuran lainnya. Brokoli merupakan sumber yang sangat baik dari folat, antioksidan yang dapat memperlambat degenerasi terkait usia, dan juga mengandung sulporaphane, yang dikenal untuk mengurangi risiko terkena kanker. Nikmati sebagai bagian dari makan malam dengan cara dipanggang, tumis, atau sebagai salad.

9. Bayam

white-bowl-with-fresh-spinach-leaves

Bayam dapat memperkuat otot dan merupakan sumber asam lemak omega-3, dan folat, serta dapat mengurangi risiko stroke, osteoporosis dan penyakit jantung.

Bayam juga sarat akan antioksidan yang disebut lutein, yang memperlambat degenerasi makula yaitu penyakit kronis yang ditandai dengan kerusakan jaringan di bagian mata.

10. Jeruk Bali

jeruk

Jeruk bali dapat membantu untuk mengurangi lemak di perut, dan juga dapat mengurangi tingkat insulin, sehingga meningkatkan kemampuan tubuh untuk me-metabolisme gula. Jeruk bali ini sangat bagus untuk penderita diabetes.

Stay happy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s