Cara Menjauhkan Tangan Dari Wajah

woman-trying-wrinkle-cream-face

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang terutama diusia remaja. Salah satu dari kebiasaan buruk yang menjadi penyebab jerawat yaitu terus-menerus menyentuh wajah, dan lebih buruknya memencet komedo/jerawat. Minyak alami tangan berbeda sekali dengan kulit wajah dan dapat memperburuk masalah kulit, karena kuman, bakteri dan kotoran yang menempel. Hal yang terbaik yaitu dengan mencegahnya dengan melakukan beberapa hal ini :

1. Carilah pengetahuan
  • Lakukan beberapa pencarian di google mengenai bekas jerawat. Beberapa forum dapat memberikan infomasi mengenai efek dari memencet jerawat, apa saja hal yang dapat menyebabkan jerawat dan bagaimana mengatasi jerawat dengan benar.
  • Lihatlah pada pencarian di “Google Image” dengan kata kunci “acne scars” untuk melihat apa yang akan terjadi jika kamu terus memencet jerawat.
  • Sebagian besar jenis jerawat tidak akan menimbulkan bekas jika disentuh. Bekas jerawat adalah kerusakan kulit yang disebabkan karena memencet dan mencongkel sehingga kulit menjadi iritasi dan menyebabkan jaringan parut.
2. Mengidentifikasi Tipe “Memencet Jerawat” yang sering dilakukan
  • Unconscious Picker– Kamu dengan gampang menyentuh atau memencet wajah saat menggunakan komputer, membaca buku atau menonton televisi. Hal ini merupakan tipe yang sangat berbahaya karena secara tidak sadar melakukannya.
  • Bathroom Mirror Picker– Memencet jerawat di kamar mandi.
  • Idle Picker– Memencet wajah saat menunggu angkutan umum, memegang hp, atau sedang menunggu di kemacetan.
3. Setelah mengindetifikasi mana yang sering kamu lakukan, setelah itu tentukan tips dan metode apa untuk mengatasinya.
  • Tetap membuat tangan bergerak. Lakukan menyusun puzzle atau bermain video game saat menunggu angkutan umum. Memijat sendiri tanganmu selama menonton tv dan membuat kegiatan merajut saat malam.
  • Simpan tanda/ tulisan “TIDAK BOLEH MEMENCET JERAWAT” di cermin kamar mandi, compact powder atau cermin kecil dan tempat lainnya.
  • Gunakan sarung tangan. Mungkin hal ini sangat tidak perlu untuk dilakukan, namun dapat mencegah kamu dari memencet jerawat. Kamu juga dapat menggunakannya saat malam, jikalau kamu cenderung tidur dengan tangan nenempel pada wajah. Pastikan untuk mencuci sarung tangan secara rutin.
  • Meminta bantuan orang lain seperti teman, orang tua atau teman sekamar untuk memperingatkan kamu jika tidak sengaja mencoba menyentuh wajah.
  • Jangan menyerah. Sama seperti kebiasaan buruk lain, kamu tidak akan langsung tidak menyentuh wajahmu.
4. Mendapatkan hasil

Setelah kamu tidak lagi menyentuh dan memencet jerawat, kulit akan semakin baik dengan cepat dan minyak dan kotoran penyebab jerawat akan berkurang.

5. Pastikan selalu membersihkan jari tangan.

Pastikan bahwa tidak ada kotoran di bawah kuku karena sebagian besar bakteri yang ada di tangan berada di kuku. Kebersihan sangat penting, seperti yang kita tahu jari dan tangan adalah salah satu tempat paling kotor di bagian tubuh manusia.

6. Pastikan selalu mencuci tangan dan jari-jari secara menyeluruh dengan sabun  
7. Hindari menempatkan tangan pada wajah.
8. Meletakan tangan ke dalam saku
9. Tetap relax, jangan memikirkan untuk menyentuh wajah dan belajar bagaimana mengatasi kebiasaan buruk ini

 

Ladies, itulah beberapa cara untuk menghindari menyentuh wajah, kebiasaan buruk ini memerlukan proses yang tidak sebentar dan memerlukan pengendalian. Carilah infomasi mengenai bekas jerawat, akibat menyentuh wajah dan lainnya di rafabeauty.com J Life is about choice🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s