Cara Cepat Menghilangkan Jerawat

biar-jerawat-nggak-meninggalkan-bekas-berlubang-di-kulit-ini-tipsnya

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling membuat frustasi dan paling mudah menyebar; dan semua orang pasti pernah atau akan berurusan dengan jerawat pada suatu titik dalam hidup mereka. Sayangnya, jerawat juga muncul di saat kita paling tidak menginginkannya – seperti hari sebelum pesta perpisahan sekolah, presentasi, atau pernikahan, misalnya. Jika Anda perlu membuat kulit Anda bersih dengan cepat, coba gunakan salah satu dari banyak perawatan berikut.

Metode 1 dari 3: Menggunakan Perawatan Jerawat Langsung

1. Oleskan jus lemon

does-lemon-juice-get-rid-of-acne

Perawatan ini dapat digunakan karena beberapa hal; jus lemon merupakan zat astrigen alami, sehingga dapat memperkecil ukuran pori-pori Anda. Tingkat keasamannya yang tinggi akan membunuh bakteri penyumbat pori-pori dan memiliki kekuatan mencerahkan kulit secara alami yang akan mengurangi kemerahan pada jerawat Anda. Oleskan jus lemon langsung pada jerawat Anda dan diamkan sampai waktu berikutnya Anda mencuci wajah.

2. Gunakan minyak pohon teh (tea tree oil)

Minyak pohon teh telah digunakan oleh dokter kulit selama bertahun-tahun untuk mengurangi iritasi kulit dan jerawat. Ambil sedikit minyak pohon teh murni dan oleskan pada jerawat Anda. Lakukan ini setelah mencuci wajah Anda dua kali sehari untuk hasil terbaik.

3. Coba minyak lavendel

Minyak atsiri tidak selalu hanya untuk aromaterapi; minyak lavendel juga dapat bekerja membersihkan jerawat Anda. Pakai satu tetes minyak lavendel pada setiap jerawat dan biarkan meresap ke dalam kulit. Cara ini dapat dilakukan beberapa kali sehari, tapi paling baik langsung setelah Anda mencuci wajah di pagi dan malam hari.

4. Oleskan teh daun basil.

Seduh secangkir teh daun basil untuk wajah Anda, bukan tenggorokan Anda. Campur secangkir air mendidih dengan sedikit daunbasil segar dan biarkan daun terendam selama beberapa menit. Dinginkan larutan teh ini di lemari es sebelum mengaplikasikannya pada wajah Anda. Gunakan teh ini sebagai obat jerawat, atau pakaikan ke seluruh wajah dengan bola kapas jika Anda memiliki kulit berminyak.

5. Pakai witch hazel (sejenis tanaman herbal)

Witch hazel merupakan zat alami yang biasa digunakan untuk membersihkan luka. Meskipun begitu, pakai witch hazel pada jerawat untuk mengencangkan pori-pori dan membunuh bakteri. Oleskan banyak-banyak pada daerah yang rawan jerawat atau oleskan di seluruh wajah Anda dengan bola kapas.

6. Oleskan cuka sari apel

Masih zat asam alami dan pengecil pori lainnya, cuka sari apel akan membersihkan jerawat Anda dan mengurangi ukuran pori-pori kulit. Oleskan cairan ini ke seluruh wajah Anda sebagai toner atau oleskan lebih banyak pada jerawat Anda secara khusus. Anda tidak bisa salah atau berisiko dengan cuka sari apel, jadi bebaslah untuk memakainya sebanyak yang Anda inginkan per hari.

7. Gosok wajah Anda dengan es batu

Es bekerja dengan cepat menutup pori-pori dan mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat. Gosok lembut jerawat Anda dengan es batu untuk mengurangi kenampakan dan meredakan iritasi atau rasa nyeri yang diakibatkan oleh jerawat. Untuk manfaat ekstra, buat es batu Anda dari teh hijau. Es ini akan bekerja sebagai penutup pori-pori kulit sehingga pori-pori Anda tetap kecil dan bersih.

8. Gunakan benzoil peroksida. Benzoil peroksida akan langsung membunuh bakteri yang hidup di kulit Anda tanpa menimbulkan rasa sakit. Cari produk perawatan pembasmi jerawat yang mengandung benzoil peroksida dan oleskan langsung ke jerawat Anda.

9. Coba asam salisilat. Asam ini adalah salah satu bahan utama dalam kebanyakan produk-produk pembasmi jerawat, untuk alasan yang sangat baik, karena asam ini benar-benar mampu memerangi jerawat. Asam salisilat adalah asam yang relatif aman yang bekerja dengan mencairkan kotoran dan debu dalam pori-pori Anda. Carilah produk perawatan jerawat yang mengandung bahan ini, dan jerawat Anda akan hilang lebih cepat dari waktu yang Anda butuhkan untuk mengeja kata “salisilat”.

 

Metode 2 dari 3: Menggunakan Bahan-bahan dari Dapur Anda

1. Buat masker madu. Sebagai agen antibakteri alami, madu bekerja membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengangkat kelebihan minyak serta kulit mati. Lapisi seluruh wajah Anda dengan madu dan biarkan selama yang Anda bisa sebelum dibilas. Selain itu, oleskan madu langsung pada jerawat Anda dan tutup dengan perban saat Anda tidur semalaman. Keesokan harinya, jerawat Anda harus sudah berkurang secara signifikan dari segi ukuran dan kemerahan.

2. Beri wajah Anda facial tomat. Terdengar aneh? Tetapi tomat sebenarnya membantu membersihkan kulit rawan jerawat. Blender tomat untuk membuat jus yang kental. Oleskan jus yang menyerupai smoothie ini ke seluruh wajah Anda dan diamkan agar meresap ke dalam pori-pori kulit. Cuci masker tomat ini dari wajah Anda setelah 20-30 menit.

3. Gosok wajah Anda dengan kentang. Ini sungguhan, bukan lelucon. Kentang akan membantu menyerap minyak berlebih sambil membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh kotoran. Iris kentang menjadi potongan-potongan lebar yang bisa Anda usapkan ke wajah. Setelah satu atau dua menit, bersihkan wajah dari ekstrak kentang dengan air hangat.

4. Coba gunakan stroberi. Manfaatkan semua bagian stroberi – makan daging buahnya dan sisakan bagian atasnya untuk kulit Anda. Stroberi akan mencerahkan jerawat Anda dan membantu membunuh bakteri. Gosok bagian atas stroberi (dekat tangkai) pada kulit Anda yang berjerawat, dan tempelkan di daerah dengan jerawat yang parah sampai satu menit. Setelah selesai, bilas wajah Anda dengan air dingin untuk membersihkan ekstrak stroberi yang menempel.

5. Hancurkan bawang putih. Bawang putih mungkin memiliki bau yang tajam, namun bahan ini adalah salah satu obat kulit alami terbaik untuk masalah jerawat. Bawang putih adalah antiseptik alami yang dapat dengan cepat membunuh bakteri pada kulit Anda. Haluskan satu siung bawang putih menjadi pasta, dan aplikasikan ke jerawat Anda selama 20 menit. Bilas dengan air dingin setelahnya, dan bersiaplah takjub akan betapa cepatnya kulit Anda berubah membaik. Meskipun begitu berhati-hatilah, cara ini bisa sangat sakit dan mungkin meninggalkan sensasi terbakar selama beberapa hari. Bisa juga membuat Anda mengeluarkan air mata dan membuat bagian kulit yang Anda beri bawah menjadi sedikit bengkak dan memerah.

6. Membuat masker mint. Mint tak hanya memiliki aroma dan rasa enak, tetapi juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit Anda. Haluskan sejumlah daun mint untuk membuat pasta. Lalu aplikasikan pasta mint halus ini pada jerawat dan biarkan meresap selama 15-20 menit. Mint akan menenangkan dan mendinginkan wajah Anda sambil bekerja membersihkan pori-pori. Setelah selesai, bilas dengan air dingin.

7. Pakai masker putih telur. Jika Anda pernah memakai putih telur mentah pada kulit Anda, Anda akan melihat dan merasakan efek pengencangan kulit yang dimiliki oleh putih telur. Oleskan sedikit putih telur ke jerawat Anda dan biarkan semalaman. Pagi harinya, pori-pori Anda akan tertutup dan jerawat Anda berkurang. Bersihkan masker putih telur dari wajah Anda dengan air hangat.

 

Metode 3 dari 3: Menggunakan Masker Wajah

1. Aplikasikan lidah buaya. Ada alasan yang membuat gel lidah buaya dipakai untuk merawat luka bakar akibat matahari – yaitu karena bahan tersebut menenangkan dan menghilangkan rasa sakit sekaligus mencegah infeksi. Lakukan hal yang sama pada jerawat Anda dengan oleskan beberapa lidah buaya segar langsung dari tanamannya (atau dari botol dengan isi lidah buaya murni). Biarkan pada wajah selama yang Anda bisa atau semalaman, dan bilas dengan air dingin setelahnya.

2. Buat pasta soda kue. Jika Anda pernah membersihkan rumah Anda dengan soda kue, Anda pasti sudah tahu keajaiban soda kue dalam hal membunuh bakteri dan membuat permukaan-permukaan barang bersih dan mengilap. Campur soda kue dengan air secukupnya sampai membentuk pasta, dan oleskan ke jerawat Anda. Biarkan sampai kering dan mulai mengelupas, kurang lebih selama 20-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat (sambil digosok dengan lembut untuk mengambil manfaat pengelupasan kulit dari bubuknya juga).

3. Oleskan masker lumpur. Menggunakan lumpur adalah salah satu cara alami untuk mengeringkan kulit Anda dengan menghapus kelebihan minyak yang merupakan sumber utama sebagian besar jerawat. Buat masker lumpur Anda sendiri dengan menggunakan bubuk lumpur dan air, atau beli langsung maskernya di toko terdekat. Anda dapat memakainya di jerawat saja atau di seluruh wajah. Biarkan hingga masker kering sepenuhnya (sekitar 20-30 menit) sebelum dibilas dengan air hangat

Tips

  • Selalu cuci muka dua kali sehari untuk menjaga kulit Anda tetap bersih dan cerah.
  • Ingatlah untuk minum banyak air! Ini benar-benar membantu karena air akan membilas racun keluar dari tubuh.
  • Makanlah banyak buah dan sayuran, mengingat kekurangan vitamin juga merupakan salah satu penyebab utama jerawat, khususnya vitamin A.
  • Sangat penting juga untuk melembapkan wajah di malam hari, bahkan meskipun Anda memiliki kulit yang berminyak.
  • Setidaknya cuci muka dua kali sehari .
  • Jangan gunakan dua produk dalam waktu yang sama atau kulit Anda mungkin akan mengalami iritasi.
  • Jangan gunakan pasta gigi yang mengandung fluorida. Bahan ini akan membuat luka semakin dalam.
  • Pasta gigi sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat.
  • Jangan kenakan riasan saat tidur. Hal ini bisa memicu timbulnya jerawat.
  • Jangan sentuh wajah Anda. Jika Anda memiliki poni, seringlah mencuci rambut Anda dan gelung rambut Anda di malam hari untuk menjauhkannya dari kulit, atau paling tidak ikat menjadi ekor kuda. Air harus menjadi hal pertama yang Anda minum di pagi hari, dan hal terakhir yang Anda minum sebelum tidur. Jika Anda memiliki jerawat di bagian kening, dan Anda memiliki poni, hal yang terbaik untuk dilakukan adalah menjepit poni untuk menjauhkannya dari kulit dengan penjepit rambut.
  • Pastikan untuk makan banyak buah tomat.
  • Cucilah wajah Anda dengan air hangat, yang akan membuka pori-pori. Dan setelah selesai, percikkanlah air dingin untuk menutupnya kembali.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s