9 Perawatan Alami Untuk Kulit

Bahan-bahan alami seperti sayur, buah, kacang-kacangan bahkan teh selain mempercantik kulit dari dalam dengan cara mengkonsumsinya secara rutin, juga dapat mengatasi masalah kulit dari luar. Menggunakan bahan-bahan alami memberikan vitamin dan nutrisi untuk kulit. Manjakan diri dengan perawatan kulit “do it yourself” yang dapat dilakukan di rumah.

1. Atasi Ketombe dengan Madu

honey

Apakah ada cara alami untuk mengatasi ketombe? Ada! yaitu dengan menggunakan madu mentah karena dapat melembabkan dan memberikan vitamin yang dibutuhkan dan mineral seperti besi, magnesium dan kalium. Pijat kulit kepala dengan menggunakan madu yang diencerkan (90% madu, 10% air) selama dua sampai tiga menit, biarkan selama tiga jam, kemudian bilas dengan air hangat. Sebuah penelitian menunjukkan melakukannya setiap hari maka akan menghilangkan ketombe dalam seminggu.

2. Menghapus Makeup Dengan Minyak Kelapa

8-organic-ingredients-you-gotta-have-in-your-skincare-1080x729

Ada cara alami yang dapat membantu membersihkan makeup yaitu minyak kelapa organik yang dilarutkan. Dapat membersihkan secara menyeluruh pada makeup waterproof (tahan air) serta melembutkan dan melembabkan kulit. Caranya gunakan jari untuk memijat kulit, bersihkan menggunakan kapas dan cuci wajah seperti biasa. Menerapkan minyak semalam akan melembabkan kulit dan mencegah keriput.

3. Melembutkan dan Menghaluskan dengan Vitamin E

vitamin-e-pills-l1115_vitamine_tsk158946203

Vitamin E menghadang radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan memberikan perlindungan terhadap sinar matahari. Antioksidan juga dapat meminimalisir kulit kering, garis penuaan karena memiliki sifat menenangkan dan menghidrasi. Gunakan gel dalam supplement Vitamin E, tidak untuk ditelan melainkan mengeluaran isinya dan aplikasikan pada kulit wajah dan leher 2x sehari.

4. Menutrisi kulit dengan madu dan pisang

bananas

Mengembalikan wajah cerah menggunakan masker madu dan pisang. Pisang mengandung Vitamin C dan B6 untuk membantu menjaga elastisitas dan menghilangkan sel kulit mati. Sifat menyembuhkan dari madu dapat mengurangi kemerahan, jerawat dan peradangan. Campurkan 1/2 pisang organik yang dihancurkan dengan 1 sendok teh madu organik, panaskan selama 10 detik lalu aplikasikan langsung pada wajah dan biarkan 10-15 menit lalu bilas. Sebelum mengaplikasikannya, cuci wajah dengan air hangat untuk membuka pori kulit.

5. Hilangkan Mata Lelah dengan Teh

chamomile-tea

Ketika mata terasa bengkak dan iritasi, sifat anti-inflamasi teh chamomile dapat meringankan iritasi dan kemerahan. Celupkan dua kantong teh ke dalam air panas selama satu menit. Angkat kantung teh dan simpan dalam lemari es sampai dingin, kemudian letakkan di atas mata, biarkan selama 10 menit atau lebih.

6. Exfoliate dengan scrub gula

murder-sugar

Exfoliating untuk menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit, sehingga membuat kulit lembut dan sehat. Scrub bisa didapat dengan mudah di toko kosmetik dan tempat lainnya. Ada cara alami untuk exfoliating yaitu dengan minyak zaitun dan gula. Campurkan satu sendok makan gula dengan sendok teh minyak. Pijat pada wajah selama satu menit, lalu bilas. Glycolic acid dalam gula menyerap dan menghilangkan sel kulit dan minyak zaitun menjaga kulit tetap lembab.

7. Melembabkan dengan massage oil

article-new-thumbnail_ehow_images_a02_2q_oq_make-natural-tea-tree-massage-800x800

Tradisi perawatan kesehatan kuno India, merekomendasikan memijat kulit setiap hari sehingga kulit menjadi halus (dan manfaat kesehatan lainnya). Menghangatkan sedikit minyak zaitun dalam mangkuk dan mulai memijat dari kulit kepala hingga ujung kaki dapat membuat kulit menjadi lembut dengan meningkatkan sirkulasi darah, melembabkan, mengurangi perubahan warna dan keriput. Antioksidan dalam minyak zaitun dapat mengatasi peradangan, kulit kering, dan gatal.

8. Rendam kaki dalam air garam

cfea785f-cc60-4327-9763-6188e115e69d

Meski memakai sendal atau sepatu, telapak kaki tetap akan mudah kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu rendam kaki dalam air garam Epsom, merupakan senyawa mineral alami dari sulfat dan magnesium. Bermanfaat untuk melembutkan kulit, meminimalisir iritasi dan menghilangkan bau kaki. Caranya isi air hangat dalam wadah besar dan campurkan dengan 1 1/2 cangkir garam Epsom. Tambahkan wewangian seperti irisan lemon, tangkai rosemary dan minyak lavender. Rendam kaki selama 20 menit, keringkan dan oleskan lotion agar kulit kaki tetap lembab.

9. Mengatasi kulit yang terbakar dengan kentang

sliced-potatoes

Kentang memiliki senyawa untuk membantu memulihkan kulit yang terbakar akibat sengatan matahari. Untuk mengatasi kulit yang memerah, ambil dua kentang, kupas dan cuci hingga bersih, kemudian potong kecil dan haluskan hingga hancur. (tambahkan sedikit air jika campuran terlihat kering.) Aplikasikan masker kentang pada area kulit yang terbakar, biarkan hingga kering lalu bilas dengan air dingin. Kentang memberikan kelembaban dan sifat anti-bakteri yang membantu penyembuhan.

 

Nah ladies, beberapa perawatan alami tersebut sangat mudah dilakukan, namun melakukan perawatan alami.perlu kesabaran karena hasilnya tidak akan terlihat langsung. Semoga tips tersebut dapat membantu:) Life is all about choice🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s