Membedakan Kulit Sensitif dengan Reaksi Alergi

combination-skin_600x230

 

Apakah kamu menyadari kulit menjadi berwarna merah dan meradang? Apakah kamu mengalami reaksi alergi ataukah memang memiliki kulit yang sensitif?

Hal seperti ini dapat menjadi rumit, terutama saat kulit tiba-tiba berubah menjadi memerah. Tentu saja hal itu mungkin karena kulit sensitif atau reaksi alergi karena ada beberapa tanda yang sangat mirip sehingga sulit untuk membedakannya. Namun sebenarnya terdapat perbedaan dari efek kemerahan, rasa gatal atau pembengkakannya.

Tanda Dari Kulit Sensitif

Jika kulitmu tipis atau gampang iritasi mungkin kamu memiliki kulit yang sensitif. Namun, “kulit sensitif” memiliki arti yang sedikit berbeda bagi setiap orang. Orang-orang yang memiliki kulit sensitif memiliki beberapa kesamaan. Mereka dapat mengetahui reaksi kulit saat berpotensi satu atau lebih untuk iritasi, tanda-tandanya yaitu:

  • Kulit memerah
  • Gatal
  • Kering
  • Cekak/Keras
  • Terasa Menggelitik

Contohnya, saat kamu menyadari kulitmu terbakar sinar matahari atau terasa panas, cucilah wajah dengan sabun wajah tertentu dan aplikasikan tabir surya untuk melindungi kulit.

Beberapa orang dengan kulit sensitif tidak selalu mengalami reaksi pada cara atau terhadap hal-hal yang sama. Berikut merupakan beberapa pemicu kulit sensitif pada kebanyakan orang:

  • Sinar Matahari
  • Angin
  • Kedinginan
  • Kepanasan
  • Stress
  • Polusi
Karakteristik dari Reaksi Alergi

Orang yang memiliki kulit normal, kering, berminyak, berjerawat tentunya tidak mengalami tantangan apa yang dialami oleh pemilik kulit sensitif, sampai saatnya kamu mengalami reaksi alergi terhadap sesuatu.

Dalam kebanyakan kasus, beberapa substansi telah memicu reaksi dalam tubuh yang dikenal sebagai respon histamin. Histamin adalah bahan kimia alami yang dilepaskan selama reaksi alergi. Histamin dapat menyebabkan sejumlah gejala yang cenderung diasosiasikan dengan reaksi alergi, termasuk hidung meler, mata berair dan gatal, batuk, dan kram perut.

Beberapa diagnosis alergi kulit umum meliputi:
1. Hives

Dikenal juga dengan sebutan urticaria, hives adalah bilur yang cenderung berkembang di lapisan permukaan kulit sebagai akibat dari sistem kekebalan tubuh yang memicu dan melepaskan histamin.

2. Angioedema

Angioedema sangat mirip dengan gatal-gatal, tapi pembengkakannya berkembang jauh di bawah kulit, bukan di atasnya. Hal ini memungkinkan untuk mengalami angioedema dan hives sekaligus.

3. Dematitis kontak alergi

Memiliki kontak langsung dengan hal atau benda yang menyebabkan alergi, seperti munculnya ruam setelah memakai gelang yang terbuat dari nikel, gatal-gatal saat dekat dengan hewan peliharaan dan lainnya

4. Atopic dermatitis atau eksim

Meskipun tidak seperti reaksi alergi lain yang disebabkan oleh respon histamin, penyebabnya belum jelas meski banyak yang mengatakan disebabkan oleh asma atau alergi makanan. Terlepas dari penyebabnya eksim dapat mengakibatkan rasa gatal dan kulit menjadi kering, selain itu saat digaruk akan mengakibatkan infeksi yang mengeluarkan cairan.

Apakah dapat terjadi sesuatu yang dapat terjadi?

Kamu mungkin memiliki kulit sensitif atau memang mengalami reaksi alergi karena kulit berubah menjadi kemarahan dan terasa gatal. Sangat mungkin untuk menghilangkan alergi atau iritasi yang terjadi dengan mudah, namun bisa sedikit sulit jika kamu mengalami kondisi kulit lain yaitu rosacea, yaitu kulit yang kemerahan, bengkak dan iritasi. Kondisi ini membuat kulit menjadi sangat sensitif dan kadang-kadang membuat kapiler darah rusak..

Nah ladies, itulah beberapa perbedaan dari kulit sensitif dan reaksi alergi, jika kurang cukup sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Berkonsultasi bisa sangat berguna karena sekaligus menjalani beberapa tes alergi dan mengatasinya serta mengambil cara yang tepat untuk mengatasi masalah kulit sensitif. Dapatkan edukasi dan perawatan mengenai kulit sensitif atau alergi dengan berkonsultasi dengan Dokter Aesthetic di Rafa Clinic :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s