Konsultasi Mengenai Jerawat Dengan Dokter Aesthetic

1127953_1437682952

Jerawat bukan hanya masalah kulit bagi remaja, banyak orang dewasa yang telah melewati masa remaja tetapi masih memiliki masalah jerawat. Namun jangan khawatir karena masalah jerawat dapat diatasi. Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu berkonsultasi dengan Dokter Aesthetic yang mengerti bagaimana cara mengatasi masalah kulit salah satunya jerawat. Setelah berkonsultasi barulah mereka akan merekomendasikan perawatan apa yang harus dilakukan.

1. Mendiagnosa Jerawat

Saat mulai memasuki ruang konsultasi, dokter akan mulai mengecek kondisi kulitmu hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa masalah kulit yang dialami benar-benar jerawat dan bukan folikel rambut yang terinfeksi. Selain wajah dokter pun akan memeriksa area lain dari tubuh yang berpotensi menjadi tempat bertumbuhnya jerawat seperti punggung, dada, leher dan bahu serta menanyakan pola hidup yang dijalani sehari-hari.

Jika memang benar masalah kulit adalah jerawat, dokter akan menilai tingkat keparahan dari skala 1-4. Kelas 1 merupakan jerawat ringan dan 4 jerawat parah. Untuk merekomendasikan perawatan yang akan dilakukan dokter akan mempertimbangkan jenis, tingkat keparahan, banyak atau tidaknya jerawat.

2. Bersiaplah Untuk Menjawab Pertanyaan Dokter

Dokter mungkin akan menanyakan mengenai rutinitas perawatan kulit yang kamu lakukan. Setelah itu dokter akan menjelaskan mengenai faktor apa saja yang dapat memicu jerawat tumbuh. Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan berikut:

  • Apakah ada kerabat dekat yang memiliki jerawat?
  • Apa kamu mengonsumsi obat-obatan?
  • Skincare apa yang sering kamu gunakan?
  • Seberapa sering kamu mencuci wajah?
  • Apa kamu melakukan pengelupasan sel kulit mati dengan scrub?
  • Apakah kamu mandi/mencuci wajah dengan air panas?
  • Makeup apa yang digunakan?
  • Apakah kamu sering stress setiap harinya?
  • Apakah kamu sering memakai helm, ransel atau pakaian yang menggosok atau menekan pada kulit?

Sebaiknya jawab dengan sebenar-benarnya dan terbuka sehingga dokter dapat memberikan perawatan yang terbaik untuk masalah jerawatmu.

3. Mempertimbangkan Perawatan Yang Sesuai

Dokter mungkin menyarankan lebih dari satu metode pengobatan dan seringkali mengkombinasi beberapa perawatan. Namun tidak semua perawatan sesuai untuk setiap orang oleh karena itu kamu perlu untuk memahami mengenai perawatan yang akan kamu lakukan.

Perawatan biasanya mencangkup:
  • Mengubah rutinitas perawatan kulit sehari-hari.

Cleanser dan scrub yang keras serta air panas dapat membuat jerawat lebih buruk. Namun dokter tetap akan menyarankan untuk membersihkan wajah 2x sehari menggunakan sabun yang lembut. Untuk jerawat ringan dokter sering merekomendasikan Skincare Product yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.

  • Resep Skincare Product

Menggunakan Skincare Product untuk jerawat kebanyakan dapat langsung diaplikasikan pada kulit. Perawatan menggunakan Skincare Product ini memiliki manfaat untuk mempercepat pergantian sel kulit, mengurangi peradangan, mengontrol minyak dan membunuh bakteri.

  • Oral medication

Perawatan ini biasanya dilakukan untuk jerawat yang lebih parah karena menggunakan antibiotik atau obat lain untuk mempengaruhi tingkat hormon. Dalam kasus ekstrim yaitu jerawat yang tidak mengalami perubahan setelah melakukan perawatan lain, mungkin dokter akan meresepkan isotretinoin (retinoid).

  • Treatment Medis & Non Medis

Sebuah perawatan ada yang dilakukan secara medis dan non medis. Perawatan secara medis untuk jerawat yaitu Chemical Peeling, Laser, Accure dan lainnya. Perawatan non medis yaitu seperti Facial. Dokter  akan merekomendasikan perawatan medis atau non medis sesuai dengan tingkat keparahan jerawat.

4. Tanyakan efek setelah perawatan

Sangat penting untuk mengerti mengenai efek setelah melakukan perawatan. Berikut merupakan pertanyaan yang perlu kamu tanyakan pada Dokter Aesthetic :

  • Seberapa sering harus menggunakan obat jerawat?
  • Apakah obat jerawat yang direkomendasikan memiliki efek samping?
  • Apakah ada produk alternatif untuk mengobati jerawat?
  • Haruskah mengubah rutinitas perawatan kulit?
  • Perlukah untuk menghindari sinar matahari?
  • Perlukah untuk mengubah Skincare Product yang sedang digunakan?
  • Perlukah untuk mengubah kosmetik yang sedang digunakan?
  • Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah bekas jerawat?
5. Sabar dan Realistis

Setelah dokter dan kamu setuju mengenai rencana pengobatan, tanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasilnya. Karena perawatan jerawat tidak akan memperlihatkan perubahan secara langsung , mungkin butuh 4-8 minggu. Tanyakan juga berapa kali kamu perlu melanjutkan pengobatan. Setelah jerawat mulai hilang kamu perlu rekomendasi dari Dokter Aesthetic untuk mencegah jerawat datang kembali.

 

Nah ladies, begitulah gambaran saat akan berkonsultasi dengan Dokter Aesthetic mengenai jerawat yang sedang kamu alami. Selain jerawat kamu dapat berkonsultasi mengenai masalah kulit apapun dengan Dokter Aesthetic karena mereka tahu bagaimana cara untuk mengatasinya dengan benar. Rafa Clinic menerapkan konsultasi secara Personal dan Integrated Holistic Approach dan memberikan pengobatan yang disesuaikan dengan apa yang menjadi keluhan Personal setiap pasien, diselaraskan dengan perawatan medis dan non medis, terapi produk untuk perawatan sehari-hari yang aman dan telah dianjurkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s