9 Cara Untuk Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

what-happens-if-you-go-out-in-the-sun-while-taking-bactrim-ds_f53a576e-d0fa-4472-b005-9d1dc3c5215b

Menjalani hidup setiap harinya tentu tidak akan terlewat untuk terpapar sinar matahari. Terpapar sinar matahari terus menerus dapat menyebabkan kanker kulit. Untuk itu lindungi kulit dari sinar matahari, meskipun cuaca sedang mendung. Namun menggunakan sunscreen ternyata tidak cukup untuk melindungi kulit. Berikut merupakan 9 cara untuk melindungi kulit dari sinar matahari :

1. Gunakan Sunscreen

Kulit terpapar sinar matahari setiap hari, oleh karena itu penggunaan sunscreen tidak hanya digunakan saat berlibur di pantai. Gunakan sunscreen yang memiliki SPF minimal 15 pada semua bagian tubuh untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya. Gunakan kosmetik yang juga mengandung SPF. Ingatlah untuk mengaplikasikan sunscreen 30 menit sebelum beraktifitas dibawah sinar matahari, ulangi penggunaan dalam beberapa jam.

2. Cari Tempat Berteduh

Matahari akan terasa sangat panas pada waktu 10 pagi sampai 4 sore. Cobalah untuk menjadwalkan kegiatan di luar ruangan bukan saat waktu tersebut. Jika memang harus tetap beraktifitas pada waktu itu, carilah naungan seperti pohon, payung dan lainnya.

3. Cover Up

Pakaian yang menyerap basah bermanfaat untuk lebih melindungi kulit dari UV dibanding yang tidak karena terbuat dari polyester dan bahan melar. Jadi tutupi bagian tubuh dengan pakaian yang longgar, baju dan celana panjang. Bahan rajut dan berwarna gelap dapat memberikan perlindungan lebih dibanding bahan tenun dan berwarna cerah.

4. Gunakan Topi

Kulit kepala, leher, telinga dan wajah merupakan bagian yang sering berpotensi menjadi area yang mengalami kanker kulit. Oleh karena itu lakukan perlindungan esktra dengan menggunakan topi. Sebaiknya cari topi yang melebar atau memiliki kain dibelakangnya untuk melindungi bagian belakang leher.

5. Gunakan Kacamata Hitam

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan katarak dan merusak kulit halus di sekitar mata. Kacamata hitam dapat melindungi penglihatan dan juga kulit sekitar area mata. Namun kacamata hitam tidak berarti dapat melindungi lebih baik. Warna hitamnya hanya mengurangi intensitas cahaya namun sinar UV masih bisa merusak kulit halus pada mata, oleh karena itu pilih kacamata hitam yang memiliki perlindungan UVA dan UVB.

6. Hati-hati mengenai pantulan cahaya

Suatu permukaan tertentu dapat memantulkan sinar matahari dan mengintensifkan paparan terhadap sinar UV. Jadi saat kamu berada di sekitar air, pasir atau salju dapat sangat meningkatkan kemungkinan kulit terbakar akibat sinar matahari. Pastikan untuk menerapkan tabir surya dengan SPF  tinggi ke seluruh bagian tubuh termasuk bibir.

7. Periksa Obat

Beberapa obat dapat meningkatkan sensitifitas kulit pada sinar matahari.  Contoh paling umum yaitu antibiotik, obat anti depresi, obat kolesterol, obat jerawat dan obat penambah darah.  Oleh karena itu sebaiknya konsultasi dengan dokter jika akan mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

8. Cari sumber Vitamin D yang lain.

Vitamin D sangat baik untuk kesehatan juga kekuatan tulang. Kulit akan mendapatkan Vitamin D saat terpapar sinar matahari namun hal itu bukanlah satu-satunya cara mendapatkan asupan Vitamin D.  Kamu dapat menemukan Vitamin D pada ikan seperti tuna dan salmon, susu, sereal, yogurt dan jeruk.

9. Hindari Berjemur

Berjemur, melakukan tanning dengan mesin dapat membahayakan kulit daripada paparan sinar UVA dan UVB langsung. Hal tersebut dapat mengakibatkan kanker kulit, sebaiknya lindungi kulit dengan menghindarinya. Pilihan lain jika kamu tetap menginginkan kulit sawo matang yaitu dengan menggunakan lotion untuk tanning.

Nah ladies, itulah beberapa tips untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB semoga dapat bermanfaat🙂

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s