11 Vitamin Yang Perlu Di Konsumsi Wanita Setiap Hari

spoon with dietary supplements on fruits background

Saat ini wanita menjadi lebih sadar akan kesehatan. Terutama  karena wanita bertanggung jawab untuk melahirkan dan membesarkan seorang anak hingga mereka dewasa, sehingga mereka dapat mencegah timbulnya penyakit kanker payudara yang sangat berbahaya selain kanker serviks.

Sebagai perempuan yang memenuhi kebutuhan keluarga, kerapkali mereka mengabaikan kebutuhan dirinya sendiri. Namun sekarang, sebagian besar wanita sudah mulai sadar dengan mengonsumsi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin. Vitamin merupakan senyawa kimia yang sangat penting dalam tubuh untuk membantu organ tubuh berfungsi dengan baik. Hal ini dapat membantu kulit menjadi tampak lebih muda, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjamin kesehatan selalu terjaga. Berikut merupakan vitamin yang perlu di konsumsi wanita setiap hari:

Vitamin A

Vitamin A dikenal sangat bermanfaat, terutama bagi wanita. Manfaat Vitamin A yaitu memiliki sifat antioksidan, Vitamin A sangat baik untuk kekuatan dan pertumbuhan kembali tulang, gigi, jaringan kulit halus dan selaput lendir. Vitamin A pun dapat membantu untuk meningkatkan penglihatan dan memperlambat proses penuaan. Salah satu manfaat yang paling menonjol dari Vitamin A yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang membantu semua organ tubuh berfungsi dengan baik.

Makanan yang kaya akan Vitamin A yaitu semua jenis telur, bayam, pepaya, susu, hati (sapi/ayam), kubis, cabai, buah peach dan lainnya. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan atau supplement yang mengandung Vitamin A untuk menjaga kesehatan.

Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak terutama Vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari dan juga dapat diperoleh dari jenis tertentu seperti susu, lemak ikan, hati, dan telur. Manfaat Vitamin D bagi wanita begitu banyak seperti diketahui untuk mengaktifkan fosfor dan kalsium yang diperlukan untuk menjaga agar tulang tetap kuat. Membantu mengurangi resiko multiple sclerosis. Dengan meningkatkan dosis Vitamin D ini dalam tubuh, rheumatoid arthritis, kanker dan penyakit lain seperti depresi teratasi. Vitamin ini juga membantu dalam mengurangi gejala PMS (pra menstruation syndrome). Untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis harus meningkatkan terkena paparan sinar matahari langsung setiap hari.

Vitamin K

Dalam tubuh manusia, Vitamin K memainkan peran utama dengan cara yang berbeda. Manfaat dari Vitamin K dalam tubuh yaitu, membantu menguatkan dan menyehatkan tulang. . Selain itu dapat membantu mempertahankan fungsi pembekuan darah normal dan dapat mengurangi resiko berbagai jenis penyakit jantung. Hal ini dapat memberikan energi untuk tubuh serta membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sumber utama untuk mendapatkan Vitamin K yaitu minyak kedelai, sayuran berdaun hijau, minyak ikan dan semua makanan berbahan gandum.

Vitamin B6

Vitamin ini juga dikenal dengan nama Pyridoxine dan diketahui dapat mendukung fungsi vital tubuh. Vitamin B6 dapat membantu membantu untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik dan sehat. Vitamin B6 bertanggung jawab untuk memproduksi bahan kimia otak dan hormon tertentu yang dapat membantu mengurangi potensi pikun, depresi, dan penyakit jantung. Vitamin B6 bahkan dapat membantu untuk mempertahankan kadar gula darah dalam tubuh. Vitamin B6 sangat penting untuk wanita hamil karena kurangnya vitamin ini dapat menyebabkan anemia.

Konsumsi pisang, biji-bijian, kacang-kacangan, oatmeal, daging merah, alpukat, ikat untuk mendapatkan asupan Vitamin B6.

Vitamin E

Untuk berjalannya sistem tubuh, Vitamin E mengandung begitu banyak khasiat yang bermanfaat, terutama bagi perempuan. Salah satu manfaat besar bagi perempuan yaitu membantu untuk meningkatkan sifat anti-penuaan dan membantu untuk melawan kerusakan sel yang berhubungan dengan penuaan. Vitamin ini dapat mencegah penyakit jantung serius dan mencegah katarak. Manfaat utama lainnya dari Vitamin E adalah pencegahan kanker tertentu dan potensi pikun. Mengkonsumsi vitamin E secara rutin tentunya memiliki rambut dan kulit yang sehat.

Beberapa makanan yang kaya akan Vitamin E yaitu, margarine, kemiri, minyak jagung, almond, bayam dan biji bunga matahari.

Vitamin B12

Konsumsi vitamin ini sangat penting bagi perempuan karena membantu banyak fungsi dalam tubuh. Vitamin B12 penting untuk proses metabolisme, proses pembelahan sel  dan juga membantu dalam mencegah potensi pikun. Vitamin B12 dapat membantu otak dan saraf yang normal fungsi terjadi. Kekurangan vitamin ini dalam tubuh manusia dapat menyebabkan kebingungan, depresi, mudah tersinggung serta radang lidah dan mulut.

Untuk mendapatkan porsi vitamin B12 yang pas coba untuk menggabungkan makanan berikut: telur, ikan, keju, susu dan daging.

Vitamin C

Hampir seluruh wanita tahu mengenai berbagai manfaat vitamn C sebagai salah satu sumber untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat kesehatan dari vitamin C yaitu dapat mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit. Mencegah resiko penyakit jantung dan kanker. Vitamin C juga berperan dalam proses pembentukan sel

Banyak sekali buah dan sayur yang mengandung vitamin C salah satunya yaitu grape fruit, brokoli, cabai, kiwi, tomat, jeruk, strawberry, lemon dan lainnya.

Vitamin B9

Dalam rangka mempertahankan sistem tubuh yang sehat pada wanita, Vitamin B9 merupakan sahabat baik wanita. Vitamin ini dapat membantu mencegah penyakit jantung, dapat melawan depresi dan penyakit Alzheimer (pikun) dan mengurangi tekanan darah tinggi. Vitamin B9 juga bisa untuk mencegah kanker dan kehilangan memori. Pada wanita, B9 dapat meningkatkan kesuburan dan perkembangan janin.

Tambahkan asupan Vitamin B9 untuk dikonsumsi sehari-hari seperti melon, asparagus, sayuran berdaun hijau gelap, kacang polong, strawberry, telur, jus jeruk dan lainnya.

Vitamin B7

Vitamin ini dikenal untuk membantu mensintesis begitu banyak nutrisi penting dalam sistem tubuh. Manfaat Vitamin B7 yaitu dapat membantu dalam pembentukan asam lemak dan glukosa, dan dapat menjaga kulit, rambut dan kelenjar keringat tetap sehat. Hal ini dapat mempertahankan tingkat kadar kolesterol normal maupun sumsum tulang dan pertumbuhan tulang. Mencegah masalah seperti depresi, kadar kolesterol tinggi dan anemia dengan tingkat tinggi vitamin ini dalam tubuh.

Kacang kedelai, telur, oatmeal, telur, keju, cabai, yogurt, buah-buahan yang berwarna kuning, nasi merah, kentang dan ubi.

Vitamin B2

Vitamin B2 adalah vitamin penting yang menawarkan begitu banyak manfaat, untuk mempertahankan kesehatan vitamin B2 sangat penting dan memastikan pertumbuhan serta proses metabolisme. Untuk mendapatkan energi yang cukup, vitamin B2 pun dapat membantu serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mati rasa atau kesemutan yang dirasakan oleh orang-orang diabetes dapat dikurangi dengan Vitamin B2 dan dapat membantu mengurangi stres, kelelahan dan kecemasan. Untuk mencegah keriput, sakit tenggorokan, sariawan, kulit gatal dan gejala lainnya bisa dengan meningkatkan dosisnya saja.

Vitamin B2 dapat ditemukan pada beberapa makanan yaitu seperti sayuran hujau, daging organ, telur, sereal, kacang tanah, kedelai, keju, jamur, yogurt dan susu

Vitamin B3

Vitamin ini juga dikenal sebagai niacin yang memiliki banyak khasiat yang bermanfaat. Karena sifat anti-penuaannya, Vitamin B3 dapat membantu wanita untuk terlihat lebih muda. Vitamin ini juga dapat membantu wanita untuk meningkatkan regenerasi sel kulit dan menjaga kelembaban. Vitamin B3 juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol dan  menurunkan trigliserida atau lemak dalam darah. Mengurangi kemerahan jika kulit meradang maka vitamin ini dapat membantu untuk meningkatkan tingkat hidrasi. Vitamin B3 ini biasanya ditemukan dalam bentuk krim, serum, dan lotion.

Nah ladies, vitamin tersebut sangat bermanfaat bagi wanita untuk tetap sehat, aktif dan tentunya cantik. Semua vitamin dapat ditemukan dengan mudah pada buah, sayuran dan juga supplement. Jika tubuh sehat tentunya kulit menjadi cantik dan cerah J be beauty with Rafa :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s