Bagaimana cara menghilangkan efek stress pada kulit

o-stress-womens-health-facebook

Saat stress, maka hormon kortisol dilepaskan dan menyebabkan banyak hal terjadi dalam tubuh seperti meningkatkannya berat badan, kulit menjadi kering, berminyak, timbulnya keriput atau jerawat.

Salah satu efek stress pada kulit adalah kerutan. Ketika kortisol dilepaskan, kadar gula dalam darah meningkat, dalam aliran yang terus-menerus, dapat menyebabkan hal-hal seperti diabetes. Pada kulit, stress dapat meningkatkan proses yang disebut glikasi, efek stres pada kulit yang merusak kolagen dan meningkatkan munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Efek stres lain pada kulit adalah kulit kering, yang disebabkan juga oleh kortisol. Dalam hal ini, kortisol menurunkan produksi  pelembab alami kulit  yaitu Hyaluronic Acid.  Hal ini juga dapat merusak kualitas pelindung kulit dan menyebabkan dehidrasi kulit.

Saat stress, tubuh memproduksi adrenalin dan menyebabkan aliran darah ke kulit berkurang, mengambil nutrisi yang penting seperti oksigen. Hal ini mungkin menyebabkan perkembangan racun dalam tubuh, selulit dan lainnya. Berikut merupakan cara bagaimana untuk menghindari efek stress pada kulit:

Tidur

Tidur mengambil bagian penting dalam membatasi produksi kortisol. Saat tidur, akan terjadi perbaikan kulit yang telah rusak. Oleh karena itu pastikan setidaknya tidur selama 7 jam untuk menghindari stress dan menjaga kulit tetap sehat.

Olahraga

Kegiatan fisik dapat meningkatkan sirkulasi yang dapat melawan efek adrenalin pada kulit. Dengan kata lain, aktifitas fisik seperti olahraga dapat melancarkan aliran darah, membuang racun sehingga mengurangi selulit, sehat dan juga membuat kulit tampak bercahaya.

 Ambil waktu untuk relax

Banyak orang yang mengalami stress lupa bahwa mereka dapat memiliki kehidupan tanpa stress. Jika kamu meluangkan waktu sesekali untuk beristirahat, bersantai dan melakukan hal yang menyenangkan diri maka kamu akan terhindar dari stress.

 

Nah ladies, stress menyebabkan pengaruh buruk bagi kulit oleh sebab itu mengapa perlu untuk menanganinya. Saat menyadari ada masalah pada kulit pastinya kamu akan langsung melakukan perawatan kulit namun sebaiknya redakan dulu stress dan mulai untuk merawat dan memperbaiki masalah pada kulit cantikmu🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s