Apa itu Milia?

milia-in-women

Apa kamu pernah memperhatikan bintik kecil berwarna putih menonjol pada kulit? Beberapa kali membersihkannya namun tidak kunjung hilang? Berarti bintik tersebut adalah Milia. Untuk mengetahui apa itu Milia dan bagaimana cara menghilangnya, berikut adalah penjelasannya :

Apa sebenarnya Milia itu?

Milia merupakan bintik putih di bawah kulit bertekstur keras dan menonjol. Kamu dapat memencetnya atau melakukan scrub namun Milia akan tetap ada. Hal ini dikarenakan kulit kulit baru tumbuh di atas pori dengan keratin (protein dalam kulit), sel-sel kulit mati, dan sebum terperangkap di dalam.

Biasanya milia muncul di sekitar mata, pipi dan dahi atau di bagian tubuh lainnya. Di samping tampilannya yang menjengkelkan dan mengganggu penampilan estetika, milia sebenanya tidak terlalu berbahaya karena tidak akan meradang atau menyebabkan rasa perih. Masalah utamanya adalah milia tidak mudah untuk dihilangkan.

Penyebab Milia

Milia dapat muncul kapan saja dan sebenarnya umum di kalangan bayi yang baru lahir. Mayoritas wanita akan mendapatkan Milia pada satu titik saja. Ada sejumlah alasan berbeda mengenai bagaimana milia bisa terbentuk. Salah satunya yaitu karena pengelupasan kulit yang tidak tepat. Sel kulit mati tidak hilang sepenuhnya dan masih menempel di kulit sehingga terjebak dalam sel kulit yang baru tumbuh dan menyebabkan Milia.

Penyebab lainnya yaitu akibat paparan sinar matahari yang berlebih atau menggunakan pelembab dan produk rambut yang keras. Area mata sangat rentan terhadap Milia karena menggunakan cream yang keras, makeup berbasis minyak atau sering menggunakan eye makeup remover. Selain itu milia bisa disebabkan karena keturunan.

Bagaimana Cara Menghilangkan Milia

Sangat beruntung jika Milia benar-benar bisa menghilang dengan sendirinya bagi beberapa orang, namun sebagian orang memerlukan semacam intervensi untuk menghilangkannya. Cara pertama dan terpenting yaitu untuk membersihkan makeup dan wajah sebelum tidur untuk memastikan sel kulit mati tidak tertinggal di dalam pori. Beberapa orang ada yang melakukan perawatan lanjutan seperti facial treatment atau chemical peeling untuk menjaga kulit tetap bersih secara maksimal.

Salah satu bahan terbaik dalam skincare untuk mengatasi milia yaitu retinol atau retinoid. Seorang dokter dapat meresepkan retinoid, karena retinoid dapat membantu untuk melepaskan sel kulit mati sehingga tidak akan terjebak di dalam kulit. Retinoid mudah di dapatkan di toko kecantikan namun jika kurang yakin sebaiknya konsultasikan dengan dokter estetika. Selain itu hati-hati dalam penggunaannya di sekitar mata karena dapat mengiritasi kulit jika tidak dilakukan dengan benar. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setiap akan beraktifitas di luar ruangan untuk mencegah Milia bertambah parah.

Namun jika kondisi Milia tetap sama setelah menggunakan skincare product atau melakukan perawatan wajah, sebaiknya langsung konsultasikan dengan dokter estetika dan mempertimbangkan melakukan tindakan mengeluarkan Milia dengan electrocauter yaitu terapi kauterisasi elektrik tanpa operasi. Cara ini dapat menghilangkan Milia untuk selamanya dan mencegahnya tumbuh kembali dengan melakukan pengelupasan secara rutin. Dapatkan penanganan Milia dengan electrocauter hanya di Rafa Clinic :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s