8 Cara Untuk Mengurangi Kadar Melanin

lighten-body-skin-color

Kadar Melanin kulit bertanggung jawab sebagai benteng pertahanan terhadap sinar UV. Melanin mempengaruhi tingkat pigmentasi kulit. satu manfaat penting mempelajari bagaimana cara mengurangi kadar melanin yaitu mengatur pigmentasi kulit. Menggunakan obat-obatan tertentu untuk mengubah kadar melanin kulit, namun hasilnya berkaitan dengan perubahan pigmentasi tergantung pada jenis obat yang digunakan.

Apapun cara yang dilakukan, Anda akan diminta mengambil tindakan tertentu untuk menjaga tubuh tetap terlindungi dari semua masalah fisiologis yang datang dengan rendahnya tingkat melanin. Satu hal yang harus di ingat ketika mengatasi cara bagaimana mengurangi kadar melanin dapat membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan perlu melakukan percobaan dengan obat-obatan. Mengurangi kadar melanin memerlukan kesabaran dan mencoba obat yang berbeda sesuai resep dokter.

8 Metode Untuk Mengatasinya:

1. Memahami hal-hal yang dapat meningkatkan tingkat melanin

Sebelum mempelajari bagaimana cara mengurangi kadar melanin, sebelumnya perlu untuk memahami faktor-faktor yang berhubungan dengan produksi melanin dalam tubuh manusia, yaitu:

  • Perubahan kadar hormon tubuh.
  • Terlalu sering terpapar sinar matahari.
  • Penyakit kulit yang menyebabkan tingkat melanin lebih tinggi.
  • Kekurangan vitamin dan gizi.

Manfaat melanin yaitu untuk menjaga kulit tetap telindungi dari bahaya sinar UV, namun ketika berlebihan maka dapat membuat kulit menjadi gelap. Bagaimana cara mengurangi kadar melanin? ada 2 cara yaitu dengan perawatan di rumah secara alami atau melakukan perawatan lanjutan seperti menggunakan skincare product.

2. Konsultasikan dengan Dokter

Kulit tiba-tiba menjadi tampak gelap? Kenapa? Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan solusi mengatasinya. Dokter biasanya akan menjalankan beberapa tes pada kulit sebelum meresepkan produk kosmetik dan perawatan medis yang dapat digunakan untuk mendapatkan kembali kulit normal.

Namun, metode pengobatan lainnya juga tersedia untuk membantu mengurangi kadar melanin pada tubuh seperti menggunakan skincare product yang tepat

3. Menggunakan Sunscreen

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi tingkat melanin yaitu dengan menggunakan sunscreen sebelum beraktifitas. Sunscreen tak hanya mengurangi kadar melanin, namun juga dapat mencegah pembentukan melanin.

4.   Cover Up

Menggunakan topi atau pakaian yang menutupi seluruh tubuh saat beraktifitas di luar dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

5.   Diam di dalam ruangan

Diam di dalam ruangan saat siang hari merupakan cara untuk meminimalkan produksi melanin oleh sel kulit.

6. Gunakan Produk Alami

Kebanyakan kosmetik yang digunakan dapat membuat kadar melanin lebih parah. Menggunakan produk perawatan kulit alami akan lebih membantu mengatur produksi melanin kulit.

7. Pilih Vitamin

Retin-A, bentuk sintetis dari vitamin A dapat digunakan untuk pengelupasan pigmen yang sangat tinggi yaitu sel-sel kulit sehingga dapat memicu pertumbuhan sel kulit baru. Konsumsi makanan yang sehat yang mengandung vitamin A seperti sayuran berwarna kuning, brokoli, lobak, bayam, labu, ubi jalar, melon dan wortel. Selain itu konsumsi juga susu, mentega, keju dan telur.

Vitamin C dikenal sebagai inhibitor tirosinase (senyawa  golongan flavonoid)oleh karena itu dapat mengurangi produksi melanin di kulit. Jeruk, jambu biji, jeruk nipis, pepaya, lemon, kismis hitam, stroberi, mangga dan jeruk bali merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin ini. Sayuran seperti tomat, brokoli, kubis, bayam juga dapat membantu asupan Vitamin C dalam tubuh. Konsumsi raw food atau makanan yang diolah setengah matang atau di kukus.

8. Gunakan Perawatan Alami
  • Almond

Gunakan 4-5 almond dan rendam dalam air semalaman. Buang air rendaman dan hancurkan almond, setelah itu tambahkan 1 sendok teh susu dan campurkan hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada bagian kulit yang bermasalah karena melanin untuk membantu menyamarkan tampilannya.

  • Oatmeal dan Tomat

Campurkan oatmeal dan tomat lalu aplikasikan pada wajah. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Cara ini membantu mengatasi efek karena berjemur di bawah sinar matahari dan menyamarkan bintik hitam melanin.

  • Madu dan Sour cream

Gunakan 1 sendok madu dan 2 sendon sour cream. Aplikasikan campuran tersebut pada kulit wajah dan biarkan hingga 20 menit. Bersihkan dengan menggunakan kain lembut yang basah setelah itu bilas wajah dengan air.

 

Nah ladies, sudah tahukan mengenai melanin dan cara mengurangi kadar melanin pada kulit. Selain cara tersebut ada cara lain yaitu dengan menggunakan perawatan lanjutan seperti facial, oxygen treatment atau penggunaan skincare product yang di formulasikan untuk mengurangi kadar melanin kulit. Rafa Clinic siap melayani dan membantu untuk mengatasi masalah melanin pada kulit cantikmu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s