Mata Cantik Tanpa Kantung Mata

10_beauty_secrets_every_woman_must_know_before_age_35_b1

Mata merupakan bagian dari wajah yang pastinya selalu ditatap pertama kali, oleh karena itu beberapa orang melakukan berbagai cara untuk membuat mata selalu terlihat segar. Menggunakan makeup yang mencolok pada bagian mata, menutupi kekurangan pada mata dengan menggunakan concealer dan lainnya. Namun ada kekurangan yang tidak mudah untuk ditutupi yaitu kantung mata. Dalam artikel ini akan membahas bagaimana cara untuk menghilangkan kantung mata agar selalu tampil segar.

Apa itu kantung mata?

Pembengkakan ringan dan kulit longgar atau lingkaran hitam bawah mata.

Apa penyebab kantung mata?

Semakin bertambahnya usia, jaringan kulit di sekitar mata, termasuk otot-otot yang mendukung kelopak mata akan melemahkan. Kulit akan mulai mengendur dan lemak yang membantu menyangga mata berpindah mengisi ruang di bawah mata.

Pada situasi yang sama, tingkat kolagen akan menurun sehingga elastisitas kulit mulai berkurang. Ruang kosong di bawah mata dapat menjadi tempat berkumpulnya cairan dan menyebabkan daerah bawah mata tampak bengkak.

Beberapa faktor yang menyebabkan kantung mata, yaitu :

1. Retensi Cairan. Hal ini dapat terjadi karena fluktuasi kadar hormon, makan makanan terlalu banyak kandungan garam atau perubahan cuaca.

Jika memperhatikan bahwa terdapat kantung mata ketika bangun tidur, bisa jadi dikarenakan retensi cairan. Hal ini bisa di atasi dengan menambahkan 1 bantal tambahan ketika tidur untuk menjaga kepala tetap di posisi yang tinggi.

2. Sinus merupakan rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi yang dapat menyebabkan kantong di bawah mata karena selalu meregangkan kulit di bawah mata.

3. Kurang Tidur

4. Keturunan. Dalam kasus tersebut tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

5. Alergi seperti pilek, bersin-bersin, sakit kepala, batuk, terutama jika ada kemerahan dan gatal.

6. Bagi perempuan, retensi air sebelum menstruasi juga dapat menyebabkan lingkaran hitam dan kantong mata. Untuk mengatasinya kurangi mengkonsumsi makanan dengan tingkat garam tinggi dan karbohidrat seminggu menjelang menstruasi.

Bagaimana cara mengatasi kantung hitam? Ikuti beberapa tips alami berikut ini :
  • Langkah pertama untuk mengatasi kantung mata yaitu membuat daftar penyebab utama dan cobalah untuk mengidentifikasi penyebabnya, solusi terbaik adalah dengan mengatasi penyebabnya terlebih dahulu.
  • Cara tidur bisa jadi penyebabnya. Tidur dengan posisi miring atau terlentang bisa jadi dapat menyebabkan cairan berkumpul di bawah mata karena efek gravitasi. Oleh karena itu cobalah merubah posisi tidur seperti tidur terlentang dengan tambahan bantal. Semakin cepat merubah kebiasaan posisi tidur akan semakin baik. Karena seiring berjalannya waktu kantung mata akan menjadi permanen.
  • Menggunakan Neti Pot. Hal ini dilakukan dengan menggunakan perangkat yang terlihat seperti teko kecil. Cara menggunakannya yaitu dengan mengairi rongga hidung. Hal ini merupakan cara alami dan efektif untuk meredakan peningkatan cairan yang disebabkan oleh alergi, sinus atau pilek.
  • Hindari terlalu mengkonsumsi alkohol karena menyebabkan kulit halus sekitar mata melemah karena dehidrasi sehingga lebih rentan mendapatkan kantung mata.
  • Tidak tidur dengan makeup yang masih menempel. Tidur dengan riasan mata dapat mengiritasi kulit yang dapat membuat peningkatan cairan sehingga perpotensi menjadi kantung mata.
  • Hindari kebiasaan menggosok mata.
  • Menerapkan kain kecil dingin yang telah disimpan di dalam kulkas pada mata saat pagi hari selama 5 menit. Cara ini sangat efektif untuk mengendalikan cairan yang menumpuk di bawah mata.
  • Celupkan 2 kantung teh dalam air dingin selama 30 detik. Terapkan 2 kantung teh tersebut di atas mata selama 10 menit. Sensasi dingin dari tanin (suatu senyawa polifenol) dalam kantong teh akan mengurangi kantung mata.
  • Simpan 2 irisan mentimun dalam kulkas selama beberapa detik. Terapkan 2 irisan mentimun dingin tersebut di atas mata selama 10-15 menit. Mentimun akan menenangkan dan mengurangi kantung mata.
  • Berhenti merokok, kurangi mengkonsumsi alkohol, tidur yang cukup, makan makanan yang bergizi dan seimbang untuk menjaga kulit tetap sehat. Hal ini telah dibuktikan bahwa mengkonsumsi antioksidan yang tinggi secara efektif dapat memperlambat proses penuaan kulit termasuk kantong dan lingkaran hitam di bawah mata.

Dari semua tips tersebut, kamu juga dapat mencoba mengaplikasikan cream, gel atau serum khusus untuk mengatasi kantung mata. Kulit di bawah mata sangat halus dan tipis, sehingga perlu didukung dengan kolagen dan elastin untuk mengencangkan dan menyingkirkan kantong mata.
Kantung mata biasanya tidak berbahaya dan jarang memerlukan intervensi medis. Namun dalam kasus ketika:

– Pembengkakan parah

– Kantung mata memerah, gatal dan perih.

– Berpengaruh pada bagian tubuh lainnya. Hal ini bisa dikarenakan masalah ginjal atau gangguan tiroid, infeksi atau alergi. Jika mengalami hal ini sebaiknya langsung konsultasi dengan dokter.

Nah ladies, selain melakukan cara alami dengan merubah pola hidup, perlu juga melakukan perawatan lanjutan jika menginginkan kantung mata cepat hilang. Rafa Clinic siap membantu mengatasi kantung mata dengan Filler Cosmetics, Mesotherapy dan Eye Treatment 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s