Pori Besar Go Away!

 

 

1470305021_7-ways-to-quickly-get-rid-of-pimples-780x330

Pori wajah yang terbuka dan tampak besar membuat kulit tampak lebih tua dan kurang sehat.  Selain itu dapat menyebabkan masalah kulit lainnya seperti komedo dan jerawat, terutama bagi yang memiliki jenis kulit berminyak. Bagaimana cara untuk mengatasi pori besar? Banyak orang yang menggunakan skincare product dan perawatan wajah namun bukannya meminimalkan pori namun membuat masalah lebih buruk! Perawatan tidak akan maksimal jika tidak tahu penyebabnya oleh karena itu ketahuilah terlebih dahulu untuk mengatasi pori besar.

Apa yang menyebabkan pori besar?

  • Terlalu terpapar sinar matahari: dapat memperbesar pori yang terbuka dan dapat merusak kolagen, sehingga berkurangnya elastisitas dinding saluran pori kulit.
  • Faktor usia: Saat penuaan, pori yang terbuka akan cenderung membesar sehingga kulit kehilangan elastisitasnya.
  • Keturunan: Dalam beberapa kasus faktor keturunan adalah penyebab pori membesar.
  • Produksi sebum berlebih: Jika produksi sebum normal, maka akan secara jelas mengalir melalui lapisan pori kulit dan menyebar ke permukaan kulit. Namun jika berlebihan, maka akan menggabungkan zat lain (seperti sel-sel kulit mati, kotoran, dan keringat) sehingga dapat menyumbat dan memperbesar pori.

Bagaimana cara mengatasi pori besar?

Meskipun ada cara untuk mengatasi pori besar dengan menggunakan beberapa skincare product yang tersedia di pasaran, namun harus tetap ingat bahwa pori besar merupakan bagian dari kulit dan tidak bisa dihilangkan sepenuhnya. Sebelum mengeluarkan biaya besar untuk membeli produk bermerek, kamu dapat melakukan perawatan alami di rumah. Berikut merupakan perawatan alami untuk mengurangi atau mengecilkan ukuran pori besar dan mengurangi komedo:

1. Exfoliating: Pori yang terbuka cenderung terlihat lebih besar ketika tersumbat oleh sebum dan kotoran lainnya. Cara tercepat untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan pembersihan yang tepat. Untuk mengurangi ukuran pori besar, perlu untuk melakukan eksfoliasi secara rutin untuk menyingkirkan sel kulit mati dan mengurangi produksi sebum Kamu dapat membuat scrub alami dengan mencampurkan kulit jeruk kering dan kacang almond sehingga kulit menjadi bersih bebas sel kulit mati.

2. Lemon, Mentimun dan Rose Water: Lemon mengandung enzim yang dapat mengencangkan kulit wajah. Karakteristik asamnya juga dapat membersihkan kotoran kulit secara mendalam, sementara vitamin C di dalamnya membantu dalam mencerahkan kulit.

Campurkan 1 sendok makan jus lemon dengan 1 gelas rose water dan ½ gelas jus mentimun. Aplikasikan campuran tersebut pada kulit dengan pori besar sehingga pori menjadi bersih, meminimalisir pori besar dan membuat kulit menjadi cerah.

3. Cuka sari apel: Cuka sari apel dapat bertindak seperti astringent dan toner alami untuk menghilangkan kelebihan sebum, komedo dan membersihkan pori. Menggunakannya secara rutin dapat mengencangkan kulit, mengecilkan pori besar dan mengembalikan pH kulit. Selain itu antimikroba dan anti-inflamasi di dalamnya dapat membantu untuk mengobati jerawat.

Campurkan cuka apel organik dengan air. Rendam kapas dalam campuran tersebut lalu gosok dengan lembut pada pori besar dan biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air dingin. Aplikasikan setiap malam setelah membersihkan wajah untuk hasil yang maksimal, setelah itu gunakanlah moisturizer yang lembut.

4. Putih Telur dan Lemon: Masker putih telur sangat baik untuk mengatasi kelebihan sebum. Masker putih telur dan lemon dapat membantu mengecilkan pori dan mengencangkan kulit.

  • Putih Telur Face Pack: Kocok putih telur hingga berbusa lalu aplikasikan pada kulit. Tunggu hingga mengering lalu bilas hingga bersih. Saat putih telur kering, maka kotoran yang tersumbat dari pori akan terangkat dan juga dapat mengencangkan kulit. Lakukan 1 atau 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.
  • Putih Telur Face Mask: Kocok putih telur dan campurkan jus dari ½ lemon. Oleskan campuran tersebut pada wajah secara merata. Biarkan hingga mengering hingga 10 menit lalu bilas.
  • Putih telur Face Scrub: Cara lainnya yaitu menggunakan scrub. Kocok putih telur dan campurkan jus lemon dan oatmeal masing-masing 2 sendok makan. Oleskan campuran tersebut pada wajah secara merata. Biarkan hingga mengering hingga 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

5. Tomat: Tomat membantu untuk menghilangkan sebum berlebih, mengencangkan kulit, dan meminimalkan tampilan pori kulit yang terbuka. Tomat mengandung lycopene dan antioxidants yang dapat memperlambat penuaan kulit dan dapat memperbaiki kerusakan kulit. Campurkan secara bersamaan 1 sendok makan jus tomat dengan 3-4 tetes jus lemon. Aplikasikan campuran tersebut pada wajah untuk menghilangkan pori besar. Biarkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

6. Baking soda: Baking soda dapat digunakan untuk pengelupasan karena dapat membantu untuk mengurangi kelebihan sebum dan kotoran pada kulit. Baking soda tidak hanya membersihkan kulit namun dapat membuat pori kulit menjadi lebih kecil serta mengembalikan pH kulit. Selain itu, memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi sehingga dapat mengobati masalah kulit seperti jerawat.

Campurkan baking soda dan air masing-masing 2 sendok makan. Oleskan campuran tersebut secara merata pada kulit, pijat lembut dengan gerakan melingkar dalam beberapa detik. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin dan aplikasikan moisturizer. Lakukan setiap hari selama seminggu lalu kurangi penggunakan 3-4 kali dalam seminggu.

7. Masker Lumpur: Masker lumpur dapat digunakan untuk mengurangi sebum berlebih dan salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi pori besar, selama masker lumpur tidak mengandung bahan lain yang dapat mengiritasi kulit.

Campurkan rose water dengan 2 sendok makan masker lumpur. Aplikasikan pada wajah dan biarkan hingga kering kurang lebih 25 menit. Setelah kering gosok masker tersebut dan bilas dengan air dingin. Jangan lupa untuk mengaplikasikan moisturizer. Lakukan perawatan ini 1-2 kali seminggu secara rutin.

8. Scrub Gula: Scrub gula merupakan cara efektif untuk pengelupasan sel kulit mati, menghilangkan kelebihan sebum dan kotoran yang menyumbat pori serta mengatasi pori besar.

  • Taburkan sedikit gula ke dalam potongan lemon lalu gosokan secara lembut pada permukaan kulit wajah. Tunggu sekitar 10 menit dan bilas menggunakan air dingin. Lakukan 2x dalam seminggu secara rutin.
  • Campurkan 2 sendok makan gula, 1 sendok makan olive oil dan beberapa tetes jus lemon. Pijat lembut pada kulit wajah selama beberapa lalu bilas menggunakan air dingin. Lakukan 2x dalam seminggu secara rutin.
  • Campurkan madu, jus lemon dan sedikit gula. Gosok campuran tersebut pada kulit wajah, biarkan hingga 10 menit lalu bilas. Lakukan 2x dalam seminggu secara rutin.

9. Yogurt : Gunakan yogurt segar ( tanpa gula dan tanpa rasa) dan aplikasikan pada kulit sebelum mandi, biarkan selama 10 menit. Yoghurt mengandung lactic acid yang dapat membantu untuk meminimalisir pori besar, mengencangkan kulit, menyingkirkan sel kulit mati dan menghilangkan kelebihan sebum serta kotoran pada pori.

Tips

  • Jangan pernah menggunakan skincare product yang dapat menyumbat pori atau menyebabkan produksi sebum Berhenti menggunakan produk yang terlalu lembab atau memiliki tekstur cream, seperti moisturizer pada umumnya.
  • Jangan menggunakan produk yang mengandung bahan yang dapat membuat kulit kering dan teriritasi karena dapat memproduksi sebum berlebih langsung ke dalam pori.
  • Gunakan cleanser yang lembut dan gampang larut.
  • Gunakan moisturizer bebas minyak. Melembabkan wajah merupakan cara untuk mengatasi pori besar dan membuat kulit sehat serta cerah. Kulit yang dehidrasi akan memproduksi sebum berlebih, sehingga menyebabkan pori tersumbat, komedo dan jerawat.
  • Hati-hati dalam memilih makeup yang akan digunakan. Sebaiknya tidak menggunakan makeup yang tebal dan berat untuk menyamarkan masalah kulit seperti jerawat, pori besar dan lainnya. Juga pastikan untuk membersihkan makeup sebelum tidur karena jika tidak dapat menyumbat pori dan menimbulkan masalah kulit lainnya.

Nah ladies, berikut merupakan perawatan alami yang bisa dilakukan sendiri dirumah, namun jika tidak mendapatkan hasil yang cukup sebaiknya konsultasikan pada dokter estetika dan melakukan perawatan lanjutan. Rafa Clinic siap membantu menangani masalah pori besar dengan perawatan lanjutan PPx  dan FraxxTM untuk membuat ukuran pori mengecil, menghaluskan, membersihkan dan mencerahkan kulit serta mencegah tumbuhnya jerawat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s