Skincare and Vitamin C

Vitamin-C

Hampir seluruh wanita maupun pria melakukan perawatan kulit dengan Vitamin C, skincare product, treatment di Klinik Kecantikan atau melakukan perawatan sendiri di rumah. Nah dalam artikel ini akan memberikan informasi mengenai manfaat vitamin C, Menggunakan Vitamin C untuk kulit dan bagaimana cara membuat bahan alami untuk perawatan di rumah.

Penelitian Skincare dan Vitamin C

Penelitian yang dilakukan oleh Patricia K. Farris, M.D, di Tulane University School of Medicine, menyimpulkan bahwa Vitamin C:

  • Meratakan warna kulit dan membantu mengurangi kerusakan kulit
  • Meningkatkan produksi kolagen
  • Membantu melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB
  • Efektif dalam meringankan hiperpigmentasi.
Manfaat Vitamin C untuk Skincare
  • Memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit.
  • Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat yang merangsang produksi kolagen, protein yang membantu dalam perkembangan sel dan pembuluh darah, sehingga memberikan kulit ketegasan dan kekuatan.
  • Vitamin C dalam skincare membantu mengatasi jaringan parut dan ligamen, sehingga dapat memperbaiki kondisi kulit.
  • Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang merusak kolagen dan menyebabkan kulit kering, garis halus dan kerutan. Penelitian baru menunjukkan bahwa asam askorbat 2-fosfat, turunan dari vitamin C, tidak hanya menetralkan radikal bebas, tetapi juga memperbaiki kerusakan DNA. [sumber: University of Leicester]
  • Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C juga dapat mengurangi melindungi kulit dari sengatan matahari yang disebabkan oleh paparan radiasi UVB dan mencegah efek buruk dari paparan sinar matahari jangka panjang, yang dapat menyebabkan kanker kulit [sumber: University of Maryland Medical Center, Bouchez]. Namun bukan berarti karena selalu mengkonsumsi Vitamin C, tidak menerapkan perlindungan di bawah sinar matahari, tetaplah untuk menggunakan sunscreen saat beraktifitas di luar rumah.

Penting untuk belajar bagaimana memilih makanan yang akan dikonsumsi sehari-hari dengan sumber vitamin C yang tinggi.

Berikut tips tentang Vitamin C dalam Skincare serta sistem kekebalan tubuh.
  • Vitamin C dapat memperbaiki kulit, memperkuat sistem kekebalan, melindungi terhadap penyakit jantung dan mengurangi risiko stroke, dan dokter mengatakan bahwa Vitamin C salah satu nutrisi yang paling aman dan paling efektif. [sumber: Zelman].
  • Vitamin C dapet larut dalam air, yang berarti mudah diserap dalam tubuh. Tubuh tidak menyimpan Vitamin C, oleh karena itu jika bisa untuk mengkonsumsinya setiap hari, namun tenang jika asupan vitamin C dalam tubuh berlebihan, akan langsung di keluarkan melalui ginjal. [sumber: S. Food and Drugs Administration].
Makanan yang kaya akan Vitamin C untuk perawatan kulit
  • Ada banyak makanan yang dapat membantu untuk meningkatkan asupan Vitamin C. Sebaiknya konsumsi 9 porsi buah dan sayuran setiap harinya, selain itu selalu konsumsi vitamin dan mineral lainnya. [sumber: Zelman].
  • Untuk memastikan asupan makanan banyak vitamin C, konsumsilah buah jeruk dan sayuran seperti paprika, kembang kol, brokoli, bayam dan tomat. [sumber: Bouchez].
  • Meskipun ada beberapa perbedaan pendapat mengenai berapa banyak vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh, banyak dokter menyarankan untuk asupan vitamin C sebanyak 500 miligram per hari, yang sering dapat ditemukan di multivitamin harian atau suplemen vitamin C. Namun,tidak melebihi lebih dari 2.000 miligram per hari – terlalu banyak vitamin C dapat menyebabkan iritasi lambung. [sumber: Zelman].
Topical Vitamin C For Skin And Face

Kamu dapat mengaplikasikan Vitamin C pada kulit untuk meningkatkan produksi kolagen dan melawan radikal bebas. Pilih facial cleanser atau moisturizer dengan kandungan L-ascorbic acid merupakan bentuk dari vitamin C untuk memastikan vitamin menembus lapisan kulit.

[sumber: Bouchez].

Cara membuat Vitamin C Creams Alami

vitamin-c-face-cream-02

Ingat bahwa Vitamin C cream memiliki ketahanan yang tidak lama, saat Vitamin C dilarutkan dalam cairan, akan cepat terdegradasi dan menjadi kurang efektif. Oleh karena itu sebaiknya buat Vitamin C Cream dalam jumlah kecil agar tetap segar dan efektif

  • Simplest Homemade Vitamin C Cream: Campurkan ½ sendok teh serbuk L-ascorbic acid dengan ¼ gelas cream di pilih atau cream buatan sendiri.
  • Natural Homemade Vitamin C Cream: Kocok secara menyeluruh 3 sendok makan aloe vera gel, ½ sendok makan vegetable glycerin, 1 sendok teh minyak essensial vitamin E dan ½ sendok teh serbuk vitamin B3.
Tips:
  • Anda dapat menambahkan pengawet, seperti kalium sorbat atau ekstrak biji anggur untuk home made cream. Ikuti petunjuk pada pengawet untuk memastikan jumlah yang tepat pada krim wajah.
  • Tempatkan Vitamin C cream yang telah dibuat ke dalam wadah kaca gelap untuk melindunginya dari cahaya, agar krim tidak terdegradasi.
  • Simpan cream dalam lemari es.
  • Aplikasikan dengan tipis cream setelah membersihkan wajah, setelah itu baru gunakan sunscreen dan makeup. Jika baru menggunakannya, sebaiknya aplikasikan 1x sehari, setelah 2 minggu aplikasikan cream 2x sehari.
  • Vitamin E dan B3 dapat meningkatakan efektifitas dari Vitamin C cream bagi wajah. Vitamin C juga dapat mengurangi kerusakan akibat sinar UV, dan vitamin B3 dapat mengurangi warna kulit yang belang.
Perhatian:
  1. Hindari penggunaan Vitamin C cream setelah 10 hari, atau ketika cream berubah warna menjadi kuning, hal itu menandakan vitamin C cream tidak lagi efektif.
  2. Kamu mungkin akan mencium sedikit bau menyengat beberapa menit setelah mengaplikasikannya, namun jika bau menyengat tidak hilang setelah beberapa menit bilaslah menggunakan air. Hentikan penggunaanya ketika merasakan kulit semakin kering atau teriritasi.

Ladies, kita sudah mengetahui berbagai manfaat yang diberikan oleh Vitamin C yang sangat perpengaruh bagi kecantikan kulit. Untuk mendapatkan perawatan lanjutan setelah perawatan sendiri di rumah dengan Vitamin C, Rafa Clinic siap membantu dengan treatment dan skincare product yang sesuai🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s