Manfaat Glycerin Bagi Perawatan Kulit

240_F_94763248_p8426KGNvlTggSVnA8INappHzvAwmMLR

Glycerin terkenal karena banyak kegunaannya bagi perawatan kulit. Glycerin pada kulit bekerja sebagai humectant (zat yang membantu mempertahankan kelembaban), itulah kenapa glycerin dapat menghimpun kelembapan di kulit. Glycerin memiliki banyak manfaat lainnya untuk kulit dan perawatan kecantikan karena dapat merangsang peremajaan sel kulit  oleh karena itu banyak digunakan dalam produk perawatan kulit , seperti sabun, body lotion dan pelembab, body scrub, face packs dan face mask, serta sampo dan kondisioner.

Glycerin, biasa disebut glycerol, dapat digunakan pada semua jenis kulit. Glycerin digunakan untuk mengatasi kondisi kulit berminyak seperti jerawat, infeksi kulit, kerutan dan garis-garis halus. Untuk yang memiliki jenis kulit kering, dapat mengapalikasikan glycerin topical pada kulit untuk meningkatkan dan mengunci kelembaban sehingga mengatasi kekeringan pada kulit.

Glycerin sesuai bagi sebagian besar orang dan efek dari glycerin pada kulit yang sehat dapat memberikan penampilan tampak lebih alami. 

Apakah Glycerin baik untuk kulitmu ?

Glycerin aman bagi kulit. Menggunakannya untuk perawatan kulit sehari-hari akan membuat kulit sehat, cerah, lembut dan kenyal. Berikut merupakan manfaat lain dari glycerin bagi kulit.

Penggunaan Glycerin dan manfaat bagi kulit

1. Melembabkan : Glycerin bertindak sebagai pelembab yang efektif pada kulit sehingga membuat kulit menyerap air dari udara untuk mengurangi bagian kulit yang kering dan kusam. Glycerin dapat diaplikasikan langsung pada kulit sebagai pelembab. Oleskan bola kapas dengan glycerin dan aplikasikan pada kulit. Maka Anda dapat merasakan kulit menjadi lembut, lentur dan terhidrasi saat penerapannya. Glycerin juga dikenal karena sifat meditasi yang bekerja untuk menyembuhkan kulit kering, kasar dan teriritasi.

2. Melembutkan: Karena kulit mengalami penuaan, maka kulit akan terlihat kusam dan rentan terhadap iritasi, kemerahan dan kondisi lainnya, sebab kulit kering kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban. Namun dengan menggunakan glycerin secara rutin dapat membuat kulit menjadi lembut dan mencegah masalah kekeringan lainnya dengan mengisi celah-celah mikroskopis di kulit kering.

3. Mengatur Keseimbangan Air : Humectants pada glycerin dapat menghimpun kelembapan pada kulit. Ketika glycerin diaplikasikan pada kulit, maka akan meminimalisir kehilangan air karena penguapan dan mempertahankan keseimbangan air sehingga membuat kulit terhidrasi dan terpelihara dengan baik. Karena alasan ini, mengapa glycerin dalam skincare product dapat mengatasi, mencegah dan mengobati kulit kering.

4. Pelindung Kulit: Dengan 2 kemampuan membuat glycerin bekerja pada dua bagian pada saat yang sama yaitu menghidrasi kulit serta mengisi celah-celah pada kulit kering – sehingga bertindak sebagai pelindung untuk melindungi kulit dengan mempertahankan lapisan luar. Lapisan ini sangat diperlukan sebagai penghalang alami menempelnya polusi dan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya masalah pada kulit.

5. Cleansing – Glycerin dan Rose Water : Glycerin dapat menjadi cleanser untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit. Campurkan Glycerin dan rose water sebagai cleanser. Bersihkan wajah dengan menggunakan campuran tersebut secara menyeluruh sebelum tidur. Aplikasikan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

6. Nourishing Your Skin: Glycerin digunakan dalam berbagai macam produk kecantikan. Untuk menyehatkan kulit, campurkan glycerin dengan pelembab yang biasa digunakan lalu terapkan campuran tersebut setiap hari pada wajah. Penggunaan yang teratur akan membantu untuk menjaga kulit tetap sehat, lembut dan segar.

7. Meningkatkan Penampilan Kulit: Glycerin bertindak sebagai emolien (pelembab) yang membuat kulit tetap lembab dan juga lembut serta kenyal saat disentuh. Hal itu membuat kulit terlihat lebih sehat dan cantik, selain itu dapat mencegah timbulnya tanda-tanda dari kulit kering. Efek terapi yang di miliki pun dapat mengatasi luka dan penyakit kulit lainnya sehingga kulit menjadi sehat dan halus.

Bagaimana menggunakan Glycerin pada wajah?

1. Rosewater dan Glycerin untuk kulit – sebagai Toner: Rosewater memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan kulit dan menjaga Ph kulit. Dengan demikian akan menyegarkan dan menenangkan kulit. Glycerin melembabkan kulit tanpa membuatnya terlihat berminyak. Ketika dua bahan dicampurkan, maka akan bermanfaat untuk menyehatkan kulit.

Caranya: Campurkan ¼ gelas glycerin dan ½ gelas rose water. Masukan ke dalam botol spray, sehingga lebih mudah untuk mengaplikasikannya.

2. Glycerin dan Lemon/ Jeruk Nipis : Resep alami glycerin moisturizer dapat bekerja sebagai pelindung kulit dari efek yang ditimbulkan saat musim dingin. Glycerin moisturizer ini tidak hanya baik bagi kulit wajah namun pada kulit tubuh lainnya.

Caranya: Gunakan 1 botol glycerin dan 2 sendok makan jus lemon/ jeruk nipis. Tuangkan 200-250 ml glycerin ke dalam wadah. Gunakan non-medicinal atau medicinal glycerin. Lalu campurkan 2 sendok makan jus lemon/ jeruk nipis dengan glycerin. Setelah itu tuangkan kembali campuran ke dalam botol spray. Gunakanlah sebelum tidur, tepuk lembut dengan jari atau kapas dan biarkan sampai menyerap ke dalam kulit.

Do’s and Don’ts penggunaan Glycerin pada kulit.

  • Sebelum menggunakan glycerin langsung pada wajah, encerkan terlebih dahulu dengan air, menggunakan air mawar akan lebih maksimal.
  • Jangan terlalu banyak mengaplikasikan glycerin karena akan menghidrasi kulit berlebihan.
  • Jangan menggunakan glycerin dengan lotion yang sudah lengket.
  • Glycerin memiliki tekstur yang lengket, oleh karena itu bersihkan glycerin sebelum beraktifitas di luar ruangan. Karena akan membuat kotoran dan polusi dapat dengan mudah menempel pada wajah.

Perawatan menggunakan Glycerin ternyata banyak manfaatnya bagi kulit, seperti yang dijelaskan bahwa dapat membuat wajah awet muda dan cantik. Be smart and beauty🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s