Cantik Alami Untuk Kulit Berminyak

6-Extremely-Effective-Homemade-Scrubs-For-Oily-Skin

Sebagian orang yang mengalami kulit berminyak seringkali tidak percaya diri dengan penampilan estetik mereka karena wajah tampak mengkilat dan kusam. Memiliki kulit berminyak pun rentan mendapatkan masalah pada kulit seperti komedo, jerawat dan pori besar. Oleh karena itu mengapa sampai tersedia skincare product serta perawatan wajah untuk mengatasi kulit berminyak. Berikut merupakan beberapa cara alami bagi kulit berminyak :

Tips mengatasi kulit berminyak:

Membersihkan secara keseluruhan kulit berminyakmu 2x sehari dengan menggunakan sabun yang mengandung glycerin untuk membantu menghilangkan kotoran yang menempel. Melakukan hal ini dapat mencegah pori tersumbat dan membuat kulit tetap segar. Bersihkan makeup sebelum tidur. Konsumsi makanan sehat yang tinggi protein, sertakan sayuran hijau dan buah-buahan. Vitamin B2 membantu dalam mengatasi kulit berminyak,sumber yang baik dari vitamin B2 dapat ditemukan dalam gandum, biji-bijian, kacang-kacangan. Mengurangi asupan gula, lemak, menghindari cokelat, gorengan, minuman beralkohol dan minuman ringan untuk mengatasi kulit berminyak.

Jangan berpikir bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan hidrasi karena sebum pada kulit tidaklah melembabkan. Selalu hidrasi kulit dengan minum banyak air minimal 8 gelas/hari. Gunakan moisturizer yang baik dan di formulasikan untuk kulit berminyak.

Tips Alami Untuk Kulit Berminyak:

  • Lemon : Campurkan satu sendok teh jus lemon dengan air dingin. Pijat lembut pada permukaan kulit selama 15 menit, bilas dengan menggunakan sabun yang mengandung glycerin . Hal tersebut akan membebaskan kulit dari sebum
  • Apel : Untuk menganti kulit berminyak menjadi kulit cerah alami yaitu dengan kulit buah apel. Caranya, potong-potong kulit apel dalam ukuran kecil, gosokan dengan lembut pada permukaan wajah. Setelah 1 jam bilas menggunakan air bersih. Hal ini dapat membebaskan kulit dari sebum berlebih dan membuat kulit cerah.
  • Almond dan Madu : Campurkan sedikit bubuk kacang almond dan madu. Pijat lembut di permukaan kulit wajah. Setelah 10-15 menit bilas hingga bersih.
  • Oatmeal dan Aloe Vera : Campurkan oatmeal dengan gel aloe vera. Gosok dengan lembut di permukaan kulit wajah. Setelah 10-15 menit bilas hingga bersih.
  • Hindari melakukan scrub di bagian wajah yang berjerawat, karena dapat memperparah kondisi kulit.
  • Hindari makeup yang basah karena dapat menyumbat pori. 
  • Hindari makanan berminyak dan gula.

Cara membuat masker alami untuk kulit berminyak

  1. Aloe Vera : Bersihkan wajah secara menyeluruh dan aplikasikan aloe vera gel di permukaan kulit dan biarkan hingga mengering. Rasakan sensasi sejuk, jika gel dengan suhu dingin. Kamu dapat mengaplikasikannya 2-3 kali/ hari.
  2. Lemon, Madu, Susu : Campurkan 1 sendok teh jus lemon dengan ½ sendok madu dan sedikit susu hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada kulit wajah 10-15 menit. Selain menghilangkan kulit berminyak, masker ini pun dapat membuat wajah tampak cerah.
  3. Fuller’s Earth : Campurkan Fuller’s earth dengan air agar menjadi pasta yang lembut. Aplikasikan pada kulit wajah, biarkan selama 15 menit dan bilas dengan bersih.
  4. Fuller’s Earth, Lemon atau Jeruk: Campurkan satu sendok teh Fuller’s earth dengan ½ sendok teh jus lemon atau jeruk. Aplikasikan pada kulit wajah dan biarkan hingga mengering selama 15 menit, bilas hingga bersih.

Nah ladies, berikut merupakan cara alami yang bisa di lakukan di rumah dan dalam keseharian, namun selain cara alami, perawatan lanjutan pun perlu untuk hasil yang lebih maksimal seperti melakukan perawatan wajah di Klinik Kecantikan. Rafa Clinic siap membantu untuk mengatasi dan merawat kulit berminyakmu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s