Kulit Gatal? Bagaimana Cara Mengatasinya?

 

Beauty girl with perfect skin scratching her neck

Kulit yang gatal biasanya akan menyebabkan iritasi parah pada kulit dan sangat tidak nyaman. Berikut merupakan pembahasan mengenai bagaiaman cara untuk mengatasi dan menghentikan kulit yang gatal.

Apa itu kulit gatal: kulit gatal merupakan iritasi kulit yang dapat menyebabkan rasa ingin menggaruk. Kulit gatal merupakan masalah umum dan bisa terasa di berbagai area kulit pada tubuh. lama-lama rasa gatal akan semakin meningkat disekujur tubuh. Obat untuk kulit gatal lokal sering lebih mudah daripada gatal keseluruhan. Istilah medis untuk gatal adalah pruritus.

Gejala Kulit Gatal: Gejalanya tergantung dengan penyebab yang mendasarinya. Kulit kering merupakan penyebab umum dari kulit gatal. . Gejala umum yang berhubungan lainnya adalah ruam, lesi seperti lecet, atau kulit merah gatal atau benjolan.

Penyebab yang kurang umum, kulit gatal di seluruh tubuh, dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis kronis, seperti penyakit hati dan dalam kasus seperti itu mungkin tidak ada perubahan pada penampilan daerah kulit yang terkena.

Penyebab kulit gatal: Kulit yang gatal mungkin disebabkan oleh berbagai kondisi, yaitu seperti:

  • Alasan psikologis, seperti stres dan kecemasan.
  • Kulit kering (Xerosis)
  • Paparan UV Radiasi dari matahari untuk waktu yang lama.
  • Sengatan dan gigitan serangga , seperti kutu atau gigitan nyamuk.
  • Metabolisme dan gangguan endokrin, seperti penyakit hati atau ginjal, kanker, penyakit darah atau reaksi terhadap obat-obatan.
  • Alergi
  • Gatal di area kelamin pada pria & wanita, disertai dengan rasa terbakar dan nyeri akibat infeksi genital seperti penyakit menular seksual dan lainnya
  • kulit gatal selama kehamilan.
  • Kondisi medis yang mendasari.

Bagaimana pun, tidak perlu khawatir. Gatal di sebagian besar kasus biasanya tidak memiliki kondisi yang  serius dan dapat diobati dengan bahkan dengan cara alami di rumah.

Bagaimana cara untuk mengehentikan rasa gatal pada kulit :

1. Hindari menggaruk: Menggaruk akan semakin menambah rasa gatal pada kulit. Selain itu, menggaruk dapat merusak kulit dan membuka pori kulit sehingga terinfeksi bakteri. Jadi obat yang direkomendasikan yang pertama adalah untuk menghentikan garukan.

2. Cold Applications:

  • Hindari mandi dengan air panas : Air panas dapat memberikan rasa relax, namun dapat mengikis minyak alami kulit dan mengakibatkan  kulit kering dan gatal. Di musim dingin Anda dapat menggunakan air hangat-hangat kuku.
  • Terapkan cold applications ke daerah kulit yang gatal untuk mendapatkan bantuan segera. Dapat dilakukan dengan cara:

–Nyalakan air tepat di atas area kulit yang gatal atau tempatkan kain yang bersih, lembut dan dingin di atas kulit yang gatal.

–Mandi dengan air dingin

–Gunakan es batu yang dimasukan kedalam kantong plastik, dan tempelkan pada kulit yang gatal

3. Moisturizer: Dari kebanyakan kasus, moisturizer sangat membantu untuk menghentikan rasa gatal. Aplikasikan moisturizer dengan kualitas yang baik pada kulit setelah mandi. Moisturizer akan mengunci kelembaban dan membantu dalam mencegah kulit kering, karena kulit kering selalu memperburuk rasa gatal.

4. Memilih moisturizer yang baik

  • Menggantikan lotion, gunakanlah krim pelembab (bahkan lebih baik adalah salep). Lotion yang diencerkan dengan air atau alkohol dan dengan demikian tidak terlalu efektif untuk kulit kering, gatal dan pecah-pecah. Untuk kulit kering yang gatal, krim pelembab merupakan solusi terbaik.
  • Meskipun petroleum jelly berminyak, namun merupakan obat yang sangat efektif untuk menghentikan rasa gatal. Petroleum jelly dapat memberikan efek yang sangat menenangkan pada kulit gatal. Ulangi pengaplikasiannya sehari 2x.

5. Hindari Produk Keras: Hindari menggunakan sabun atau deodorant yang keras saat sedang mengalami kulit gatal. Sebaliknya menggunakan produk bahan kimia bebas, tidak beraroma kuat dan yang berbahan ringan.

6. Cara natural untuk mengatasi kulit gatal:

 (i) Baking soda: Memiliki sifat menghentikan kulit gatal hampir di semua jenis jkulit. Campurkan satu cangkir baking soda ke bak air hangat-hangat kuku. berendam dalam air campuran tersebut selama 30 sampai 60 detik dan biarkan mengering sendiri. Dapat juga mengaplikasikan baking soda dalam bentuk pasta langsung ke area yang gatal. Caranya campurkan 3 sendok baking soda dengan air aduk hingga membentuk cairan pasta dan aplikasikan langsung di area yang gatal.

 (ii) Oatmeal : Tambahkan 1 sampai 2 cangkir oatmeal kedalam air hangat-hangat kuku dan berendamlah didalamnya. Oatmeal sangat mudah didapat seperti di toko kecantikan, tinggal ikuti langkah-langkahnya. Setelah berendam, keringkan tubuh lalu gunakan moisturizer.

 (iii) Juniper Berries: Juniper berries mengandung zat anti-inflamasi. Anda juga bisa mencampurnya dengan cengkeh, yang mengandung eugenol untuk ujung saraf mati rasa. Untuk membuat salep, cairkan 3 ons mentega. Dalam panci terpisah cairkan segumpal lilin lebah sekitar 2 sendok makan. Campurkan mentega cair kedalamnya dan aduk rata. Tambahkan lima buah juniper berries dan tiga sendok teh cengkeh lalu aduk seluruh campuran ini untuk membuat salep. Aplikasikan ke daerah kulit yang gatal.

(iv) Mint Application: Mint mengandung jumlah mentol yang cukup, memiliki sifat anestesi dan anti-inflamasi bila diterapkan secara topikal. Mint juga mengandung asam rosmarinic anti-inflamasi yang cenderung menyerap dengan cepat ke dalam kulit. Tambahkan 1 ons daun mint kering ke dalam 1 liter air mendidih. Biarkan hingga dingin. Saring dan celupkan kain lap lembut bersih ke cairan tersebut dan aplikasikan pada kulit untuk mengobati kulit gatal.

(v) OTC Ithcy Skin Creams: Jika mengalami kulit gatal yang tidak terkendali sebaiknya langsung gunakan OTC over-the-counter cortisone cream atau salep yang bisa terdapat di apotek. Bisa juga untuk meminta resep dari dokter kulit sekaligus berkonsultasi mengenai masalah kulit gatalmu.

Nah ladies, jika mengalami kulit gatal usahakan untuk tidak menggaruknya karena akan memperparah kondisi kulit dan menimbulkan masalah kulit lainnya.Dapatkan solusi untuk kulit gatal hanya di Rafa Clinic🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s