Collagen Skin Care Natural Tips

carrousel-image_3

Beberapa orang mungkin sudah tahu bahwa kolagen sangat penting untuk kulit, karena dapat mencegah munculnya kerutan, namun apakah Anda tahu arti dari kolagen?

Apa itu kolagen?

Kolagen adalah sejenis protein yang dibentuk oleh sel-sel kulit yang dapat mendukung struktur kulit tetap padat, tetap kencang dan elastis.

Ketika usia muda, kulit tampak kuat, kenyal dan halus seperti selalu memperbaharui kembali kolagen itu sendiri. Namun ketika menua, produksi kolagen mengurang dan kolagen yang ada dapat terganggu karena paparan sinar matahari, polusi dan pola hidup yang tidak sehat.

Don’t worry ladies, karena ada beberapa cara untuk menjaga dan melestarikan kolagen dan juga produksi kolagen yang baru.

Bagaimana cara meningkatkan produksi kolagen?

1. Mengkonsumsi Vitamin C dan Collagen : Penelitian di American Journal of Nutrition mempublikasikan bahwa wanita di atas 40 tahun yang sering mengkonsumsi vitamin C rentan mendapatkan kerutan dibandingkan yang tidak.

“Vitamin C sangat penting untuk pembentukan kolagen – tanpa itu asam amino tidak dapat di hubungkan untuk membentuk protein.” – Jo Travers, dietitian

Berikut merupakan beberapa sumber Vitamin C: Cabai, sayuran berdaun hijau gelap, brokoli, tomat, jeruk, dan kiwi.

Skincare products juga ada beberapa yang mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk memfasilitasi perbaikan kolagen. Produk tersebut umumnya memiliki asam L-askorbat, ascorbyl palmitate atau ascorbyl phosphate.

2. Hindari merokok: “Merokok menciptakan enzim yang disebut matriks metalloproteinase (MMPs) yang merusak kolagen di kulit , maka tanda-tanda kulit kendur muncul pada perokok.” – Dr. Nick Lowe, Consultant Dermatologist.

3. Terlindungi dari sinar matahari: Paparan sinar matahari merupakan alasan yang dapat meningkatkan kerusakan kolagen. “ paparan sinar UVA menembus jauh ke dalam kulit dan merusak struktur pendukung kolagen” – Dr. Nick Lowe, Consultant Dermatologist.

Tips: Gunakan SPF 15 dalam sunscreen, day cream dan body lotion.

4. Membatasi mengkonsumsi makanan manis: Makanan manis mengikatkan proses penuaan pada kulit melalui proses yang dikenal sebagai glycation. Proses ini menyebabkan kelebihan gula dalam darah untuk mengikat pada lipid, asam nukleat dan protein (terutama kolagen) untuk menghasilkan “produk akhir glikasi tingkat lanjut” atau AGEs yang meningkatkan proses penuaan dan menyebabkan keriput.

The Sugar Detox: Menurunkan berat badan, merasa sehat tampak lebih muda “: Mengkonsumsi terlalu banyak gula dapat merusak kecantikan. – Dr Patricia Farris

5. Menghasilkan kolagen dengan cara exfoliasi: “ Melalui proses pengelupasan Anda dapat menghilangkan lapisan kulit mati di permukaan kulit. Hal ini menyebabkan percepatan proses peremajaan kulit dan pembaharuan kolagen alami.” – Amanda Elias

6. Menggabungkan Antioksidan Dalam Perawatan Rutin Kulit: Antioksidan menjaga kulit dari radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan kulit. Radikal bebas berarti sel kulit yang rusak, sel kulit bebas ketika kehilangan elektron sedangkan sel sehat memiliki dua elektron, sel yang rusak hanya memiliki satu. Akibatnya, radikal bebas mengikatkan ke sel kulit yang sehat untuk mengekstrak elektron yang mereka butuhkan, sehingga sel kulit yangs sehat menjadi rusak.

Antioksidan membantu untuk menunda penuaan dini pada kulit dengan menyeimbangkan radikal bebas sehingga mereka tidak perlu memakan sel-sel kulit yang sehat.

Tips: Teh hijau kaya akan antioksidan yang biasa disebut catechin. Makanan lain seperti sayuran berdaun hijau (bayam) merupakan sumber lutein, merupakan antioksidan yang sangat baik, dan juga cobalah untuk menggunakan cream dan serum dengan kandungan antioksidan

7Konsumsi Protein: Menopause dapat menimbulkan garis halus dan kerutan di kulit, karena ketika menua, intensitas estrogen Karena estrogen sangat berpengaruh untuk pembentukan kolagen yang sehat.

Kacang-kacangan, kedelai, kacang pinto dan hummus merupakan sumber yang baik dari tanaman estrogen (fitoestrogen), yang dapat mengimbangi konsekuensi dari kehilangan estrogen. Untuk yang mengalami menopause, sebaiknya gunakan krim yang mengandung fitoestrogen.

8. Retinol : “Retinoid mengurangi zat dalam kulit yang dapat memecah kolagen setelah terkena paparan sinar matahari dan juga menargetkan reseptor di kulit yang dapat meningkatkan produksi kolagen” – Dr Maria Gonzalez

Pertimbangkan untuk menggunakan krim retinol karena terkenal memiliki sifat yang membantu mengintensifkan produksi kolagen.

9. Massage : “Memijat wajah setiap hari akan membantu meningkatkan produksi kolagen, memberikan penampilan kulit yang lebih kencang dan kenyal serta membantu merangsang kelenjar getah bening untuk mendukung kulit yang bersih” – Nichola Joss, Sanctuary Spa Skincare Expert

Nah ladies, itulah beberapa infomasi mengapa kolagen dalam kulit sangat penting dan perlu di jaga serta bagaimana cara untuk meningkatkan produksi kolagen. Untuk perawatan meningkatkan produksi kolagen Rafa Clinic siap membantu dengan produk dan treatment sesuai kebutuhan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s