Kesalahan Merawat Kulit Yang Membuat Penampilan Tampak Tua

Hampir semua wanita dan pria menginginkan kulit wajah bebas masalah kulit, entah itu jerawat/ bekasnya, noda hitam akibat paparan sinar UV. Namun untuk mendapatkannya diperlukan perawatan dan pola hidup yang baik seperti tidak memencet jerawat atau selalu menggunakan tabir surya. Berikut merupakan hal-hal yang dapat merusak kecantikan kulit, yaitu :

1. Mencuci wajah terlalu sering atau tidak sama sekali

landscape-1453483156-womanwashingherface
Mencuci muka dua kali sehari wajib dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan kotoran dan debu dari pori-pori wajah. Namun, hindari mencuci wajah lebih dari dua kali. Sebab, mencuci wajah secara berlebihan akan mengikis keberadaan minyak alami, dan kulit akan memproduksi msebum berlebih yang menyebabkan jerawat dan membuat wajah terlihat mengkilap.

2. Mandi dengan air panas

hot-shower
Idealnya, Anda harus mandi dengan air dingin, tetapi jika  tidak tahan maka gunakan air hangat saja. Air panas akan membuat kulit kering dan pori kulit terbuka lebih lebar sehingga kulit rentan terkena kotoran dan bakteri.

3. Memencet jerawat

tratamiento-acne-mujer-adulta-538x218
Semua orang sudah tahu bahwa jerawat begitu mengganggu sehingga kebanyakan orang memilih jalan pintas memencet jerawat. Ingat, kebiasan ini merupakan salah satu penyebab utama munculnya jaringan parut. Jadi, saat berjerawat, ingatkan diri agar menghindari menyentuh wajah secara langsung.

4. Tidak minum cukup air sepanjang hari

woman-drinking-water
Pikirkan sel-sel kulit Anda seperti halnya balon air. Sekarang, isi balon tersebut dengan penuh air, dan lainnya hanya setengah penuh. Jika Anda membayangkan dengan tepat, maka balon pertama terlihat tegas dan halus. Sedangkan, balon air yang kedua akan terlihat lebih keriput dan kendor. Begitu pun dengan kulit Anda. Jadi, pastikan Anda minum cukup air setiap hari.

5. Tidak mencuci wajah sebelum tidur

Women-fashion-black-spot-remover-tools-make-up-brush-for-lady-girls-beauty-care-for-facial
Kulit melakukan peremajaan ketika sedang tidur. Proses ini tidak efektif jika kotoran dan keringat yang menyumbat pori-pori tidak dibersihkan sebelumnya. Oleh karena itu mengapa sangat penting untuk mencuci wajah sebelum  tidur  untuk mendapatkan kulit sehat.

6. Mandi sampai merasa sangat bersih

Anda mungkin sering berlama-lama mandi karena tak yakin tubuh sudah bersih. Sayangnya, pola seperti itu akan membuat minyak alami tubuh hilang, dan membuat kulit menjadi kering serta tak terlindungi dengan baik. Untuk mendapatkan kulit yang lebih baik, batasi waktu mandi. Jangan terlalu lama dan hindari menggosok terlalu keras.

7. Tidak mencuci seprai

Anda wajib mengganti sarung bantal dan seprai setiap minggu. Kulit merupakan gudang sel-sel mati saat tidur. Kulit menyedot debu dan kuman yang menempel pada sarung bantal dan seprai. Ketahuilah, kuman tersebut dapat menyebabkan jerawat tanpa disadari.

8. Tidak menggunakan tabir surya

sun-cream_2912502b
Sering diabaikan, padahal menggunakan tabir surya (sunscreen) sangat penting. Meskipun hujan atau cerah, musim panas, atau musim dingin,  tetap harus mengoleskan tabir surya sebelum meninggalkan rumah setiap hari. Sinar UV dari matahari tidak hanya menyebabkan kanker kulit, juga membuat kulit terlihat tua. Mulai sekarang, gunakan tabir surya secara rutin, baik pria maupun wanita.

9. Tidur masih memakai riasan wajah

11973640_f520
Makeup dapat menyumbat pori dan menghalangi kulit bernapas. Jangan pernah tidur dengan masih menggunakan makeup. Menghapus riasan wajah tidak sulit. Anda hanya butuh waktu dua menit. Cara ini untuk mencegah jerawat dan kulit kusam.

10.  Menggunakan kuas kotor

z_Brushes
Kuas makeup menjadi sarang bakteri. Jadi jika tidak membersihkan kuas secara teratur, sama saja Anda akan menempelkan sekitar satu juta kuman ke kulit wajah. Setiap sebulan sekali atau maksimal dua bulan, rendam semua kuas dan sikat makeup ke dalam air panas. Lalu, cuci dengan sabun dan gosok lembut.

11. Gaya hidup tidak sehat

woman-eating-fast-food-alone
Apabila ingin kulit yang sehat, tiga hal yang perlu di lakukan yaitu tidur yang cukup, makan makanan sehat, dan berhenti merokok. Kulit membutuhkan antioksidan dalam buah-buahan dan sayuran untuk memperbarui diri dan menjaga penuaan dini. Mengapa merokok dilarang? Sebab, rokok akan merusak pembuluh darah dan mencegah produksi kolagen yang penting dalam membuat kulit halus dan elastis.

Nah ladies, sudah tahukan penyebabnya apa aja, selain melakukan perawatan dengan rutin di klinik kecantikan, salon atau perawatan sederharana dirumah sangat penting untuk mengatur pola kebiasaan. Jika sudah terlanjur Rafa Clinic siap membantu untuk mengatasi masalah kulitmu dengan treatment serta produk yang sesuai kebutuhan🙂 Be beauty with Rafa Clinic😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s