CARA MENGATASI KULIT WAJAH YANG RUSAK AKIBAT KOSMETIK

5-Hal-yang-Perlu-Diketahui-Saat-Mencoba-Skincare-Baru-2

Keinginan untuk mendapatkan kulit yang cantik dengan cara instan seringkali mengakibatkan kecerobohan serta ketidakpedulian terhadap efek samping dari produk yang dipakai.

Rendahnya pengetahuan terhadap efek yang ditimbulkan oleh produk pemutih wajah yang beredar di pasaran, serta keliru memilih cara menghilangkan flek hitam dan juga jerawat padahal mengandung zat berbahaya seringkali menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Karena, bukan solusi yang didapatkan, melainkan permasalahan baru yang muncul kemudian dengan ekses yang lebih berat dari sebelum menjalani perawatan. Tidak heran bila sekarang makin sering kita temukan wanita muda bahkan remaja yang memiliki wajah yang rusak akibat produk kosmetik, seperti jerawat parah, kulit mengelupas hebat dan flek yang lebar.

Diperlukan konsumen cerdas untuk menghindari dari resiko penggunaan produk kosmetik berbahaya yang dapat membuat kulit rusak. Sehingga sangat disarankan bagi konsumen untuk lebih teliti dalam membeli produk kosmetik, dan baiknya jika hanya menggunakan dan membeli produk kosmetik yang sudah pernah dipakai dibanding mencoba menggunakan produk kosmetik yang belum jelas dan dapat berbahaya bagi kesehatan kulit wajah.

Berikut merupakan cara untuk meminimalisir terjadinya penggunaan kosmetik berbahaya, yaitu:

Tips cara mengurangi resiko dari kosmetik berbahaya

1. Jangan suka mencoba membeli produk baru yang belum jelas kualitas dan reputasinya.

2. Segera hentikan penggunaan kosmetik baru jika :

  • Saat pemakaian kosmetik kulit wajah menjadi gatal.
  • Saat pemakaian kosmetik kulit wajah terasa panas.
  • Saat pemakaian kosmetik kulit wajah memerah.

Catatan: Tips ini berlaku untuk kamu yang baru akan memulai atau mencoba kosmetik.

Lalu bagaimana dengan yang wajahnya sudah “terlanjur” rusak akibat penggunaan kosmetik? Berikut merupakan caranya :

Mulai Hidup Sehat

Detoksifikasi bermanfaat untuk menghindari risiko adanya akumulasi racun, sehingga bisa secara berangsur dikurangi.

Pertama, meringankan beban racun. Jauhi alkohol, kopi, rokok, gula halus dan lemak jenuh, yang semuanya bertindak sebagai racun dalam tubuh dan penghambat untuk proses penyembuhan.

Pengganggu kesehatan lainnya adalah stres, yang dapat memicu pelepaskan hormon stres ke dalam sistem tubuh.

Olahraga seperti yoga, dan meditasi adalah cara sederhana dan efektif untuk meredakan stress.

Perbanyak Konsumsi Buah

Sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah terutama buah dengan vitamin C yang tinggi. Tenyata selain jeruk dan lemon terdapat banyak buah lainnya yang mengandung Vitamin C. Seperti strawberry, kiwi, lemon, nanas dan lainnya.

Manfaat Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen secara bertahap sehingga dapat mempercepat pertumbuhan sel sel baru pada kulit.

Perawatan Wajah

Kamu dapat melakukan perawatan wajah dengan menggunakan masker alami yang dapat dibuat sendiri di rumah.

1. Masker Pepaya

Masker buah pepaya dapat menjadi salah satu solusi ampuh untuk mengatasi kulit wajah rusak akibat kosmetik.

Caranya haluskan atau lumatkan buah pepaya kemudian oleskan pada wajah secara merata sampai buah pepaya meresap pada wajah dan mengering setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara teratur 2 kali seminggu.

2. Masker Mentimun

Menggunakan masker mentimun untuk wajah yang rusak akibat kosmetik, merupakan keputusan yang tepat. Karena manfaat pada buah mentimun dapat mengengkat kulit mati pada wajah secara bertahap. Kemudian mengganti dengan kulit yang baru sehingga kulit terasa lebih kencang dan lebih segar dari sebelum nya. Selain itu efek dari penggunaan masker mentimun ini adalah dapat memberikan sensasi dingin pada wajah sehingga membuat Anda lebih mudah rileks dan menikmatinya.

Cara membuat masker buah mentimun cukup mudah yaitu siapkan buah mentimun secukup nya lalu haluskan bisa menggunakan blender namun jangan ditambahkan air. Setelah buah mentimun diblender dan sudah lembut kemudian aplikasikan pada wajah Anda secera menyeluruh dan merata kemudian biarkan hingga mengering lalu bilas dengan air bersih.

Cara ini sangat baik dilakukan sebelum tidur dan gunakan secara teratur tiga kali seminggu dan lihat hasil nya setelah 3 bulan.

Perbanyak Minum Air Putih

Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh memang berdampak signifikan terhadap kesehatan kulit baik kulit tubuh maupun wajah. Hal ini disebabkan ketika tubuh cukup dengan air maka kulit lebih mudah untuk beregenarasi dan terlihat lebih segar dan kencang namun sebaliknya ketika tubuh kekurangan cairan maka kulit cenderung kering dan mudah rusak dengan berbagai masalah kulit.

Anehnya mencukupi kebutuhan cairan tubuh sering disepelekan oleh orang saat ini padahal minum air 8 gelas atau dua liter sehari merupakan kebutuhan yang tidak bisa diabaikan. Karena manfaat minum air putih yang begitu besar seperti menetralisir racun, menghalau radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga untuk kesehatan kulit. Maka dari itu penting untuk mencukupi kebutuhan air putih minimal 2 liter sehari.

 

Nah itulah beberapa alternatif yang layak dicoba untuk mengatasi kulit wajah rusak akibat kosmetik, selain itu Rafa Clinic siap untuk membantu mengatasi masalah yang sama dengan treatment dan juga produk perawatan yang sesuai kebutuhan dan juga aman karena langsung di resepkan oleh Dokter Estetika yang berpengalaman🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s