5 Kondisi Kulit Yang Bisa Terjadi Pada Vagina

woman

Rasa gatal dapat menganggu kenyamanan wanita. Iritasi yang disertai dengan ruam atau bintik-bintik yang tidak biasa, memungkinkan ada kesalahan pada kondisi kulit. Menurut Angela Lamb, M.D., an Assistant Professor of Dermatology at The Ichan School of Medicine at Mount Sina, meskipun kamu lebih cenderung memiliki masalah dermatologi seperti munculnya eksim di lengan, bisa jadi untuk melihat kesamaan gejalanya pada vagina.

Berikut merupakan kondisi kulit yang dapat mempengaruhi area kewanitaanmu:

Eksim
Siapapun yang menderita eksim di bagian tubuh manapun mereka tahu dengan betul tentang peradangan dan kulit kering yang tidak nyaman. Pada vagina, eksim terlihat memerah dan terasa gatal. Penyebabnya bisa datang dari sabun, pembersih , minyak sehingga dapat mengiritasi kulit, berpotensi menyebabkan rasa seperti terbakar. Bagaimana cara untuk mengatasinya? Konsultasikanlah dengan dokter.

 

Lichen sklerosis
Kondisi yang langka dan kronis – ditandai dengan warna kulit putih atau merah “pekat” atau kulit kering – dapat berdampak buruk pada kulit di bagian manapun, namun tidak melibatkan bagian kulit pada vulva. Dan biasanya terjadi saat usia menopause. Namun bukan hanya itu, banyak yang  menduga sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif dan juga gangguan hormon dapat menyebabkan Lichen sklerosis. Jika kamu mengalaminya sebaiknya lakukan biopsi untuk memastikannya.

 

Psoriasis
Sangat disayangkan, psoriasis dapat mempengaruhi vagina. Jenis yang paling umum dari psoriasis yang dampak buruk bagi perempuan yaitu inverse psoriasis. Hal ini biasanya ditandai dengan luka merah yang kering dan juga bisa muncul di lipatan paha. Meskipun tidak ada obat untuk psoriasis, steroid dan perawatan topikal non-steroid dapat membantu meringankan rasa sakit. Peringatan: Karena kulit vulva lebih sensitif dibandingkan bagian lain dari tubuh, kamu perlu berhati-hati terhadap kandungan bahan aktif pada salep yang digunakan. Pilihan lain untuk pengobatan termasuk pada perubahan gaya hidup seperti diet, olahraga, dan mengendalikan stress.

 

Contact Dermatitis
Pernah mencoba produk terbaru seperti minyak dan sabun pembersih untuk vagina dengan wangi yang sangat harum seperti sabun mandi? “jika terlalu banyak menggunakan parfum atau sabun di daerah kewanitaanmu, maka akan menyebabkan contact dermatitis. Setelah itu kulit akan terasa terbakar dan gatal, dan bisa melepuh. Dengan menyingkirkan produk seperti dengan bau menyengat dan sebaiknya selalu menggunakan sabun yang tidak diberi pewangi.

Vitiligo

Bercak putih terdapat di daerah kewanitaan bisa menjadi tanda vitiligo, yaitu gangguan kulit dimana sel-sel kulit penghasil pigmen rusak. Dokter menganggap masalah itu berhubungan dengan autoimun , dan mungkin genetic.

Nah ladies, ga ada salahnyakan untuk mengetahui masalah kulit yang bisa terjadi pada area kewanitaanmu. Untuk itu mulailah untuk selalu menjaga area sensitifmu dan jika sudah terlanjur terjadi konsultasikan kepada dokter. Take care🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s