6 Hal Yang Dapat Terjadi Pada Kulit Saat Olahraga

Student-Summer-on-Gym

Olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun melakukan kesalahan tertentu dapat menyebabkan jerawat, pengembangan ruam atau lebih buruk. Berikut merupakan hal yang dapat merusak kulit saat olahraga dan bagaimana cara memperbaikinya.

 

Kulit Infeksi karena peralatan olahraga yang kotor

Mesin/peralatan olahraga di tempat gym tentunya digunakan bersama setiap harinya, sehingga menyebabkan kuman dan bakteri dengan mudah menyebar dan menempel pada kulit. Oleh karena itu dapat menyebabkan beberapa infeksi kulit.

Solusinya: Jika memungkinkan, bersihkan setiap peralatan olahraga yang akan digunakan, dan jangan pernah menyentuh wajah sebelum membersihkan tangan. Menyentuh mesin/peralatan olahraga lalu langsung menyentuh wajah sama saja dengan menyambut datangnya bakteri penyebab jerawat dan infeksi lainnya.

Munculnya ruam karena olahraga di lingkungan yang panas

Panas dan lembab dapat menyebabkan produksi keringat lebih banyak, sehingga memicu munculnya ruam.  Kondisi ini, biasa ditandai dengan munculnya bintik kecil merah muda  yang terlihat mirip dengan jerawat, bisa muncul di sekitar lipatan kulit dan daerah yang sering terjadi gesekan oleh pakaian.

Solusinya: Jika berencana untuk jogging atau bersepeda, mulailah mencari tempat yang teduh untuk beristirahat, atau ruangan yang ber-AC. Hidrasi kembali tubuh dengan banyak minum air putih. Aplikasikan kompresan es untuk beberapa bagian yang berpotensi terkena infeksi dan ruam untuk mengatasinya.

Hiperpigmentasi karena olahraga diluar ruangan tanpa menggunakan SPF

Paparan sinar UV akan dapat merusak kecantikan kulitmu, karena menyebabkan kerusakan kolagen.

Solusinya: Jika akan berolahraga di luar ruangan, sangat penting untuk mengaplikasikan sunscreen di semua bagian kulit , aplikasika 30 menit sebelum dan gunakan lagi sesudah olahraga.

Jerawat karena menggunakan pakaian olahraga yang ketat

Gerah dan panas saat berolahraga , ditambah menggunakan pakaian olahraga yang ketat akan menyebabkan keringat dan bakteri terperangkap didalamnya. Karena keringat  menciptakan lingkungan yang lembab  di mana bakteri dapat berkembang dan menyebabkan jerawat.

Solusinya: Cara terbaik untuk mencegah tumbuhnya jerawat , segeralah mandi setelah olahraga dan gunakan sabun dengan kandungan benzoyl peroxide  , karena bermanfaat untuk mengikis sebum berlebih, bakeri, kotoran dan lainnya.

Luka lecet karena gesekan pada kulit

Ketika kulit secara berulang tergesek oleh pakaian bisa dapat menyebabkan lecet dengan sensasi terbakar.

Solusinya: Olahraga dengan pakaian yang halus dan hindari pakaian longgar pada daerah sensitif. Jika terjadi lecet, bersihkan dengan air hangat atau dingin dan sabun yang lembut serta terapkan salep antibiotik, biarkan tertutup untuk mempercepat penyembuhan.

Kaki kapalan akibat mandi dengan telanjang kaki

Jamur dapat menyebabkan kapalan, yaitu ruam bersisik yang dapat menyebabkan gatal-gatal, perih, dan terasa terbakar antara jari kaki, dapat ditemukan di lantai dan kamar mandi di tempat olahraga atau umum. Dapat juga berisiko tertular onikomikosis, infeksi jamur yang menyebabkan kuku menebal, rapuh, dan mengeras serta berwarna kuning.

Solusinya: Cara terbaik untuk melindungi kaki saat mandi di tempat olahraga, selalu gunakan sandal – bahkan ketika akan ke ruang ganti. Dan jika kamu khawatir gunakan OTC krim seperti kortison, yang dapat membersihkan infeksi paling berbahaya.

Nah ladies, rutinlah berolahraga untuk menjaga stamina tetap fit sekaligus mempercantik diri karena olahraga pun bermanfaat bagi kulit, berat badan dan penampilan estetika lainnya. Jika sudah terlanjur mengalaminya jangan khawatir karena RAFA CLINIC siap membantu dengan pengobatan produk dan perawatan🙂 Be healthy , be beauty🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s