Dampak Positif dan Negatif Berenang Bagi Kulit

woman-swimming-underwater

Berenang merupakan salah satu dari kegiatan olahraga, selain menyenangkan juga bermanfaat. Namun saat menghabiskan waktu di dalam air, dapat mengganggu kesehatan kulit. Kebanyakan orang mengeluhkan masalah pada kulit seperti kulit kering, jerawat, kulit terbakar matahari dan lainnya yang didapatkan setelah berenang. Berikut adalah alasan mengapa timbulnya masalah kulit saat berenang, yaitu :

1. Klorin & Kulit Kering

Berenang di air yang mengandung klorin dapat mengikis minyak alami kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan membuat kelenjar sebaceous memproduksi sebum berlebih sehingga menyumbat pori dan akhirnya menimbulkan jerawat.

2. Skin Rashes (Ruam)

Salah satu masalah kulit yang disebabkan saat berenang adalah ruam. Berenang dapat menyebabkan gatal-gatal dan ruam merah sama seperti keadaan kulit dehidrasi. Ruam dapat melepuh dan menyebabkan rasa perih.

3. Tanda Penuaan Dini

Karna pengikis kulit, klorin akan dengan cepat menyerang epidermis dan menghilangkan semua minyak alami kulit (pelindung) serta protein sehingga kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Seiring berjalannya waktu, kulit akan semakin melemah dan kerusakan berkepanjangan itulah yang menimbulkan garis-garis halus dan kerutan dini.

4. Sun Damage

Saat berenang, daya tahan tubuh melawan kondisi kulit seperti kulit kering dan ruam agar berkurang dari hari ke hari, sehingga membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap kerusakan sinar matahari.

5. Mandi air panas

Mandi dengan air panas setelah berenang merupakan tindakan yang tidak baik bagi kulit karena akan lebih memicu masalah kulit. Air hangat dapat membuat klorin semakin terserap pada kulit, dan memperburuk keadaan kulit kering.

6. Peningkatan Racun

Setiap kali berenang, maka akan membuat penyerapan racun pada tubuh lebih banyak. Di antara masalah kulit yang disebabkan saat berenang, hal inilah yang paling utama karena dapat membuat kulit jadi lebih kering dan menyebabkan kulit pecah-pecah bila terkena angin.

 

Namun, berenang dapat memberikan keuntungan pada kulit, asalkan selalu mencuci dan melembabkan kulit sebelum dan setelah berenang.

Klorin

Meskipun klorin dapat menyebabkan kulit menjadi kering, iritasi dan jerawat namun juga dapat mengurangi dinding sel bakteri dan memurnikan molekul air di kulit. Hal ini dapat menguntungkan bagi penderita jerawat. Selalu ingat untuk membersihkan kulit dari bahan kimia setelah berenang hingga bersih, dan pastikan selalu menggunakan pelembab untuk menghindari kekeringan.

Cardio

Berenang tentunya merupakan olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan pada jantung dan metabolisme,  membantu dalam menghilangkan racun dalam kulit, sehingga dapat membersihkan sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pori

Tempat Terbaik Untuk Berenang

Salah satu penelitian menyatakan bahwa berenang di laut memiliki manfaat bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mengurangi keluhan kulit, sakit dan nyeri, serta menghilangkan alergi.

Nah ladies, sekarang sudah tahukan dampak positif dan negatif dari berenang oleh karena itu mulai rutinlah berenang namun untuk mengatasi masalah yang terjadi setelah berenang gunakanlah sunblock sebelum berenang dan moisturizer setelah mandi tetap lindungi kesehatan dan kecantikan kulitmu . Jika kamu terlanjur mengalami kulit terbakar Rafa Clinic siap membantu dengan Treatment Jet Cool :) Be Smart and beauty🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s