8 MAKANAN YANG BURUK BAGI KULIT

Pernah mendengar kata “ You are what you eat” ? maksudnya kondisi tubuhmu dapat mencerminkan apa makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Misalnya kamu pengidap diabetes berarti terlalu banyak mengkonsumsi gula. Pengaruh dari makanan pun tak hanya pada kesehatan namun pada kecantikan kulit juga. Berikut beberapa makanan yang perpengaruh buruk bagi kulit :

1.     Proses membungkus Makanan Yang Tidak Benar

plasticContainersCTGY

Saat proses pembukusan, enzim dalam makanan akan terpecah dan lama-lama hilang. Selain itu, makanan dalam kotak sering memiliki kadar air yang rendah. Semua makanan,  terutama buah-buahan dan sayuran dalam keadaan belum diolah, memiliki  kandungan air lebih tinggi dan baik untuk menambah hidrasi yang diperlukan tubuh. Oleh karena itu mengapa cara membungkus makanan harus dilakukan dengan benar agar kandungan baik dalam makanan tidak hilang.

2.      Susu

milka2master

Banyak sapi perah yang memiliki hormon fed (makanan tambahan) untuk menjaga sapi agar tetap memproduksi susu sepanjang tahun, dengan cara menggandakan produksi susu mereka. Saat mengkonsumsi produk susu (yoghurt, ice cream, keju dan lainnya) maka hormon fed secara tidak langsung masuk dalam tubuh dan hormon tersebut dapat memperparah jerawat.

3. Makanan Berminyak

Fries_cooking

Minyak yang digunakan berulang seperti minyak yang menggoreng kentang di restoran memiliki kualitas buruk, karena lemak ini lebih tebal dan tidak terdetoksifikasi oleh tubuh. Sehingga dapat memicu penyakit jantung, sirkulasi darah yang buruk dan melemahnya proses metabolisme. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dibutuhkan sirkulasi darah dan metabolisme yang lancar. Sistem tubuh yang lemah menyebabkan kurangnya oksigen pada kulit, memperlambat produksi kolagen dan elastin sintesis yang diperlukan untuk kulit tetap kencang dan cantik

4. Pemanis Buatan, Pewarna dan Perasa Makanan

food-coloring

Pemanis, pewarna dan perasa makanan merupakan satu set bahan kimia yang seharusnya tidak masuk ke tubuh kita. Karena tidak mengandung nilai gizi, dan paling buruk dapat mengiritasi tubuh dan menimbulkan peradangan.

5. Supplement Kualitas Buruk

pills

Banyak orang mengkonsumsi supplement secara teratur, namun kebanyakan juga tidak tahu benar apa yang terkandung dalam supplement tersebut. Terlalu banyak mengkonsumsi supplement yang mengandung Vit A or Zinc tanpa pengawasan dokter ahli akan membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikanlah dengan dokter sebelum mengkonsumsi supplement.

6. Gula

murder-sugar

Gula dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan ketika sistem kekebalan tubuh sedang turun, tubuh jadi tidak efektif untuk melawan bakteri yang menjadi penyebab jerawat dan masalah kulit lainnya. Oleh karena itu mengapa gula dapat memberi efek negatif pada kulit.

7. Kafein Berlebih

coffee1

Penelitian menunjukan 1-2 cangkir minuman berkafein merangsang respon hipofisis-adrenocortical, yang menyebabkan peningkatan kadar kortisol dalam tubuh. Kortisol berlebih (juga dikenal sebagai hormon stres) telah terbukti mempercepat proses penuaan dan merusak kulit, serta penipisan kulit. Kulit yang tipis akan semakin rentan mengalami garis halus, kerutan dan kulit dehidrasi.

8. Gluten

Bread group

Gluten merupakan protein yang terdapat dalam gandum dan biji-bijian lainnya. Namun sayangnya, penelitian menunjukan bahwa 40% orang dewasa memiliki masalah sensitif atau intoleransi terhadap gluten atau gandum. “ Ketika mengalami peradangan dalam tubuh, maka hal tersebut akan telihat pada kulit”. Oleh karena itu cara untuk mengetahui alergi gluten atau tidak yaitu dengan berkonsultasi dengan dokter. Beberapa makanan gluten yang harus di hindari yaitu pasta, roti, crackers, kue, oats, pizza, beer, jelly, dan gandum hitam.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s