PERUBAHAN IKLIM PICU KULIT KERING

dry_skin_foods

Dulu iklim di Indonesia dapat diprediksi, enam bulan musim kemarau dan sisanya musim hujan. Sekarang cuaca sudah mulai berubah, dalam satu minggu saja perubahannya bisa terjadi, kadang cuacanya bisa sangat panas, dan tiba-tiba turun hujan.

Perubahan iklim sendiri sangat berdampak besar bagi kehidupan, baik dari segi lingkungan, kesehatan, bahkan kondisi kulit sekalipun. Contohnya saja banyak orang mengalami flu, batuk, bahkan demam karena adanya perubahan cuaca. Hal ini disebabkan banyaknya virus penyakit yang bertebaran kala musim dingin. Namun, bukan hanya itu sebenarnya yang mesti diwaspadai, masalah kulit akibat cuaca dingin juga perlu diperhatikan.

Cuaca dingin cenderung membuat kulit kering sehingga kita pun akan lebih lemah dan rentan terhadap segala macam penyakit. Kulit berkerak, kering dan gatal-gatal, semua itu gejala masalah kulit di musim dingin. Kulit wajah yang kering terlihat tidak segar dan kuyu. Kulit wajah kering dapat disebabkan oleh kurangnya perawatan, cuaca dan hilangnya pelembab alami kulit atau NMF (Natural Moisturizing Factor). NMF terdiri dari campuran senyawa watersoluble seperti asam amino yang mengikat air. Sel-sel kulit yang membentuk lapisan terluar dari epidermis, yang dikenal sebagai stratum korneum, memproduksi dan mengandung NMF sebagai pelembab alami kulit sehingga mencegah terjadinya keretakan, penyisikan dan pengelupasan pada kulit.

Namun dalam kondisi tertentu, seperti pada musim dingin, kondisi atopik dermatitis, dan sensitivitas deterjen menyebabkan NMF menjadi kurang mampu memberikan perlindungan yang memadai,  sehingga diperlukan suatu tambahan perlindungan bagi kulit, yaitu perawatan kulit.

Perhatian  khusus perawatan kulit saat musim dingin sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap elastisitas kulit di kemudian hari. Tidak adanya kelembapan kulit mengakibatkan kulit mengalami kekeringan dan retak-retak, jika kondisi semakin parah, Anda harus mengonsultasikannya ke dokter ahli, agar penangannya tepat dan disesuaikan dengan kondisi kulit Anda pada saat itu.

Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kekeringan pada kulit:

Perawatan harian

  • Gunakan krim pelembab dua kali sehari, pagi dan malam, hal ini dapat mengembalikan kelembapan alami kulit dan mencegah terjadinya dehidrasi pada kulit.
  • Walaupun cuaca dingin, krim tabir surya tetap harus digunakan, karena sekalipun tidak ada terik sinar matahari yang terlihat, sebenarnya mata hari masih mengeluarkan sinar yang tidak terlihat oleh kasat mata.
  • Baiknya Anda mengganti sabun muka dengan susu pembersih, karena susu pembersih lebih banyak mengandung pelembab.
  • Jangan lupa untuk selalu menggunakan toner setelah Anda membersihkan muka, karena toner dapat mengembalikan pH alami kulit.
  • Menggunakan lip balm yang mengandung Hindari yang mengandung mint karena akan mengakibatkan bibir menjadi lebih kering
  • Gunakan hand & body lotion yang mengandung banyak pelembab. Misalnya saja body lotion yang ada kandungan madu atau susu.
  • Untuk Anda yang bekerja di ruangan ber AC, sangat baik jika melindungi kulit dengan menyemprotkan pelembab semprot (facial spray) pada wajah. Sedangkan untuk kulit tubuh, dapat dioleskan body lotion sesering mungkin terutama setiao habis mencuci tangan.

Perawatan Mingguan

  • Anda tetap dapat menggunakan scrub, baiknya gunakan maksimal seminggu dua kali. Pada kulit kering sel kulit mati cenderung lebih banyak dan menumpuk, hal inilah yang membuat kulit terlihat lebih kusam.
  • Gunakan masker setiap satu minggu sekali, hal ini dapat mengembalikan elastisitas kulit, dan membuat kulit terlihat lebih cerah.
  • Anda juga dapat melakukan spa di tempat favorit Anda. Karena ada beberapa bagian dari tubuh yang tidak dapat dirawat sendiri, misalnya saja punggung. Maka Anda bisa memilih spa sebagai alternatifnya.
  • Jangan lupa untuk merawat bagian rambut. Gunakan selalu conditioner sehabis menggunakan shampoo, hal ini dapat mencegah kekeringan pada rambut. Anda juga dapat melakukan perawatan creambath untuk hasil yang lebih maksimal bagi rambut.

Perawatan Bulanan

  • Biasakan untuk melakukan facial di klinik kecantikan yang cocok dengan Anda. Facial merupakan perawatan kulit yang lebih dalam, sehingga hasilnya dipastikan jauh lebih baik dari perawatan sehari-hari di rumah.
  • Anda juga dapat melakukan peeling yang dilakukan oleh dokter ahli. Peeling sangat baik bagi kulit, karena dapat meregenerasi sel-sel kulit sehingga didapat kulit baru yang lebih bersih dan cerah. Baiknya peeling dilakukan di klinik kecantikan, jangan mencoba melakukan peeling sendiri di rumah, karena jika takarannya tidak tepat, bisa berakibat buruk bagi kulit.
  • Anda juga dapat melakukan suntik vitamin C, suntik vitamin C tidak hanya baik bagi kulit tapi juga baik bagi daya tahan tubuh. Anda tidak mudah terserang penyakit, terutama yang kerap muncul di musim hujan.
 Hal ini yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kulit, diantaranya:
  • Minum banyak air, bahkan lebih banyak dari biasanya. Bila tubuh terhidrasi, begitu juga dengan kulit.
  • Jangan mandi terlalu lama, terutama mandi air hangat, karena dapat membuat kulit kering.
  • Setelah mandi, keringkan dengan handuk, jangan digosok karena menggosok akan menyingkirkan sel-sel kulit dan minyak yang berfungsi melembabkan.
  • Kulit kering juga dapat diatasi dengan menjalankan diet yang kaya asam lemak baik. Ikan salmon, alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan. Itu semua mengandung minyak yang baik untuk kulit.
  • Kulit kering cenderung menimbulkan rasa gatal. Jangan menggaruk terlalu keras, karena akan semakin menghilangkan lapisan minyak yang ada di permukaan kulit yang seharusnya sedang sangat dibutuhkan.
  • Jangan menggunakan baju yang terlalu ketat karena selain menyebabkan iritasi, kulit kita butuh untuk bernafas
  • Kurangi penggunaan hairdryer karena akan mengakibatkan rambut dan kulit kepala menjadi kering.
  • Konsumsi sayuran dan buah setiap hari, untuk menjaga kulit tetap baik. Jika perlu konsumsi vitamin yang kaya vit C atau Antioksidan. Hal ini sangat baik bagi kulit untuk mencegah terjadinya kerut dini.

Be smart and beauty:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s