5 BENDA TAK TERDUGA YANG MENJADI PENYEBAB MUNCULNYA JERAWAT DI WAJAH

Jerawat memang tidak ada habisnya untuk diperbincangkan. Jerawat yang membuat Anda tidak percaya diri dapat disebabkan oleh apapun, termasuk diet, gaya hidup, genetika dan hormon. Namun apakah Anda pernah membayangkan bahwa hal-hal kecil seperti benda-benda yang digunakan sehari-hari dapat menjadi penyebab munculnya jerawat?

Berikut ini benda-benda yang mungkin tidak Anda duga, yang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah.

Pasta gigi

toothpaste-new

Jerawat yang berada di sekitar mulut bisa terjadi karena pasta gigi. Menggosok gigi setelah mencuci wajah dapat menimbulkan jerawat.  Oleh karena itu sebaiknya gosok gigi terlebih dahulu baru mencuci wajah. Penyebabnya tidak hanya dari bahan yang terkandung dalam pasta gigi, tetapi bakteri dari mulut yang keluar saat menggosok gigi dapat mempengaruhi kulit juga. Bahan-bahan penyebab yang dapat menyebabkan jerawat adalah baking soda, hidrogen peroksida, fluoridesodium lauryl sulfate, dan alkohol. Selain menyebabkan jerawat, kulit bisa iritasi dan kering. Satu lagi jangan pernah menggunakan pasta gigi untuk mengobati luka luar pada kulit. Karena, pasta gigi dapat dengan mudah mengiritasi kulit bahkan bisa menyebabkan kemerahan yang lebih parah dan pengelupasan pada kulit.

Produk perawatan rambut

shampoo-cause-hair-loss-e1440514433204

Bahan yang membuat shampoo berbusa, seperti sodium laureth sulfate dan sodium lauryl sulfate, dapat meninggalkan sisa pada kulit yang membuat bakteri dapat berkembang biak dan bahan minyak pada conditioner dapat menyumbat pori-pori.  Jadi hal terbaik yang bisa dilakukan adalah untuk selalu mencuci wajah setelah keramas. Rambut yang bergesekan dengan wajah sepanjang hari pasti terdapat unsur-unsur buruk dari udara seperti debu, asap polusi dan lainnya oleh karena itu mengapa rambut sangat perlu diperhatikan kebersihannya.

Sarung bantal

hampton-signature-pillowcases-HAM-105_xlrg

Minyak alami dari kulit dan produk yang digunakan sebelum tidur dapat menempel pada sarung bantal, hal ini dapat menyebabkan jerawat.  Oleh karena itu baiknya Anda mengganti sarung bantal setidaknya sekali seminggu, atau juga bisa membalikkan sarung bantal pada sisi yang masih bersih.

Aksesoris Gadget dan Kacamata

Ponsel, kacamata dan headphone yang digunakan , dapat menjadi tempat berkumpulnya kotoran, minyak, keringat dan bakteri dari wajah. Selain itu, tangan yang digunakan untuk menyentuh benda-benda tersebut juga tertempel banyak bakteri sehingga bisa juga menempel di wajah. Jika Anda ingin mengurangi masalah jerawat penting untuk membersihkan gadget atau aksesoris yang digunakan secara teratur.

Handuk Wajah

korean-beauty

Pasti Anda selalu ingat untuk membersihkan kuas makeup, spons dan puff  bedak secara teratur ,tapi mudah untuk melupakan kain atau handuk yang digunakan untuk mengeringkan wajah, yang menjadi tempat utama bagi bakteri dan jamur. Oleh karena itu baiknya ganti kain atau handuk untuk wajah setiap seminggu sekali.

 

Dari kelima barang tersebut, sebenarnya yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihan karena jerawat disebabkan karena pori yang tersumbat oleh bakteri. Be Smart and Beauty🙂

 

Sumber: skin.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s