TIPS MENGONTROL MINYAK DI AREA T-ZONE

Jerawat merupakan masalah kulit umum yang sering dihadapi oleh kebanyakan orang. Jerawat kerap muncul di dahi, hidung, dan dagu. Bagian wajah tersebut seringkali kita sebut T-zone. Jerawat sering muncul di area tersebut karena T-zone merupakan area kulit yang memproduksi sebum. Seperti yang kita ketahui bahwa produksi sebum yang berlebihan merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat.

Orang yang memiliki kulit berminyak atau kulit kombinasi sering kali kesulitan untuk mengontrol minyak di area T-zone ini. Hal ini terjadi karena area tersebut memiliki kelenjar sebaceous yang banyak. Kelenjar ini dipengaruhi oleh hormon, gangguan lambung, kondisi udara lingkungan yang ekstrim, polusi, dan lainnya.

Jika minyak ini menumpuk dengan kotoran atau debu di pori kulit maka jerawat pun akan muncul. Namun jika kamu termasuk orang yang memiliki masalah seperti ini, ikuti tips ampuh untuk mengontrol minyak di area T-zone berikut ini:

Jaga Pori Agar Tetap Bersih

Women-fashion-black-spot-remover-tools-make-up-brush-for-lady-girls-beauty-care-for-facial

Minyak alami kulit diproduksi oleh kelenjar sebaceous dan di keluarkan melalui pori kulit. Untuk mengontrol minyak di area T-zone kamu perlu menjaga kebersihan pori. Gunakan pembersih wajah dengan pH yang seimbang dan di formulasikan khusus bagi kulit berminyak.

Cuci Wajah

53a0562a638dd_-_cos-01-wash-s2

Mencuci wajah adalah cara terbaik untuk menyingkirkan minyak. Saat tidur tubuh mengeluarkan banyak minyak terutama di area T-zone oleh karena itu cuci wajah setiap pagi setelah bangun tidur. Gunakanlah sabun wajah yang lembut dan tidak menyebabkan kulit kering

Gunakan Pelembab Berbasis Air

Vertical image of a girl moistening skin with cream

Banyak orang yang memiliki kulit berminyak sering mengabaikan penggunaan pelembab. Kulit berminyak juga membutuhkan pelembab karena jika mengabaikannya kulit akan menjadi kering dan bisa merangsang produksi minyak berlebih. Gunakan pelembab berbasis air yang non-komedogenik atau bebas minyak. Jika kamu memiliki kulit kombinasi dapat memilih pelembab ringan untuk area T-zone dan pelembab dengan lebih tebal untuk area wajah lainnya.

Semprotkan Air Mawar

rose-water-benefits-625_625x350_71446579082

Menyemprotkan air mawar ke wajah akan menyegarkan kulit. Membawa air mawar ke mana saja saat berpergian akan sangat berguna untuk membuat kulit tetap bersinar. Kamu pun bisa mencampurkan air mawar ini dengan 4 tetes minyak essensial atau 1/3 cangkir air dan menggunakannya sebagai toner atau penyegar. Aplikasikan pada are T-zone dan tepuk-tepuk lembut sampai menyerap.

Gunakan Penyegar Organik

young woman spraying on face for skin care

Kamu bisa membuat penyegar sendiri dari tanaman organik atau jus buah atau sayuran seperti jeruk, tomat dan mentimun. Semakin seringnya mencuci wajah maka kelembaban alami kulit akan menurun sehingga dibutuhkan toner untuk mengembalikannya.

Gunakan Lemon dan Cuka

Fresh wet lemon with leaf on the garden table

Lemon dapat membantu mengontrol minyak di area T-zone. Setelah menggunakan toner, kamu bisa mengoleskan beberapa tetes perasan buah yang mengandung asam sitrat seperti jeruk nipis dan lemon. Celupkan kapas kedalam perasan jeruk nipis/ lemon dan aplikasikan kapas tersebut di wajah selama 1-2 menit. Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan cuka pada area T-zone dan membiarkannya selama 5-10 menit.

Gunakan Lidah Buaya

aloe-vera-gel-on-wooden-spoon-1

Lidah buaya sangat dikenal dapat menyehatkan jaringan kulit dan juga membantu menjaga keseimbangan pH kulit. Dengan menerapkan lidah buaya di area T-zone, minyak berlebih akan terkontrol dengan baik. Atau  juga bisa menggunakan produk perawatan kulit berbahan lidah buaya selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Lakukan Steaming Wajah

how-to-steam-clean-your-face

Bila memungkinkan atau setidaknya seminggu sekali, lakukan steaming atau uap wajah untuk membersihkan pori. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan menyiapkan semangkuk air panas kemudian tutup kepala dengan handuk dan biarkan wajah terkena uapnya. Jangan lakukan uap wajah terlalu lama karena pastinya akan membuat kulit menjadi tidak nyaman. Lakukan selama 2-4 menit saja , selanjutnya gunakan sedikit air es yang dingin untuk menutup pori-pori kulit.

Pilih Makeup Ringan

howtomakemakeuplastallday

Gunakan  makeup yang matte dan berbasis air. Hindari penggunaan makeup yang berbasis minyak atau lotion. Selain itu, gunakan tabir surya berbasis air atau gel saat  akan melakukan aktifitas di luar rumah. Bawalah peralatan makeup ringan dan kertas minyak ke manapun kamu pergi. Kertas minyak akan membantu mengeringkan minyak di area T-zone dan juga membantu mengontrol minyak di area T-zone setelah menggunakan tabir surya.

Demikian beberapa cara untuk mengontrol minyak di area T-zone. Cobalah cara alami tersebut untuk menghindari iritasi di area T-zone. Semoga bermanfaat!

Sumber: skin.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s