Tips Memperkuat Benteng Perlindungan Kulit dari Bahaya Sinar Matahari

Ketika kamu sedang mempunyai kegiatan di luar rumah dan cuaca mulai sangat panas, kamu pasti akan menghabiskan banyak waktu dengan terpapar sinar matahari. Disamping selalu menggunakan sunscreen setiap hari, berikut merupakan tips ekstra mengenai bagaimana cara untuk meningkatkan perlindungan kulit terhadap kerusakan yang disebabkan oleh matahari.

 Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan perlindungan terhadap kulit

Makanan tertentu dapat memberikan perlindungan luar dan dalam pada kulit.

1. Tomat

tomato

Tomat merupakan sumber utama antioksidan yaitu lycopene yang telah terbukti untuk melindungi kulit dari kerusakan sinar UV. Salah satu cara untuk mengurangi terkena paparan sinar matahari saat berlibur adalah dengan mengkonsumsi pasta tomat 1/4 cangkir campur dengan minyak zaitun. Konsumsilah selama beberapa hari, atau beberapa bulan  sebelum liburan.

2. Sayuran Hijau

19-greenveggies (1)

Bayam, kubis, dan swiss chard mungkin mengurangi resiko kanker kulit sel skuamosa sebesar 50 persen. Kanker jenis ini pada umumnya akan memperngaruhi kondisi kulit, rambut dan mata. Semakin gelap warna sayuran hijau maka akan lebih banyak antioksidan yang terkandung di dalamnya yang berarti dapat melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas seperti keriput dan bintik hitam yang disebabkan oleh sinar UV.

3. Ikan

o-FRESH-FISH-facebook

Ikan kaya akan asam lemak Omega-3 seperti ikan kakap merah, ikan sarden, ikan herring, salmon, dan ikan tenggiri dapat mengurangi peradangan di kulit sekaligus dapat melindungi kulit dari sengatan matahari bahkan kanker kulit

4. Biji Coklat

dallefavedicioccolatoalcioco

Kakao atau biji coklat mengandung flavonol yang tinggi serta merupakan senyawa tanaman dengan sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan sinar UV. Tetapi untuk mendapatkan manfaatnya pada kulit, perlu menggunakan kakao yang  berkualitas baik.

5. Kopi

coffee1

Kopi mengandung antioksidan, atau sering disebut dengan polyphenols untuk melindungi kulit dari sinar matahari sekaligus mencegah penuaan kulit. Minum kopi di pagi hari baik untuk sebagai salah satu cara mencegah penuaan kulit, dengan catatan tidak terlalu banyak mengandung gula dan susu.

6. Teh Hijau

green-tea-in-a-cup

Teh hijau juga mengandung banyak polyphenols yang sebagian besar adalah jenis yang catechin. Catechin yang paling sering diteliti adalah EGCG (Epigallocathecin-gallate) yaitu salah satu flavonoid yang banyak terdapat pada teh hijau. EGCG bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan melawan kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh matahari. Selain itu teh hijau juga dapat membantu menghindari terjadinya kanker kulit.

7. Buah Citrus

2012-10-13_19-03-26_362.622x621

Buah seperti strawberry, kiwi dan jeruk memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas dari sinar matahari yang menyebabkan garis halus, kerutan dan flek hitam. Buah yang kaya akan Vitamin C dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker kulit. Selain itu, kulit jeruk dan lemon dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya kanker kulit sel skuamosa.

 

Mengaplikasikan Sunscreen Terus Menerus

apply-cream

Menerapkan sunscreen pada tubuh dan wajah yang terpapar sinar matahari atau yang terbuka setiap akan memulai aktifitas luar ruangan secara teratur. Mengapa? Karena sunscreen sebenarnya lebih terakumulasi pada kulit sehingga dengan menerapkannya dari waktu ke waktu maka akan semakin memperkuat perlindungan kulit dari sinar matahari.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s