Minyak Esensial Bagi Kecantikan

Mengapa harus mencoba minyak esensial?

Minyak esensial merupakan cairan konsentrat yang terbuat dari ekstrak berbagai bagian pohon seperti, kulit pohon, akar, daun, biji, buah, batang hingga bunga melalui proses yang disebut distilasi. Minyak esensial merupakan minyak yang kaya akan manfaat dan berbau harum. Salah satu manfaat menggunakannya yaitu, dapat melembabkan rambut dan kulit, mencegah tumbuhnya jerawat bahkan mencegah penuaan. Berikut adalah beberapa minyak alami beserta manfaatnya :

Minyak Zaitun

Olive-Oil-Olives-4

Beragam khasiat minyak zaitun memang sudah bukan rahasia lagi. Terutama dalam hal kesehatan dan kecantikan kulit. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa minyak zaitun sangat berguna dalam mengatasi keriput, mengurangi lingkar hitam disekitar mata dan menutrisi kulit kering. Selain itu, dapat bermanfaat untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok.

Marula Oil

Marula-Oil-262x300

Buah Marula merupakan buah yang biasa tumbuh di Afrika Selatan, Marula oil telah digunakan oleh perempuan di Kenya selama ratusan tahun, karena dapat membantu untuk melindungi kulit mereka dari dehidrasi. Marula memiliki kandungan asam lemak esensial yang dibutuhkan kulit untuk mencegah kerusakan dari radikal bebas dan sinar matahari.

Tea Tree Oil

tea-tree-oil-1024x741

Jerawat yang meradang  disebabkan oleh bakteri yang tersumbat dalam pori. Peneliti membuktikan bahwa tea tree oil membantu membunuh bakteri penyebab jerawat yang sama efektifnya dengan benzoyl peroxide. Selain dapat mengatasi masalah jerawat Tea Tree Oil juga bermanfaat untuk kecantikan rambut, meredakan eksim dan peradangan lainnya, Sifat alami tea tree oil sebagai anti-septik dan anti-inflamasi, membuatnya menjadi salah satu minyak esensial yang wajib di miliki.

Argan

Uses-for-Argan-Oil

Minyak argan atau biasa di sebut “liquid gold” merupakan minyak esensial yang kaya antioksidan yaitu polifenol,  dapat membantu melawan efek penuaan. Para dokter estetik  pun mengatakan asam lemak Omega-3 yang terdapat dalam minyak argan dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen. Minyak argan ini cocok untuk semua jenis kulit.

Chamomile

chamomile-oil

Biasanya chamomile diolah menjadi teh yang menenangkan, juga kandungan minyak di dalamnya pun dapat menenangkan kulit. Spesialis kulit menyebutnya chamomile sebagai anti-inflamasi dan anti-septik yang dapat meminimalisir iritasi, kulit meradang dan lainnya.

Minyak Kelapa

Coconut-Oil-Web

Kulit kering dan mengelupas dapat  sangat mudah terinfeksi, teriritasi dan mengalami alergi. Minyak kelapa dapat bermanfaat sebagai pelembab sekaligus pelindung  dan meringankan kondisi kulit yang bersisik, permukaan yang kasar dan eksim (peradangan kulit).

Rosehip dan Wortel

rosehip-oil-size-50ml-organic-unrefined-cp-429-p

Vitamin A banyak di temukan dalam berbagai produk perawatan kulit, salah satunya yaitu “retinoid”, bahan yang membantu pergantian sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen, meringankan perubahan warna yang terjadi akibat jaringan parut dan stretchmark. Oleh karena itu mengapa biji rosehip dan wortel di olah menjadi minyak esensial karena sangat kaya akan vitamin A. Beberapa ahli kulit pun mengatakan bahwa biji rosehip dan wortel bermanfaat sebagai perawatan jerawat dan anti-penuaan.

Rosemary

rosemary-EO-high-quality-long

Minyak rosemary dapat membantu kamu mendapatkan rambut yang lebih tebal dan lebih bersinar. Dalam satu penelitian, perawatan menggunakan rosemary selama 6 bulan bekerja sangat baik sama seperti 2% minoxidil  terhadap androgenetic alopecia , yaitu bentuk umum dari kerontokan rambut pada pria dan wanita. Dan cenderung menyebabkan kulit kepala terasa gatal.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s