3 Penyebab Noda Hitam dan Cara Menghilangkannya

dark-spots

Noda hitam bisa menjadi penghalang besar untuk mendapatkan kulit yang bersih dan cerah. Pada umumnya, noda hitam tiba-tiba muncul tanpa kita sadari. Berikut merupakan 3 penyebab datangnya noda hitam dan cara mengatasinya :

Penyebab #1 : Jerawat

1127953_1437682952

Ketika kamu memencet jerawat (sangat tidak dianjurkan) dan membiarkannya, hal tersebut akan dapat meninggalkan bekas dalam bentuk luka atau noda hitam. Hal ini terjadi karena jerawat memberi tekanan pada kulit, sehingga produksi melanin berlebih dan menyebabkan noda hitam.

Penyebab #2: Tidak melindungi diri dari paparan sinar matahari

basal-skin-cancer

Inilah mengapa kamu harus selalu menggunakan tabir surya. Ketika kulit terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, maka akan menaikan tingkat produksi melanin dan menyebakan noda hitam pada kulit wajah dan tubuh. Noda hitam biasanya tidak akan langsung muncul dengan jelas di permukaan kulit dan biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan.

Penyebab #3 Hormon

Sebuah perubahan yang tiba-tiba dalam hormon dapat mendatangkan masalah pada kulit, seperti ketika kamu sedang hamil atau sedang menggunakan alat kontrasepsi. Ketika hormon terganggu, maka produksi melanin semakin meningkat.

 

Bagaimana Cara Untuk Menghilangkan Noda Hitam?

1. Lemon

Fresh wet lemon with leaf on the garden table

Lemon adalah salah satu bahan yang dapat menghilangkan noda hitam secara ampuh. Caranya cukup bersihkan lemon dan potong menjadi beberapa bagian. Bagian lemon yang telah di potong tersebut kemudian gosokan dengan lembut pada kulit wajah yang bermasalah. Biarkan hingga mengering, dan bilas menggunakan air hingga bersih. Ulangi secara teratur untuk membantu menyamarkan noda hitam dengan cepat.

2. Bengkoang

cara memutihkan wajah dengan bengkoang

Selain dapat membuat kulit menjadi putih, bengkoang juga dapat menghilangkan noda hitam pada wajah. Caranya siapkan bengkoang yang telah di bersihkan, kemudian haluskan. Oleskan bengkoang yang telah dihaluskan tadi ke wajah yang bermasalah. Biarkan hingga 15 menit atau 30 menit, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

3. Madu

honey

Madu adalah bahan yang bermanfaat untuk mengencangkan serta menghaluskan kulit. Selain itu, madu ternyata juga dapat menghilangkan noda hitam. Caranya hanya menggunakan madu sebagai masker, atau oleskan saja ke bagian yang terdapat noda hitamnya saja. Biarkan hingga mengering lalu bersihkan menggunakan air hangat.

4. Beras

many-cups-uncooked-rice-make-one-cup-cooked-rice_d59496a2bf3eafe8

Beras dapat menjadi solusi untuk menghilangkan bintik hitam pada wajah. Caranya siapkan beras yang telah di bersihkan, lalu rendam dengan air dingin hingga teksturnya menjadi sedikit halus. Setelah itu haluskan beras menggunakan ulekan atau sendok. Oleskan bahan tersebut ke wajah seperti masker, diamkan 15 sampai 30 menit. Lalu bersihkan menggunakan air hingga bersih. Lakukanlah secara rutin 3 kali seminggu untuk hasil yang lebih baik

5. Jeruk nipis

Fresh-lime-Photo-D

Jeruk nipis selain dapat menghilangkan jerawat juga dapat di gunakan untuk menghilangkan noda hitam pada wajah. Caranya peras jeruk, lalu oleskan perasan jeruk nipis tersebut sedikit demi sedikit pada kulit wajah yang bermasalah. Biarkan hingga mengering atau diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air hingga bersih. Lakukanlah secara rutin untuk hasil yang lebih baik

6. Lidah buaya

aloe-vera-gel-on-wooden-spoon-1

Lidah buaya sudah terbukti sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit termasuk untuk menghilangkan noda hitam pada wajah. Caranya siapkan lidah buaya dan potong menjadi dua bagian dan pisahkan gel lidah buaya dari kulitnya. Oleskan gel tersebut pada wajah yang bermasalah hingga merata. Tunggu hingga mengering dan bersihkan menggunakan air hingga bersih.

Nah ladies, itulah penyebab dan cara untuk menyamarkan noda hitam di wajah. Untuk perawatan lebih masimal Rafa Clinic melayani berbagai perawatan untuk mengatasi masalah noda hitam di wajah. Semoga Bermanfaat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s