Mengapa Jerawat selalu datang saat menstruasi

1458617381_salicylic-acid-skin-face-help-sunscreens-give-me-pimples-780x330

Apa hubungan antara menstruasi dan jerawat? Jawabannya adalah hormon.  Jika kamu salah satu wanita yang memiliki kulit sangat reaktif terhadap fluktuasi hormonal. Saatnya untuk memahami apa yang terjadi pada tubuhmu.

 

Bagaimana Siklus Menstruasi

Kadar hormon estrogen meningkat pasca-menstruasi sampai masa subur (ovulasi). Tapi saat pasca-ovulasi dan pra-menstruasi ada peningkatan kadar hormon progesterone dan penurunan kadar estrogen. Hal ini yang menyebabkan produksi sebum berlebih sehingga menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Apa yang dapat dilakukan

Jangan berfikir bahwa tumbuhnya jerawat saat menstruasi tidak dapat diatasi. Kamu bisa melakukan perawatan seperti menggunakan produk harian khusus jerawat atau melakukan facial.

Berikut adalah 5 tips untuk mengatasi jerawat hormonal :

Tips 1: Ketahui jadwal menstruasi

Ketahui kapan jadwal menstruasi setiap bulannya. Ketika jerawat hormon tumbuh disaat menstruasi, kamu bisa menggunakan jadwal tersebut sebagai “alarm” untuk lebih intensif melakukan perawatan kulit dan mengatasi kulit dengan minyak berlebih yang berpotensi menjadi tempat tumbuhnya jerawat.

Tips 2: Gunakan skincare product yang tepat

Begitu kamu tahu menstruasi akan segera berhenti, ganti produk skincare dengan yang berfokus untuk mengatasi kulit tersumbat. Gunakan sabun wajah anti bakteri dengan bahan aktif salicylic acid untuk membantu mengontrol produksi sebum dan membuat kulit sehat bercahaya. Jangan lupa untuk mengaplikasikan toner untuk menghilangkan sisa kotoran pada pori.

Tips 3: Konsultasi dengan dokter estetika 

Jika jerawat hormonal menyebabkan jerawat batu (cystic acne) sebaiknya konsultasikan dengan dokter estetika. Mereka dapat membantu untuk mencari solusi yang tepat salah satunya seperti meresepkan pengobatan secara medis dengan menggunakan bahan aktif retinoid dan antibiotic, dan menyarankan terapi pengobatan seperti chemical peeling, acne facial dan lainnya.

Tips 4: Coba mengurangi stres

Penelitian telah menunjukkan bahwa stres dapat mempengaruhi ketidakseimbangan hormon. Saat lelah, kelenjar adrenal memproduksi kortisol, menghadang estrogen dan memecahnya menjadi testosteron, sehingga meningkatkan produksi sebum pada kulit. Jadi sebaiknya kurangi stres untuk menjaga hormon tetap stabil sehingga jerawat tidak tumbuh.

Tips 5: Menahan Keinginan

Saat PMS (Pre Menstruasi Syndrome) hal yang paling diinginkan adalah mengkonsumsi makanan berminyak, manis dan makanan siap saji lainnya. Namun makanan berminyak dapat menyebabkan peradangan tubuh, sedangkan makanan glisemik tinggi (seperti roti, keripik, kue) memicu peningkatan insulin dan kadar gula darah. Konsumsilah sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak, dan biji-bijian sebagai gantinya.

Untuk hasil yang lebih optimal sebaiknya konsultasikan masalah jerawat hormonalmu pada dokter ahli estetika yang tepat, be smart and beauty🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s