8 Kebiasaan Penyebab Penuaan

 

Wanita selalu ingin tampil cantik tidak peduli berapa pun usianya saat ini. Namun untuk tampil cantik dan selalu terlihat awet muda diperlukan usaha dan kedisiplinan untuk merawatnya. Saat ini banyak faktor yang dapat membahayakan kecantikan dan kesehatan kulit bahkan dapat penyebabkan penuaan dini, salah satunya adalah kebiasaan yang secara tidak sadar sering dilakukan. Berikut merupakan beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan penuaan dini, yaitu:

1. Terlalu banyak mengkonsumsi gula

sugar

Menurut para ahli, terlalu banyak mengkonsumsi gula  akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan rapuh, karena gula melekat pada protein di aliran darah, lalu membentuk molekul-molekul baru yang disebut produk akhir glikasi tingkat lanjut (advanced glycation end products, atau AGE). Senyawa ini merusak kolagen dan elastin, yang menyebabkan kulit jadi berkerut dan menggelambir. Gula pun memiliki banyak bentuk dan tidak semua terasa manis di lidah salah satunya banyak terkandung di karbohidrat seperti nasi, tepung terigu dan lainnya.

2. Menggosok mata

54eac969546d4_-_12-rheum-1

Menggosok secara terus menerus pada daerah mata akan menyebabkan bagian tersebut menjadi menggelap bahkan dapat menyebabkan keriput. Jika sudah terlanjur, sebaiknya langsung hentikan kebiasaan tersebut dan aplikasikan krim mata secara rutin untuk meminimalisirnya.

3. Tidur dengan posisi menyamping

xside-sleeper-pillow.jpg.pagespeed.ic.oK2mo4tRJx

Bukan hanya dengan tidur cukup 8 jam perhari untuk mencegah datangnya penuaan dini, tapi posisi tidur pun juga menentukan. Para ahli mengatakan bahwa tidur berjam-jam dalam posisi menyamping dan menekan wajah akan menyebabkan pembentukan garis halus. Cobalah untuk tidur dengan posisi terlentang dan juga aplikasikan krim malam dengan kandungan retinol sebelum tidur untuk membantu meminimalisir garis halus dan tanda penuaan lainnya.

4. Minum dengan sedotan

1 (4)

Hal ini secara tidak sadar akan menciptakan lipatan di sekitar mulut dan seiring berjalannya waktu lipatan akan semakin dalam. Hal ini menyebabkan beberapa wanita tidak percaya diri dan merasa tampak tua. Sebaiknya hentikan kebiasaan ini sebelum garis lipatan tampak jelas terlihat.

5. Tidak menggunakan tabir surya

sun-cream_2912502b

Ketika secara terus menerus terpapar sinar UV tanpa perlindungan dapat menyebabkan penuaan pada kulit seperti noda hitam, kulit kering bahkan kendur. Aplikasikan secara rutin produk tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi untuk mencegah tanda-tanda penuaan muncul.

6. Merokok

istock000015396208double

Dampak buruk merokok tidak hanya bagi kesehatan tetapi juga kecantikan. Merokok menyebabkan proses penuaan datang lebih cepat, seperti kulit menjadi kering dan munculnya kerutan pada wajah.

7. Alkohol

Alkohol dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit. Selain menyebabkan dehidrasi juga menghilangkan Vitamin A yang merupakan bagian penting untuk regenerasi sel.

Nah ladies, seiring berjalannya waktu, usia tua tidak bisa dihindari, tapi kita bisa tetap bisa terlihat cantik dan awet muda. Pilihlah produk atau perawatan anti-penuaan untuk meminimalisir  tanda dari penuaan dini. Dapatkan Anti-Aging Solution hanya di Rafa Clinic🙂

One thought on “8 Kebiasaan Penyebab Penuaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s