Cara Menghilangkan Jerawat Pada Kulit Pria

blackheads-acne-salicylic acid-Top-Reasons-Why-Men-Break-Out-780x330

Jerawat merupakan infeksi kulit yang sering dialami oleh kebanyakan orang termasuk pria. Jerawat tumbuh saat usia remaja atau pada seseorang yang baru mengalami pubertas. Jerawat bisa disebabkan oleh keringat, kotoran, polusi, stress dan lainnya terutama pada pria. Jerawat bisa terdapat pada wajah, bahu, punggung, dada bahkan leher.

Produksi sebum yang berlebihan pada kelenjar sebaceous dapat menyumbat pori sehingga menimbulkan jerawat, tapi bukan hanya kelebihan sebum yang menjadi satu satunya penyebab jerawat. Tidak rutin merawat wajah dan mencukur pun adalah penyebab jerawat terus tumbuh. Untuk menghilangkan dan mencegahnya datang kembali perlu melakukan perawatan wajah yang rutin. Berikut adalah cara untuk menghilangkan jerawat pada pria, yaitu:

1. Salicylic acid

Merupakan bahan penting yang dapat membantu menjaga kulit tetap bersih. Menggunakan pembersih wajah dengan bahan salicylic acid dapat membantu membersihkan kuman pada wajah.

Bersihkan wajah Anda dua kali sehari untuk melawan kuman dan menghilangkan jerawat.

2. Exfoliate

Exfoliasi dapat membantu membersihkan kulit dan menghilangkan kotoran pada pori. Gunakan scrub wajah untuk exfoliasi karena partikel mikro-nya dapat menggosok jauh ke dalam pori. Lakukan 2 sampai 3 kali seminggu untuk hasil yang lebih baik

3. Krim Jerawat

Krim jerawat tidak hanya dapat menghilangkan jerawat saja tapi juga membersihkan kulit dan mencegah jerawat tumbuh kembali.

Gunakan 2x sehari dan rasakan manfaatnya 24 sampai 48 jam.

4. Jangan memencet jerawat

Dengan menyentuh akan membuat kondisi jerawat jadi memburuk karena kuman pada tangan otomatis berpindah tempat ke daerah yang bermasalah. Hindari untuk memencet jerawat meskipun hal tersebut dapat membuat jerawat hilang, tetapi dapat meninggalkan bekas luka.

5. Masker Wajah

Portrait of man with clay facial mask in beauty spa.

Masker dapat membantu menghilangkan, menyembuhkan dan mencegah pembentukan jerawat. Selain itu dapat membantu menyingkirkan jerawat dan noda hitam.

Gunakan masker dua atau tiga kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

6. Sunscreen

20150402101644_62736

Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Gunakan SPF 30 untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB agar tidak merusak kulit.

7. Gunakan Pakaian Longgar

Menggunakan pakaian yang ketat dapat menyebabkan kulit jadi lelah karena udara tidak bisa masuk ke dalam pori kulit. Mengenakannya dapat memblok keringat dan bakteri. Oleh karena itu sebaiknya gunakan pakaian yang tidak terlalu ketat agar kulit bisa bernapas.

8. Perawat rambut yang tepat

Minisite_Men_Expert_2011_Art020-583x328

Kotoran, keringat dan minyak pada rambut berpotensi dapat pindah ke kulit Anda. Sebaiknya gunakan model rambut yang tidak terlalu panjang untuk mencegah kotoran menetap di kulit kepala dan masuk lebih dalam ke pori kulit. Cuci rambut dengan shampo dan kondisioner agar rambut tetap bersih dan lembab.

9. Olahraga

Exercise-men

Olahraga teratur membantu meredakan stress dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Maka sirkulasi darah dalam tubuh lancar dan melepaskan kelebihan minyak  yang diproduksi bersama keringat.

10. Mencukur

blackheads-acne-salicylic acid-Top-Reasons-Why-Men-Break-Out-E

Sebaiknya gunakan pencukur elektrik untuk menghindari terluka, iritasi, kulit kemerahan dan dan kulit kering atau gunakan pencukur berbilah lebih dari dua dan segera ganti pencukur bila dirasa sudah tidak tajam. Selalu gunakan krim pencukur dan aplikasikan juga after shaves lotion untuk menjaga kulit tetap bersih dan bebas dari minyak.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s