Bagaimana Cara Mengatasi Komedo Membandel?

Masalah yang selalu muncul di kulit dan membuat kesal selain jerawat adalah komedo. Komedo membuat wajah menjadi tidak mulus dan membuat rasa percaya diri menurun karena orang yang berhadapan dengan kita biasanya perhatiannya akan selalu tertuju pada komedo di wajah kita. Penyebab utamanya yaitu karena kulit memproduksi sebum yang berlebih sehingga menyumbat pori.

Terdapat 2 jenis komedo yaitu komedo terbuka yang terlihat seperti pori-pori membesar dan berwarna hitam (blackheads) dan komedo tertutup yang terlihat seperti benjolan putih kecil di area wajah (whiteheads)

Banyak wanita yang gatal tangannya ingin membersihkan komedo diwajah yang malah membuat komedo menjadi lebih parah karena tangan merupakan sumber berkumpulnya kuman.

Bagaimana cara mengatasi komedo di wajah dengan tepat?

1. Masker Putih Telur

Egg-white-and-lemon-juice-peel-off-mask

Putih telur ini memang sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit. Salah satunya adalah mengatasi komedo di wajah. Caranya kocok putih telur hingga berbusa lalu oleskan pada wajah yang berkomedo tutuplah dengan tissue, diamkan sampai kering lalu bilas dengan air dingin.

2. Gel Lidah Buaya

aloe-vera-gel-on-wooden-spoon-1

Kandungan dalam gel lidah buaya juga cukup efektif untuk membersihkan kulit wajah agar terbebas dari komedo. Caranya ambil gel lidah buaya dan oleskan pada wajah diamkan selama 10-15 menit lalu bilas menggunakan air dingin. Lakukan rutin 3x seminggu sekali untuk hasil maksimal.

3. Lemon

shutterstock_29101018-e1368454047107

Vitamin C dalam lemon mampu mengelupaskan atau membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati juga dapat mengatasi masalah komedo. Caranya iris lemon menjadi 2 atau 3 bagian lalu pijat wajah menggunakan irisan lemon.

4. Melakukan perawatan Facial

Komedo-Alodokter

Facial merupakan pembersihan kulit wajah secara menyeluruh. Dalam Facial ada tahapan untuk ekstraksi komedo yaitu proses pembersihan komedo dari dalam pori dengan menggunakan alat sehingga wajah kita menjadi bersih dan bebas dari komedo.

5. Perhatikan kebersihan wajah

tips-melindungi-tubuh-dari-kuman-penyebab-masalah-kesehatan

Rawatlah wajah secara rutin dan perhatikan juga kebersihannya. Misalnya, setelah beraktifitas di luar wajah pasti terkena debu dan polusi sebaiknya langsung bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih. Sebelum tidur pun bersihkan wajah dari makeup.

Nah ladies, agar wajah tidak berkomedo lakukanlah perawatan wajah secara rutin. Rawatlah wajahmu dengan Facial di Rafa Clinic🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s