Inilah 3 Cara Mencegah Jerawat Menjadi Berbekas dengan Mudah

Bekas luka yang timbul akibat jerawat terjadi karena terganggunya susunan alami kulit akibat inflamasi dan trauma yang tak kunjung sembuh. Inflamasi atau peradangan pada kulit sebenarnya adalah reaksi yang wajar, namun ketika ditambah dengan trauma karena secara terus menerus berusaha memunculkan jerawat, maka kulit pun bisa mengalami kerusakan permanen.

Lakukan 3 Cara Mencegah Jerawat Menjadi Berbekas

Ada 3 hal yang sebaiknya kamu lakukan pada saat jerawat ataupun komedo hitam atau putih muncul di wajahmu jika kamu tidak ingin kulitmu berbekas. Yuk, simak cara mudahnya!

Hanya Pencet Jerawat yang Sudah Siap untuk Dikeluarkan

pimple

Kebiasaan yang susah sekali dihilangkan adalah memencet semua jerawat, bahkan yang baru saja tumbuh. Padahal salah satu aturan yang paling penting untuk mencegah terjadinya bekas jerawat adalah kamu tidak boleh asal-asalan memencet jerawat. Kamu seharusnya tidak memencet jerawat secara kasar dan memaksa dengan tujuan untuk mengeluarkan cairan dari dalamnya sebanyak yang kamu bisa. Hal itu akan menyebabkan trauma pada kulitmu dan meninggalkan bekas yang akan sulit dihilangkan. Begitu juga dengan komedo hitam dan komedo putih. Keluarkan hanya bagian komedo yang mudah untuk dikeluarkan saja. Jangan memencet terlalu keras dan memaksa.

Hati-hati Menangani Jerawat yang Lunak

Jika kamu menemukan jerawat dengan tekstur yang lunak, gunakan kompres dingin untuk mengurangi inflamasi sampai lunaknya berkurang. Sebaliknya, jika jerawatmu tidak lunak, gunakan kompres hangat untuk mengatasinya. Kompreslah bagian yang berjerawat selama 1 menit saja, kemudian ikuti dengan pijatan lembut. Setelah itu, biarkan dan jangan mencoba mengutak-atiknya.

Gunakan Produk yang Benar-Benar Efektif untuk Mengatasi Bekas Jerawat

trik-jitu-perawatan-untuk-kulit-kombinasi

Kalau kamu ingin menghilangkan bekas jerawat yang ada di wajahmu, maka carilah produk yang memang khusus dibuat untuk menghilangkan bekas jerawat. Jangan buang-buang uang dan waktu untuk produk yang ternyata kurang sesuai dengan tujuanmu itu. Oleh sebab itu, cari informasi sebelum membeli. Produk khusus untuk menghilangkan bekas jerawat biasanya memiliki dua fungsi utama. Hal yang pertama adalah dengan mengeksfoliasi kulit secara lembut setiap hari sehingga bekas gelap akibat jerawat akan berkurang. Hal kedua adalah dengan mengurangi bekas yang ada pada kulit bagian dalam. Agar bekas jerawat hilang, hal tersebut memerlukan proses dan waktu. Jadi kamu harus bersabar dan konsisten dalam merawatnya. Karena bekas jerawat tersebut sudah lama, mungkin akan diperlukan waktu 3 hingga 12 bulan untuk benar-benar menghilangkannya.

Nah, itu dia cara agar jerawatmu tidak berbekas. So ladies, jangan asal memencet jerawat kalau tidak ingin wajahmu dipenuhi bekas jerawat ya!

Sumber: Kawaiibeautyjapan.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s