Ini Dia Waktu yang Tepat Untuk Olahraga Saat Puasa

doing-yoga

Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga karena perbedaan ketika kita sedang berpuasa atau tidak hanyalah pada waktu makan saja. Jadi, yang harus kamu lakukan agar tetap bisa berolahraga ketika puasa adalah dengan memilih waktu yang tepat. So, kapan sih sebaiknya kita berolahraga saat sedang berpuasa?

Kapan Seharusnya Berolahraga Saat Puasa?

Meski puasa, olahraga tetap saja perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tentu saja dengan kadar dan jenis latihan yang disesuaikan, termasuk dalam menentukan waktu-waktu latihan.

Karena mengeluarkan energi yang cukup banyak di saat olahraga, tubuh pun memerlukan asupan makanan dan cairan untuk memulihkan diri usai berolahraga. Makanan yang paling direkomendasikan adalah yang mengandung protein tinggi. Oleh sebab itulah berolahraga di siang hari bukanlah pilihan yang tepat jika kamu sedang berpuasa. Olahraga saat puasa lebih baik kamu lakukan sebelum buka puasa di sore hari atau sesudah buka puasa di malam hari.

Olahraga Sebelum Buka Puasa

Salah satu kendala berolahraga di sore hari sebelum berbuka puasa adalah tubuh sudah terlanjur lemas karena sebagian besar tenaga sudah dihabiskan untuk aktifitas sepanjang hari. Tubuh hanya memiliki sedikit cadangan karbohidrat, sehingga kamu akan kesulitan untuk melakukan latihan beban. Latihan beban memang lebih memerlukan energi dari karbohidrat.

Di lain pihak, karena kamu sudah kekurangan karbohidrat, maka tubuh akan mengambil cadangan lemak sebagai sumber energi. Hal ini sebenarnya cukup menguntungkan bagi kamu yang ingin membakar lebih banyak lemak dari dalam tubuh dengan olahraga kardio. Selain itu, pada jam-jam ini kadar hormon testosteron sedang tinggi, sehingga pas sekali kalau kamu ingin membentuk ototmu. Tips untuk berolahraga di waktu ini adalah jangan memilih waktu yang terpaut jauh dengan waktu berbuka.

Olahraga Usai Buka Puasa

Usai berbuka puasa adalah juga waktu yang baik untuk berolahraga karena di waktu-waktu tersebut, tubuhmu sudah terisi kembali dengan energi dan nutrisi dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi ketika buka puasa. Tak hanya itu, konsentrasi dan suhu badanmu pun akan meningkat sehingga kamu dalam kondisi yang lebih siap untuk berlatih fisik.

Sayangnya, kadar hormon testosteron yang sangat bermanfaat untuk pembentukan otot ini sudah menurun di waktu setelah buka puasa. Selain itu, kalau kamu memilih berolahraga lebih malam setelah shalat tarawih, hal itu bisa mengganggu waktu tidurmu, yang berarti juga akan berpengaruh pada hasil latihanmu. Tubuh perlu waktu yang cukup untuk memulihkan diri setelah berolahraga. Jadi, kamu juga harus menyediakan waktu yang cukup untuk tidur dan beristirahat.

Di samping itu, jangan lupa juga untuk memperbanyak konsumsi protein, sayuran, dan buah-buahan untuk semakin memperkuat otot.

Sumber: Kawaiibeautyjapan.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s