Perhatikan 5 Hal Ini Saat Eksfoliasi Kulit Wajah Jika Tidak Ingin Terjadi Efek ‘Bumerang’

Exfoliating Scrub

Eksfoliasi adalah salah satu cara untuk mengangkat kulit mati pada wajah yang berguna untuk menjaga kebersihan wajah sehingga wajah tidak kusam yang disebabkan oleh kulit mati yang menumpuk pada permukaan wajah. Eksfoliasi ini harus dilakukan dengan benar dan hati-hati agar hasilnya maksimal dan tidak menjadi bumerang ke kulit wajah kita. Berikut hal yang harus kamu perhatikan dengan baik.

Jangan Terlalu Berlebihan

Jangka waktu maksimum untuk melakukan eksfoliasi adalah tiga kali seminggu. Terlalu banyak mengeksfoliasi kulit dapat menimbulkan keretan kecil pada tembok pertahanan kulit yang dapat menyebabkan kulit kehilangan hidrasi dan inflamasi. Ketika kamu mengeksfoliasi sebanyak mungkin dengan anggapan agar kulit menjadi lebih bersih dan kulit kering menjadi hilang semua, kamu malah akan membuat kulitmu menjadi lebih buruk.

Salicylic Acid 

Untuk kamu yang mempunyai kulit berminyak atau berjerawat, salicylic acid atau asam salisilat juga dapat menjadi salah satu bahan untuk mengekfoliasi kulit dan dapat digunakan setiap. Salicylic acid adalah salah satu bahan yang sempurna untuk menghilangkan minyak yang menempel pada pori-pori tanpa membuat kulit menjadi trauma seperti bahan eksfoliasi fisik.

Gunakan Gula

Jika kamu mendapati wajahmu terdapat beberapa area yang mengalami kekeringan dan kulit yang mengelupas, menggunakan gula untuk menscrub area yang bermasalah sangatlah tepat. Gula lebih halus dan dapat menghilangkan kulit mati tanpa membuat kulit iritasi dan tepat digunakan di area wajah yang tipis seperti disekitar mulut dan mata.

Coba Menggunakan Cleansing Brush

Cleansing brush memang mahal namun apabila kamu mempunyai kulit yang bermasalah setiap saat, mungkin kamu perlu berinvestasi di alat yang satu ini karena cleansing brush ini dapat membantu kamu mengatasi masalah kulit seperti kulit yang terkelupas tanpa membuatnya bertambah iritasi.

Acid Cocok Untuk Anti-aging

Eksfoliasi dengan Alpha Hydroxy Acid (AHA) dapat membantu menghilangkan kulit mati dan membantu menstimulasi produksi kolagen untuk menghaluskan garis-garis halus pada wajah. Tetapi perlu diperhatikan Alpha Hydroxy Acid ini sensitif terhadap cahaya matahari sehingga kamu diharuskan memakai tabir surya. Selain itu kamu juga dapat menggunakan retionl atau tretinoin yang dapat didapatkan dengan resep, namun jangan menggunakan kedua atau ketiga bahan ini secara bersamaan karena akan terlalu berlebihan untuk kulit.

Sumber: Kawaiibeautyjapan.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s