Jika Kamu Percaya Mitos Komedo Ini, Kamu Salah Besar!

Komedo-Alodokter

Masalah wajah apa yang paling membuatmu sebal, ladies?
Selain jerawat, tentu saja komedo juga menjadi salah satunya, ya. Komedo memang tidak seekstrim jerawat. Karena komedo tidak menimbulkan bengkak dan peradangan yang berwarna kemerahan. Tetapi bintik-bintik hitam dan putih tetap bisa membuat wajahmu jadi tampak kusam dan tidak terawat.

Ada banyak cara yang diyakini ampuh mengusir komedo dari wajahmu. Tetapi sebelum kamu memilih salah satu di antaranya, tentu kamu harus betul-betul mengenal seluk beluk komedo. Kenali dulu mitos-mitos keliru tentang komedo berikut ini :

Komedo Tidak Separah Jerawat

Pada dasarnya, penyebab komedo dan jerawat adalah hal yang sama yaitu minyak berlebih dan kotoran pada wajah. Bedanya, penyumbatan pori-pori wajah yang memicu infeksi akan menimbulkan jerawat. Sedangkan penyumbatan pori-pori wajah tanpa infeksi justru mengakibatkan munculnya komedo.
Jadi, komedo dan jerawat sama-sama merupakan masalah kulit wajah yang harus ditangani secara serius. Tidak ada yang lebih parah dan tidak ada yang lebih ringan.

Komedo Boleh Kok Dipencet

Mitos populer yang satu ini benar-benar keliru. Sebab memencet komedo hanya akan menyebabkan pori-pori membesar, mirip seperti tekstur kulit jeruk. Cara paling ampuh untuk mengatasi komedo adalah menggunakan pembersih wajah dengan scrub khusus komedo atau memakai pore pack khusus komedo. Kalau komedomu sudah terlalu banyak dan menyusahkan, maka penanganan medis yang terpercaya adalah solusi ampuhnya.

Stres Bisa Menyebabkan Munculnya Komedo

Sebenarnya stres sendiri tidak berpengaruh secara langsung terhadap munculnya komedo di wajahmu. Namun pada beberapa orang, kondisi stres bisa memicu produksi minyak berlebihan pada wajah. Ketika kadar minyak yang berlebihan tidak mendapatkan penanganan yang baik, maka risiko munculnya komedo akan semakin besar.

Mencuci Muka Sesering Mungkin untuk Mencegah Komedo

Hal yang satu ini jelas sangat keliru. Mencuci muka memang baikuntuk menjaga kebersihan kulit wajah. Tetapi bukan berarti mencuci muka sesering mungkin membuatmu pasti terbebas dari serangan komedo. Bukannya terbebas dari komedo, kulit wajahmu malah jadi kering dan mudah keriput. Cucilah muka maksimal 2 kali sehari di pagi hari dan menjelang malam hari sebelum tidur.

Komedo Sama Sekali Tidak Bisa Dicegah

Faktanya, kemunculan komedo bisa dicegah lho, ladies. Asalkan kamu mau melakukan pencegahannya secara konsisten dan disiplin. Mencuci muka secara teratur dengan produk pembersih wajah yang tepat, minum air putih yang cukup, membersihkan sisa make up dengan baik serta konsumsi buah dan sayur adalah cara mudah untuk mencegah komedo.

Tak perlu berkecil hati kalau kini wajahmu masih dipenuhi dengan komedo, ya. Lakukan penanganan terbaik untuk mengembalikan wajah sehatmu sesegera mungkin. Wanita cerdas pasti tahu bagaimana caranya menjaga penampilan agar tetap sehat dan mengagumkan.

Sumber: Kawaiibeautyjapan.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s