6 Dampak dari Putus Cinta terhadap Kulitmu

Mungkin kita tak bisa menghindarkan diri dari yang namanya putus cinta. Suatu hubungan percintaan memang tak selamanya berakhir indah seperti yang kita inginkan. Kalau sudah demikian kita harus menerimanya dengan besar hati. Kalau tidak, kamu akan mengalami stres yang berkepanjangan karena putus cinta tersebut. Selain stres tahukah kamu ladies, rupanya putus cinta tidak hanya menyakiti perasaanmu saja? Putus cinta juga bisa merusak kulitmu lho. Yuk simak apa saja akibat putus cinta yang bisa terjadi terhadap kulitmu.

Kulitmu Menua Karena Terlalu Banyak Mengonsumsi Junk Food

no-fast-food

Jika kamu mencoba melupakan sakit hatimu karena putus cinta dengan banyak makan, berhati-hatilah. Junk food, termasuk permen, kue, pasta, dan lain-lain, mengandung banyak gula yang dikaitkan dengan inflamasi atau peradangan penyebab rusaknya kolagen. Akibatnya, kulit menjadi kendur dan kaku. Lama kelamaan, akan muncul garis-garis halus, serta jerawat. Selain itu, susu juga bisa menyebabkan inflamasi dan jerawat jika terlalu banyak dikonsumsi.

Kulitmu Menjadi Super Sensitif

maxresdefault

Pada saat kamu stres karena putus cinta, adrenalinmu akan meningkat. Seluruh tubuhmu akan dalam kondisi tegang sehingga memicu peradangan dan kulit akan bereaksi. Tiba-tiba kamu akan mengalami penyakit kulit seperti eksim, rosacea dan psoriasis. Untuk mencegah penyakit kulit tersebut kamu perlu merilekskan diri. Cobalah rileks dengan duduk dan menutup mata, lalu hitung sampai 5 sambil menarik nafas, kemudian lepaskan dengan berhitung lagi sampai 5. Ulangi 10 kali. Teknik ini akan mengaktifkan respon relaksasi alami tubuhmu, serta menenangkan kulitmu.

Kulitmu Akan Lebih Berminyak

463393051_XS

Stres akan membuat kelenjar minyakmu sangat aktif. Ketika stres, hormon kortisol yang keluar jika kita stres ini, akan meningkat dan mengirimkan sinyal ke kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak. Minyak yang berlebih akan menjadi tempat favorit bagi bakteri untuk tumbuh subur. Akibatnya, wajahmu akan ditumbuhi semakin banyak jerawat. Bahkan jika biasanya kamu tidak pernah berjerawat, stres karena putus cinta bisa membuatmu mengalaminya.

Kulitmu Akan Berkomedo

Pergantian sel dengan sel yang baru pada kulit akan menjadi lambat ketika kamu dalam kondisi stres berat, seperti pada saat putus cinta. Akibatnya, pori-pori kulit akan tersumbat dan komedo di wajah pun semakin banyak. Apalagi ketika baru saja putus cinta biasanya kita jadi malas merawat dan membersihkan wajah. Hal ini menyebabkan kulitmu berkomedo lho, ladies.

Kulitmu Menjadi Kusam Dan kering

dry_skin

Kalau kamu stres berkepanjangan, pertahanan kulitmu akan menurun. Ketika kulit luarmu terganggu, kulit bagian dalammu tidak lagi terlindungi dari polusi dan bakteri dari luar. Akibatnya, kulit semakin kering dan kusam. Agar pertahanan kulitmu kembali normal, gunakanlotion ringan yang tinggi kandungan pelembabnya, seperti lotion dengan kandungan lidah buaya, glycerin, atau hyaluronic acid.

Kamu Akan Merasa Kurang Percaya Diri Dan Sensitif

sad-woman

Putus cinta tidak hanya berdampak pada kulitmu, namun juga mempengaruhi persepsimu terhadap dirimu sendiri. Kamu merasakan bahwa hal- hal kecil yang biasanya tidak membuatmu terganggu menjadi membuatmu sensitif. Satu jerawat di wajah saja mungkin bisa membuatmu sedih dan malas keluar rumah.

Nah itu dia, ladies. Dampak putus cinta terhadap kulitmu. Jangan sampai berlarut- larut seperti ini ya ladies. Putus cinta boleh saja. Namun yang paling penting, kamu harus bisa segera move on dengan hidupmu. Banyak hal indah lain menanti.

Hilangkan rasa sedih dengan merilekskan diri sekaligus juga mempercantik diri dengan perawatan wajah dan tubuh hanya di Rafa Clinic 🙂

 

Sumber: Kawaiibeautyjapan.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s